ALGORITMA DAN DASAR PEMOGRAMAN "KEDAI WOLES"


1.1.  Latar Belakang
Pemrograman berorientasi pada obyek (PBO) adalah pemrograman yang akhir-akhir ini menjadi sangat popular. Saat ini banyak bahasa pemorti C++ telah banyak membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan  dalam lingkup survey termasuk Geodesi. Dalam praktikum pemograman ini sofware yang digunakan adalah Microsoft Visual Studio 2010 dengan bahasa program C++. Melalui bahasa pemrograman C++ para surveyor dapat membuat program perhitungan geodesi baik perhitungan sederhana maupun perhitungan yang rumit. Hal ini dikarenakan bahasa pemograman yang digunakan dalam C++ menggunakan perintah-perintah yang mudah dipelajari dan dipahami.graman yang berorientasi pada obyek, salah satunya adalah bahasa pemrograman C++.
C++ adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Bjarne Stroustrup pada 1980-an sebagai pengembangan dari bahasa pemrograman C dan perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (PBO).

1.2.  Tujuan Praktikum
Adapun tujuan dari pelaksanaan praktikum pemrograman komputer ini adalah :
1.      Mengenalkan mahasiswa tentang penggunaan software Borland C++.
2.      Mengajarkan mahasiswa langkah-langkah dalam membuat program dengan bahasa pemrograman C++.
1.3.  Batasan Praktikum
Dalam praktikum pemrograman komputer ini, memiliki batasan materi yaitu :
1.      langkah-langkah menggunakan sofware Borland C++.
2.      Pembuatan  program penjumlahan.
3.      Pembuatan program penjualan Warung Nasgor S.R.


BAB II
DASAR TEORI
2.1. Sejarah bahasa C++
Berbicara tentang C++ tidak terlepas dari bahasa C, sebagai bahasa pendahulunya. C adalah bahasa pemograman yang dapat dikatakan berada antara bahasa beraras rendah ( bahasa yang berorientasi kepada mesin ) dan bahasa beraras tinggi ( bahasa yang berorientasi kepada manusia ). Seperti diketahui bahasa beraras tinggi mempunyai kompatibilitas yang tinggi antar platform karena itu amatlah muda untuk membuat program pada berbagai jenis mesin. Berbeda halnya jika menggunakan bahasa beraras rendah, sebab setiap perintahnya bergantung sekali pada jenis mesin. Pencipta C adalah Brian W. Keringhan dan Dennis M. Ritchie pada tahun sekitar 1972. bahasa C adalah bahasa pemograman terstruktur, yang membagi program dalam bentuk sejumlah blok. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam pembuatan dan pengembangan program.
            Pada awal tahun 1980-an, Bjarne Stroustroup menciptakan bahasa C++ yang merupakan pengembangan dari bahasa C di AT&T Bell Laboratories. Simbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari bahasa C. C++ diciptakan dalam satu dekade setelah bahasa C. Keistimewaan dari C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemograman yang berorientasi obyek (PBO).(Rahadi Surya,2006).

2.2 Struktur Pemrograman C++
            Bahasa pemrograman C++ secara umun mempunyai bentuk sebagai berikut :
<preprocessor directive>
void main ( )
{
            <statement>;
            <statement>;
}

Contoh :
// coba.cpp
#include <iostream>
using namespace std;
int main ()
{
cout << “Selamat SORE !”;
system (“pause”);
return 0;
}
Hasil output dari contoh program di atas adalah : Selamat Pagi !
Aturan umum penulisan bahasa C++ :

  • .      Bahasa C++ membedakan penulisan huruf besar dan kecil.
  • .      Untuk memberi komentar pada suatu statement (keadaan), dapat menggunakan di awal dan  */di akhiratau // dalam satu baris.
  • .      Awal dan akhir fungsi harus diapit kurung kurawal.
  •      Setiap statement harus diakhiri tanda titik koma. Setiap variabel yang di gunakan wajib dideklarasikan terlebih dahulu.

2.2.1        Perintah-perintah dasar C++

a.       #include <iostream>
Pada setiap program harus di awali dengan preprocessor directive. preprocessor directive adalah statement program yang di awali dengan tanda # sedangkan include berfungsi sebagai alat pemanggil suatu file header yang telah di sediakan  sesuai dengan contoh, file header yang di panggil adalah file iostream. Perlu sekali di pahami bahwa file header yang di gunakan dalam bahsa C++ untuk proses input/output  standar adalah <iostream>, sedangkan dalam bahsa C adalah <stdio.h>
b.      Int main() merupakan fungsi awal untuk memulai sebuah program
c.       { …} merupakan sebuah tanda dimana semua yang di ketikkan di dalam lingkup kurung kurung kurawal itu merupakan isi dari program yang di buat
d.      <<cout”text”; di gunakan untuk menampilkan output atau tulisan di layar. Selain itu kita juga dapat menggunakan cout
e.       cin>>X;  fungsi ialah berfungs sebagai alat penerima input yang merekam aktifitas keyboard yang selanjutnya akan di proses oleh memory yang nantinya akan di simpan pada variable X.. bisa di isi dengan beberapa bilangan atau operator sesuai dengan beberapa standar operator. Sedangkan X.. di isi dengan dengan variabel yang telah di tentukan sebelumnya.
f.        // tanda pemberi komentar dalam satu program diman tidak di baca sebagai fungsi atau perintah tertentu, melainkan sebagai penjelas bagi programmer itu sendiri  tanda // hanya boleh untuk 1 baris saja
g.      /* ….. */ . unutuk memberikan komentar yang panjangnya lebih dari 1 baris.
h.      return 0;  tanda bahwa program telah selesai. Apabila nilainya 0 maka proses berjalan tanpa ada masalah
BAB III
ISI LAPORAN

cara penulisan Program Dengan Menggunakan Bahasa C
Yang Memakai program Aplikasi Borland C++
Yang Mana Bahasa Bahasa C Dikatakan Sebagai Bahasa Pemrograman Tersruktur , Prosedural Karena Struktur Nya Menggunakan Fungsi-Fungsi Sebagai Bagian Program-Program ( Subroutine/Module )

Yang Mana Langkah Penggunaan/Pembuatan Bahasa C Tersebut Adalah Sebagai Berikut :

  • Langkah Pertama Adalah Menginstall Aplikasi Borland C++
  • Setelah Aplikasi Borland C++ Terinstal buka aplikasinya untuk Mengoperasikannya
  • Setelah Berhasil Mengoperasikan Aplikasi Borland C++ 
  • Lalu Akan Tampak Tampil Lembaran Kerja Kosong
  • Pada Bagian Menu Bar Pilihlah File>New>Text Edit
  • Lalu Isikan Bahasa Pemrograman C , Seperti Dibawah Ini 

 #include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <iomanip.h>

main( )
{
int x ,a ,ulangi;
char jenis[10] = {'A','a','B','b','C','c','D','d','E','e'} ,*ket[10];
long bapor[7], jumhar[7] = {0}, hasat[7] = {10000 ,7000 ,7500, 10000, 15000};
long jumma[7]= {0}, totba[7];
long int jumu, uk;
pesan:
clrscr( );
cout<<"\==================================\n";
cout<<"\     WAROENG NASGOR S.R.\n";
cout<<"\----------------------------------\n";
cout<<"\| Kode | Nama Makanan | Harga     |\n";
cout<<"\----------------------------------\n";
cout<<"\| [A]  | Nasi Goreng  | Rp. 10000 |\n";
cout<<"\| [B]  | Mie Goreng   | Rp.  7000 |\n";
cout<<"\| [C]  | Mie Rebus    | Rp.  7500 |\n";
cout<<"\| [D]  | Kwetiaw      | Rp. 10000 |\n";
cout<<"\| [E]  | Capcay       | Rp. 15000 |\n";
cout<<"\===================================\n\n";
cout<<"\Banyak Jenis Makanan : ";cin>>x;
jumma[x] = 0;
             if (x <= 0)
            {
            cout<<"\n\t\tMaaf, banyak barang tidak boleh nol";
            goto lagi;
            }
            else
            {
                          for(a = 1 ; a <= x; ++a)
                         {
                          cout<<"\Jenis Ke - "<<a;
                          cout<<"\n\Kode Makanan [A/B/C/D/E] : ";cin>>jenis[a];
                          cout<<"\Banyak Porsi : ";cin>>bapor[a];
                          cout<<"\t-----------------------------------\n";
                                      if (jenis[a] == 'A' || jenis[a] == 'a')
                                                 {
                                                            ket[a] = "Nasi Goreng ";
                                                            hasat[a] = 10000;
                                                }
                                      else if (jenis[a] == 'B' || jenis[a] == 'b')
                                                 {
                                                            ket[a] = "Mie Goreng ";
                                                            hasat[a] = 7000;
                                                }
                                      else if (jenis[a] == 'C' || jenis[a] == 'c')
                                                 {
                                                            ket[a] = "Mie Rebus";
                                                            hasat[a] = 7500;
                                                }
                                                else if (jenis[a] == 'D' || jenis[a] == 'd')
                                                 {
                                                            ket[a] = "Kwetiaw";
                                                            hasat[a] = 10000;
                                                }
                                                else if (jenis[a] == 'E' || jenis[a] == 'e')
                                                 {
                                                            ket[a] = "Capcay";
                                                            hasat[a] = 15000;
                                                }
                                      else
                                                            {
                                                  cout<<"\nMaaf, Anda Salah Memasukan Kode Nama Makanan.";
                                                  ket[a] = 0;
                                                  goto lagi;
                                                  }
                                                 jumhar[a] = hasat[a] * bapor[a];
                                                 jumma [x] = jumma[x] + hasat[a] * bapor[a];
                                                }
                        }
cout<<"\n=========================================================|\n";
cout<<"                 WAROENG NASGOR S.R.\n";
cout<<"----------------------------------------------------------\n";
cout<<"No.| Jenis          | Harga      |  Banyak  | Jumlah     |\n";
cout<<"   | Makanan        | per Porsi  |  Porsi   | Harga      |\n";
cout<<"==========================================================\n";
             for (a = 1; a <= x; ++a)
            {
             cout<<setiosflags(ios::left)<<setw(5)<<a;
             cout<<setiosflags(ios::left)<<setw(17)<<ket[a];
             cout<<setiosflags(ios::left)<<setw(14)<<hasat[a];
             cout<<setiosflags(ios::left)<<setw(2)<<bapor[a];
             cout<<setprecision(7)<<"        Rp."<<jumhar[a]<<endl;
             }
cout<<"----------------------------------------------------------\n";
cout<<"Jumlah Bayar   Rp. "<<jumma[x]<<endl;
cout<<"Jumlah Uang    Rp. "; cin>>jumu;
cout<<"----------------------------------------------------------\n";
uk=jumu-jumma[x];
cout<<"Uang Kembali = Rp. "<<uk<<endl;
lagi:
cout<<"\n\n\tApakah Anda Ingin Memesan Lagi? [Y/T] = ";
ulangi = getche();
             if (ulangi == 'Y' || ulangi == 'y')
                         goto pesan;
            else
                         cout<<"\n\n\t\tTerima Kasih atas kunjungan Anda ^_^";
akhir:
getch( );
}
dan click Run, maka akan muncul seperti yg di bawah :
dan isikan banyaknya jumlah makanan, misalkan 2. maka akan muncul seperti yg di bawah :
Masukan kode makanan, misalkan Nasi Goreng, maka masukan kode A dan akan muncul pertanyaan banyak porsi, seperti gambah dibawah ini :
Jenis kedua sama seperti langkah pada jenis pertama.
Setelah selesai, maka tampil seperti gambar dibawah ini :
Tinggal memasukan jumlah uang yang dibayarkan, maka akan tertulis jumlah kekurangan atau kembalian dari uang yang dibayarkan. Seperti gambar dibawah ini :

BAB III
PENUTUP

Kami benar-benar mendapat banyak manfaat setelah melakukan percobaan ini, tidak hanya mengerti teori tetapi juga bisa membuktikannya dengan melakukan percobaan. Dapat mengetaui langkah-langkah dalam pembuatan program C++ serta penggunaan if else.
Semoga program penjualan di Waroeng Nasgor S.R ini dapat bermanfaat begitu pula dengan hasil laporan ini yang tentunya ada kekurangan. Oleh karena itu kami meminta maaf dan menerima kritik serta saran yang membangun agar kami dapat membuat laporan lain yang lebih baik. 


Biodata Penulis 1


Nama               : Anisya Rizki Sukmana
TTL                 : Sumedang, 24 Mei 1998
Alamat            : Perumahan Jatihurip Nomor 26
Email               : anisyarizkisukmana@gmail.com
Instagram        : riskyanisyas_


Biodata Penulis 2


Nama               : Muklis Budiman
TTL                 : Sumedang, 23 Juni 1994
Alamat            : Angkrek
0 Komentar untuk "ALGORITMA DAN DASAR PEMOGRAMAN "KEDAI WOLES""

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info