google.com, pub-9922355301914235, DIRECT, f08c47fec0942fa0 SISTEM PENGGAJIAN PEGAWAI - Tutorial Kampus
Banner IDwebhost

SISTEM PENGGAJIAN PEGAWAI

Latar Belakang

Berkembangnya teknologi informasi saat ini menjadi bagian yang sangat penting di berbagai bidang dalam mendukung proses kegiatan yang di jalani pada bidangnya masing-masing. Perkembangan teknologi informasi tersebut merupakan wujud dari berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang berhubungan dengan pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi. Hal ini diperkuat oleh penggunaan komputer pada kegiatan operasional untuk menyediakan dan menyajikan informasi dengan cepat dan tepat untuk mendukung kegiatan bisnis serta digunakan untuk membangun dan mengembangkan untuk mendukung dan memaksimalkan sistem pada manajemen untuk pengambilan keputusan yang bersifat operasional ataupun strategis.


Pada suatu organisasi atau perusahaan, penggunaan teknologi informasi sangat diperlukan untuk menghadapi atmosfir persaingan bisnis dengan melakukan berbagai macam cara termasuk melakukan inovasi-inovasi, efektifitas dan efisiensi dalam menarik minat konsumen dan pasar. Pada perusahaan mayoritas telah menggunakan system sebagai penunjang kinerja dan proses bisnis mereka, system tersebut tidak terlepas dari segala aktifitas yang mereka lakukan. Pentingnya peranan teknologi yang digunakan oleh perusahaan tersebut, memberikan dampak yang luar biasa terhadap kineja mereka dan memberikan kesempatan juga bagi pihak yang ingin memanfaatkan celah keamanan yang tidak terpantau oleh system perusahaan.
Gaji adalah salah satu hal yang penting bagi setiap karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan, karena dengan gaji yang diperoleh seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengertian gaji dapat dilihat dari pernyataan Hasibuan (2002) yang menyatakan bahwa “Gaji adalah balas jasa yang dibayar secara periodik kepada karyawan tetap serta mempunyai jaminan yang pasti”  (p. 118). Pendapat lain dikemukakan oleh Handoko (1993), “Gaji adalah pemberian pembayaran finansial kepada karyawan sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilaksanakan dan sebagai motivasi pelaksanaan kegiatan di waktu yang akan datang” (p. 218). Jadi gaji merupakan salah satu unsur yang penting yang dapat mempengaruhi kinerja,prestasi dan loyalitas karyawan, sebab gaji adalah alat untuk memenuhi berbagai kebutuhan pegawai, sehingga dengan gaji yang diberikan pegawai akan termotivasi untuk bekerja lebih giat.
Dengan demikian dapat dilihat bahwa system prosedur penggajian karyawan suatu perusahaan sangat penting untuk diperhatikan demi kelancaran usaha maupun pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Dengan adanya penerapan system yang baik diharapkan proses penggajian dalam suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik dan efektif. Dalam pembuatan sistem ini kami menggunakan aplikasi Netbeans dalam pemrogramannnya.

Manfaat dan Tujuan

Ø  Manfaat Umum
1.      Menghemat biaya dan waktu.
2.      Membantu pemilik dalam hal melakukan pencatatan penggajian karyawan
3.      Untuk mengetahui sistem pengajian disuatu perusahaan
4.      Untuk mengetahui alur sistem pengajian

Ø  Manfaat Bagi Mahasiswa
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah “ Pemrograman Berorientasi Objek” sebagai salah satu bagian dalam pengambilan nilai Mata Kuliah.

Ruang Lingkup

Sistem ini membahas tentang penggajian karyawan, Mulai dari data data yang di kumplkan oleh manager tentang pegawai tersebut dan jadwal - jadwal kerja pegawai tersebut mulai dari yang pokok dan lembur, yaitu :
Menginput data pegawai
Menginput data penggajian
Menginput atau membuat transaksi penggajian
Membuat Absensi kehadiran
Dari data – data yang terkumpul pegawai bias mendapatkan Gaji sesuai jam masuk dan lembur dalam melaksanakan kerjanya.

Tinjauan Pustaka
Sistem
Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem berasal dari bahasa Latin (systÄ“ma) dan bahasa Yunani(sustÄ“ma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasimateri atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Gaji
Gaji adalah salah satu hal yang penting bagi setiap karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan, karena dengan gaji yang diperoleh seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengertian gaji dapat dilihat dari pernyataan Hasibuan (2002) yang menyatakan bahwa “Gaji adalah balas jasa yang dibayar secara periodik kepada karyawan tetap serta mempunyai jaminan yang pasti”  (p. 118). Pendapat lain dikemukakan oleh Handoko (1993), “Gaji adalah pemberian pembayaran finansial kepada karyawan sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilaksanakan dan sebagai motivasi pelaksanaan kegiatan di waktu yang akan datang” (p. 218). Jadi gaji merupakan salah satu unsur yang penting yang dapat mempengaruhi kinerja,prestasi dan loyalitas karyawan, sebab gaji adalah alat untuk memenuhi berbagai kebutuhan pegawai, sehingga dengan gaji yang diberikan pegawai akan termotivasi untuk bekerja lebih giat.
Karyawan
Secara umum yang dimaksud dengan karyawan adalah orang yang bekerja di suatu perusahaan atau lembaga dan di gaji dengan uang. Atau karyawan dapat diartikan juga sebagai orang yang bertugas sebagai pekerja pada suatu perusahaan atau lembaga untuk melakukan operasional tempat kerjanya dengan balas jasa berupa uang.
Karyawan tentunya bertugas sesuai yang telah di tentukan oleh pimpinan atau atasannya. Umumnya karyawan bekerja tinggal melaksanakan tugas-tugas yang sudah di instruksikan saja, atau terkadang bisa juga mengekspresikan kreatifitasnya sesuai yang memberi instruksi saat bekerja.
Kegesitan, ketepatan, ketelitian maupun kerapihan dalam bekerja merupakan hal-hal yang perlu di perhatikan oleh setiap karyawan, karena umumnya hal-hal seperti itu dapat menentukan penilaian karyawan oleh seorang pimpinan. Yang sering menjadi perhatian adalah ketepatan waktu atau kedisiplinan dalam bekerja, banyak sekali perusahaan yang sangat mementingkan hal tersebut dalam menilai karyawannya.
Relatif tidak sulit untuk menjadi seorang karyawan, jika sudah terbiasa dengan pekerjaan maka tidak perlu terlalu banyak berfikir mencari cara untuk memecahkan masalah dalam pekerjaan, karena biasanya pekerjaan yang dilakukan seperti rutinitas sehari-hari atau pekerjaan yang dilakukan hanya itu-itu saja. Tapi ada beberapa bidang tertentu yang dimana karyawan di haruskan untuk memecahkan permasalahan tertentu, tapi permasalahan tersebut tidaklah terlalu kompleks, karena semakin kompleks permasalahan akan ditangani oleh orang yang levelnya lebih tinggi dalam pekerjaan.
Di suatu tempat kerja biasanya ada beberapa karyawan yang dapat di katakan menonjol atau memiliki kemampuan yang lebih dalam memecahkan masalah, pimpinan pasti dapat menilai dan membedakan karyawan seperti itu dan tentunya memiliki nilai yang lebih di matanya. Biasanya jika ada karyawan yang memiliki kemampuan lebih akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan dirinya lagi misalnya seperti diberikan biaya untuk kuliah lagi sehingga bisa naik jabatan di tempat dia bekerja.

PEMBAHASAN
Use Case
Pegawai
Manager
Direktur

Interface Form Absen
Form absen pegawai bertujuan untuk menginput kehadiran pegawai sesuai jadwal kerjanya dari mulai masuk sampai ada tambahan lembur, tujuan akhirnya untuk membantu manager membuat penggajian. Dalam form absen manajer diharuskan mengisi form dengan data id absen, bulan, nip, jumlah masuk, dan jumlah lembur, kemudian data pegawai tersebut dapat di simpan, update, delete, refresh, dan exit.

Interface Form Transaksi
Form transaksi berfungsi untuk mencatat transaksi penggajian yang terjadi antara manager dan pegawai, manajer memasukan data data pegawai antara lain id transaksi, nip, nama, id absen, bulan, jumlah masuk, jumlah lembur. Kemudian terdapat pilihan button simpan, refresh, view, exit, print.

Interface Form Gaji
Form gaji berfungsi untuk memberikan informasi terkait rincian penggajian, direktur mengisi data antara lain id gaji, jabatan, gaji pokok, gaji lembur. Kemudian terdaoat button save, update, delete, refresh, dan exit.

Interface Form Pegawai
Form pegawai berfungsi untuk mengetahui data data pegawai dimana pegawai diharuskan mengisi data data diri antara lain nip, nama, alamat, tgl lahir, nomer hp. Kemudian terdapat button pilihan antara lain simpan, update, delete, refresh, dan exit.

Pemograman
1.      Gajih
package pegawai;

import java.sql.Connection;
import java.sql.PreparedStatement;
import java.sql.ResultSet;
import java.sql.Statement;
import javax.swing.table.DefaultTableModel;
import penggajian.Koneksi;

/**
 *
 * @author mokem
 */
public class CoGaji {
    Connection koneksi = new Koneksi().getkoneksi();

public void insert(String id_gaji, String jabatan, String gaji_pokok, String gaji_lembur){
        try {
            String SQL = "insert into gaji values ('"+id_gaji+"','"+jabatan+"','"+gaji_pokok+"','"+gaji_lembur+"')";
           
            PreparedStatement ps = koneksi.prepareStatement(SQL);
            ps.executeUpdate();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
public void update(String id_gaji, String jabatan, String gaji_pokok, String gaji_lembur){
        try {
            String SQL = "update gaji set jabatan='"+jabatan+"',gaji_pokok='"+gaji_pokok+"', gaji_lembur='"+gaji_lembur+"' where id_gaji='"+id_gaji+"'" ;
           
            PreparedStatement ps = koneksi.prepareStatement(SQL);
            ps.executeUpdate();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
public void delete(String id_gaji){
        try {
            String SQL = "delete from gaji where id_gaji ='"+id_gaji+"'";
           
            PreparedStatement ps = koneksi.prepareStatement(SQL);
            ps.executeUpdate();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
public void select(String sql, DefaultTableModel model){
        int a = 1;
       
        try {
            Statement statement = koneksi.createStatement();
            ResultSet rs = statement.executeQuery(sql);
            while (rs.next()) {
                String id_gaji = rs.getString(1);
                String jabatan = rs.getString(2);
                String gaji_pokok = rs.getString(3);
                String gaji_lembur = rs.getString(4);
               
               
               
                String [] data = {id_gaji, jabatan, gaji_pokok, gaji_lembur};
               
                model.addRow(data);
                a++;
               
            }
            statement.close();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
   
    }
}

2.      Pegawai/Karyawan
package pegawai;

import java.sql.Connection;
import java.sql.PreparedStatement;
import java.sql.ResultSet;
import java.sql.Statement;
import javax.swing.table.DefaultTableModel;
import penggajian.Koneksi;

/**
 *
 * @author mokem
 */
public class CoPegawai {
        Connection koneksi = new Koneksi().getkoneksi();

public void insert(String nip, String nama, String alamat, String tgl_lahir, String no_hp){
        try {
            String SQL = "insert into peggawai values ('"+nip+"','"+nama+"','"+alamat+"','"+tgl_lahir+"','"+no_hp+"')";
           
            PreparedStatement ps = koneksi.prepareStatement(SQL);
            ps.executeUpdate();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
public void update(String nip, String nama, String alamat, String tgl_lahir, String no_hp){
        try {
            String SQL = "update peggawai set nama='"+nama+"',alamat='"+alamat+"', tgl_lahir='"+tgl_lahir+"', no_hp='"+no_hp+"' where nip='"+nip+"'" ;
           
            PreparedStatement ps = koneksi.prepareStatement(SQL);
            ps.executeUpdate();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
public void delete(String nip){
        try {
            String SQL = "delete from peggawai where nip='"+nip+"'";
           
            PreparedStatement ps = koneksi.prepareStatement(SQL);
            ps.executeUpdate();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
public void select(String sql, DefaultTableModel model){
        int a = 1;
       
        try {
            Statement statement = koneksi.createStatement();
            ResultSet rs = statement.executeQuery(sql);
            while (rs.next()) {
                String nip = rs.getString(1);
                String nama = rs.getString(2);
                String alamat = rs.getString(3);
                String tgl_lahir = rs.getString(4);
                String no_hp = rs.getString(5);
               
                
               
                String [] data = {nip, nama, alamat, tgl_lahir, no_hp};
               
                model.addRow(data);
                a++;
               
            }
            statement.close();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
   
    }
}

3.      Transaksi
package pegawai;

import java.sql.Connection;
import java.sql.PreparedStatement;
import java.sql.ResultSet;
import java.sql.Statement;
import javax.swing.JComboBox;
import javax.swing.table.DefaultTableModel;
import penggajian.Koneksi;

/**
 *
 * @author Fikrish
 */
public class CoTransaksi {
    Connection koneksi = new Koneksi().getkoneksi();
    public void insert(String id_transaksi, String nip, String nama, String id_absen, String bulan, String jumlah_masuk, String jumlah_lembur, String id_gaji, String gaji_pokok, String gaji_lembur,String total_masuk, String total_lembur, String total_gaji){
        try {
            String SQL = "insert into transaksi values ('"+id_transaksi+"','"+nip+"','"+nama+"','"+id_absen+"','"+bulan+"','"+jumlah_masuk+"','"+jumlah_lembur+"','"+id_gaji+"','"+gaji_pokok+"','"+gaji_lembur+"','"+total_masuk+"','"+total_lembur+"','"+total_gaji+"')";
           
            PreparedStatement ps = koneksi.prepareStatement(SQL);
            ps.executeUpdate();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
    public  void combo (JComboBox kombo){
        kombo.removeAllItems();
        String SQL = "select nip from peggawai";
        try {
            Statement statement = koneksi.createStatement();
            ResultSet rs = statement.executeQuery(SQL);
            while(rs.next()){
                kombo.addItem(rs.getString("nip"));
            }
            statement.close();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
    public  void combo2 (JComboBox kombo2){
        kombo2.removeAllItems();
        String SQL = "select id_absen from absen";
        try {
            Statement statement = koneksi.createStatement();
            ResultSet rs = statement.executeQuery(SQL);
            while(rs.next()){
                kombo2.addItem(rs.getString("id_absen"));
            }
            statement.close();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
    public  void combo3 (JComboBox kombo3){
        kombo3.removeAllItems();
        String SQL = "select id_gaji from gaji";
        try {
            Statement statement = koneksi.createStatement();
            ResultSet rs = statement.executeQuery(SQL);
            while(rs.next()){
                kombo3.addItem(rs.getString("id_gaji"));
            }
            statement.close();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
    public void select(String sql, DefaultTableModel model){
        int a = 1;
       
        try {
            Statement statement = koneksi.createStatement();
            ResultSet rs = statement.executeQuery(sql);
            while (rs.next()) {
                String id_transaksi = rs.getString(1);
                String nip = rs.getString(2);
                String nama = rs.getString(3);
                String bulan = rs.getString(4);
                String jumlah_masuk = rs.getString(5);
                String jumlah_lembur = rs.getString(6);
                String total_gaji = rs.getString(7);
               
               
               
                String [] data = {id_transaksi, nip, nama, bulan, jumlah_masuk, jumlah_lembur, total_gaji};
               
                model.addRow(data);
                a++;
               
            }
            statement.close();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
   
    }
}

4.      Absen
package pegawai;

import java.sql.Connection;
import java.sql.PreparedStatement;
import java.sql.ResultSet;
import java.sql.Statement;
import javax.swing.JComboBox;
import javax.swing.table.DefaultTableModel;
import penggajian.Koneksi;

/**
 *
 * @author mokem
 */
public class CoAbsen {
    Connection koneksi = new Koneksi().getkoneksi();
    public void insert(String id_absen, String bulan, String nip, String jumlah_masuk, String jumlah_lembur){
        try {
            String SQL = "insert into absen values ('"+id_absen+"','"+bulan+"','"+nip+"','"+jumlah_masuk+"','"+jumlah_lembur+"')";
            
            PreparedStatement ps = koneksi.prepareStatement(SQL);
            ps.executeUpdate();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
    public void update(String id_absen, String bulan, String nip, String jumlah_masuk, String jumlah_lembur){
        try {
            String SQL = "update absen set bulan='"+bulan+"',nip='"+nip+"', jumlah_masuk='"+jumlah_masuk+"', jumlah_lembur='"+jumlah_lembur+"' where id_absen='"+id_absen+"'" ;
            
            PreparedStatement ps = koneksi.prepareStatement(SQL);
            ps.executeUpdate();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
    public void delete(String id_absen){
        try {
            String SQL = "delete from absen where id_absen='"+id_absen+"'";
           
            PreparedStatement ps = koneksi.prepareStatement(SQL);
            ps.executeUpdate();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
    public void select(String sql, DefaultTableModel model){
        int a = 1;
       
        try {
            Statement statement = koneksi.createStatement();
            ResultSet rs = statement.executeQuery(sql);
            while (rs.next()) {
                String id_absen = rs.getString(1);
                String bulan = rs.getString(2);
                String nip = rs.getString(3);
                String jumlah_masuk = rs.getString(4);
                String jumlah_lembur = rs.getString(5);
               
               
               
                String [] data = {id_absen, bulan, nip, jumlah_masuk, jumlah_lembur};
               
                model.addRow(data);
                a++;
               
            }
            statement.close();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
   
    }
    public  void combo (JComboBox kombo){
        kombo.removeAllItems();
        String SQL = "select nip from peggawai";
        try {
            Statement statement = koneksi.createStatement();
            ResultSet rs = statement.executeQuery(SQL);
            while(rs.next()){
                kombo.addItem(rs.getString("nip"));
            }
            statement.close();
        } catch (Exception e) {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
}

1.1.

Penutup
Kesimpulan
Dengan demikian dapat dilihat bahwa system prosedur penggajian karyawan suatu perusahaan sangat penting untuk diperhatikan demi kelancaran usaha maupun pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Dengan adanya penerapan system yang baik diharapkan proses penggajian dalam suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik dan efektif. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan transaksi penggajian pegawai dapat lebih rapih dan terstruktur agar meminimalisir terjadinya kesalahan dalam proses penggajian baik itu dari segi jumlah gaji, penerima gaji, dan lainnya sehingga perusahaan atau organisasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

1.

Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber - sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan.
Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah yang telah di jelaskan. Untuk bagian terakhir dari makalah adalah daftar pustaka. 


Disusun Oleh :
Asep Lesmana (A3.1600003)
Dadan Fathurrohman (A3.1600005)
Deden Kusdiar (A3.1600007)
M. Hasanuddin A (A3.1600049)
Rudiyanto (A3.1600033)





0 Komentar untuk "SISTEM PENGGAJIAN PEGAWAI"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info