APLIKASI INVENTORI DAN PENJUALAN BARANG PADA GROSIR SHS



ALMIRA KURNIARA KELAS TI_VIB STMIK SUMEDANG

Prosedur
System yang sedang berjalan
Prosedur Penjualan
Konsumen Grosir SHS  yaitu pembeli dengan partai kecil atau pembeli eceran maupun pembeli dalam partai besar yang untuk dijual kembali. Pembeli memberikan daftar barang yang ingin di belinya kepada Supplier Grosir SHS. Kemudian Supplier Grosir memberikan barang belanjaan beserta faktur penjualan. Supplier melaporkan hasil penjualan kepada pemilik Grosir SHS.
Prosedur Penjualan Barang
Pembeli memberikan daftar belanja kepada petuga, Supplier menerima daftar belanja nya dan kemudian menyiapkan barang belanja sekaligus membuatkan faktur penjualannya, setelah itu Supplier membuat laporan penjualan dan persediaan barang yang akan diserahkan kepada Pemilik Toko.
System yang diusulkan
Proses penjualan barang ini yaitu: Pembeli memberikan daftar belanja, kemudian akan diproses oleh admin atau kasir ke dalam komputer,setelah diproses faktur penjualan di berikan kepada pembeli, kemudian untuk laporannya akan diberikan kepada pemilik toko.
  
 Entitas
2.4.1 Entitas dalam
1.    Admin
Admin yang mengoperasikan sistemnya, diantaranya menginputkan data pengguna, data barang, data supplier, data transaksi, data retur pembelian, serta membuat laporan-laporan dan admin bisa mengakses sistem secara keseluruhan.
2.    Kasir
Kasir yang mengoperasikan sistemnya, hanya bagian transaksi penjualan saja . Jika ada pembeli, dan kemudian pembeli itu memberikan daftar belanjaannya, kasir menginputkan nya ke sistem disesuakani dengan belanjaan yang ada dari daftar belanjaan pembeli jika tersedia, dan kemudian akhirnya di buatkanlah faktur penjualannya yang akan diberikan kepada di pembeli.
3.    Pembeli
Pembeli merupakan entitas yang sangat penting terhadap sistem ini karena transaksi atau perusahaan ini berjalan jika ada pembeli yang membeli apa yang dibutuhkan seperti sembako, makanan, minuman, kebutuhan bahan pokok dan lain- lain.

 Entitas Luar

1.     Pemilik Toko
Pemilik Toko Grosir SHS hanya berwenang mengawasi dan mengkoordinir jalannya aktifitas yang ada di Grosir SHS. Selain itu Pemilik Toko menerima dan  memeriksa hasil Laporan-laporan yang telah d buat oleh pada Suppliernya. Apabila ada kekeliruan atau permasalahan baru pemilik yang berperan.


Tabel Input Proses Output (IPO)
Berikut ini Tabel Input Proses Output (IPO) dari Aplikasi Inventory dan Penjualan Barang pada Grosir SHS.

Diagram Konteks
Dengan pembuatan suatu diagram konteks dari aplikasi, struktur pendekatan ini menggambarkan sistem secara garis besar yang kemudian akan dipecah menjadi bagian-bagian lebih rinci.
Gambar berikut ini adalah konteks dari aplikasi inventori dan penjualan barang pada Grosir SHS.

DFD
       Pada proses level-0 terdiri dari beberapa proses yaitu pemrosesan data login, data pengguna, data supplier, data barang, data transaksi penjualan, dan data laporan. Pada level-0, proses-proses diatas dikelompokan menjadi 6 (enam).
 Ke-enam proses diatas dapat digambarkan sebagai berikut :

 
 Struktur Menu




  PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK




Sebuah aplikasi inventori dan penjualan barang, sebagai media pencatatan data inventori dan transaksi penjualan pada Grosir SHS, serta perancangan aplikasi ini dibuat sebagai sarana dalam sistem penjualan yang akan diterapkan di Grosir SHS, dimana aplikasi ini dapat membantu dalam pengelolaan  data barang
dan transaksi penjualan. Yang didalamnya ini memiliki dua (3) hak akses yaitu Admin , Pemilik Toko dan kasir. dengan adanya aplikasi inventori dan penjualan barang ini diharapkan dapat memperoleh informasi lebih cepat dan efisien. Dari aplikasi ini dibagi menjadi dua hak akses yaitu Admin yang bertugas mengelola seluruh aplikasi, Pemilik Toko hanya bias melihat dan mengecek lapora-laporan dan kasir yang hanya mengelola pada bagian transaksi penjualan saja. Model yang dikembangkan dalam proses pembangunan aplikasi inventori dan penjualan barang pada Grosir SHS ini menggunakan pengembangan model dengan berorientasi objek, atau yang disebut StarUML, Pada perkembangan teknologi perangkat lunak, diperlukan adanya bahasa yang digunakan untuk memodelkan perangkat lunak yang akan dibuat. Pada perkembangan teknik pemograman berorientasi objek, yaitu menggunakan StarUML, terdiri dari beberapa bagian, antara lain sebagai berikut :
  Use Case Diagram Inventori dan Penjualan Barang
 Class Diagram Inventori dan Penjualan Barang

 Activity Diagram 
 Activity Diagram Admin Kelola Laporan Barang


Activity Diagram Inventori dan Penjualan Barang


   
Activity Diagram Login Kasir


Activity Diagram Login Pemilik Toko



Activity Diagram Login Admin


Activity Diagram Admin Kelola Laporan Retur Pembelian

 Activity Diagram Admin Tambah Transaksi Penjualan

 Activity Diagram Admin Tambah Data Supplier

Activity Diagram Admin Tambah Data Retur Pembelian
 Activity Diagram Admin Tambah Data Barang
 Activity Diagram Admin Tambah Data Pengguna
 Activity Diagram Admin Kelola Laporan Pengguna
 Activity Diagram Admin Kelola Laporan Transaksi Penjualan




  Activity Diagram Admin Kelola Laporan Supplier



Squence Diagram
Squence Diagram Admin Kelola Data Barang




Squence Diagram Login Admin


Squence Diagram Admin Kelola Data Pengguna


Squence Diagram Admin Kelola Data Retur Pembelian
 Squence Diagram Admin Kelola Data Supplier

Squence Diagram Admin Kelola Transaksi Penjualan

Squence Diagram Login Kasir

Squence DiagramPemilik Toko Melihat Laporan - Leporan




Squence Diagram Login Pemilik Toko 
 Statechart Diagram
Statecart Diagram Admin

Statechart Diagram Kasir


Statechart Diagram Pemilik Toko
 










0 Komentar untuk "APLIKASI INVENTORI DAN PENJUALAN BARANG PADA GROSIR SHS"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info