Pengembangan Aplikasi Sistem Billing Warnet di Graha.Net Sumedang

Oleh : Mokh Nizhar Nur Rokhman
TI-VIE (A2.1100218)
STMIK Sumedang

Aplikasi Sistem Billing Warnet Graha.Net merupakan sistem billing yang dapat mempermudah pengurus warnet dalam hal mengatur dan mencatat segala transaksi dan pencatatan laporan transaksi, penggunaan setiap workstation (klien), pendapatan total warnet per hari, jumlah pengguna warnet per hari, transaksi paketnya dan yang lainnya. Pada dasarnya sistem billing warnet ini merupakan sistem pencatat dan pemonitor transaksi berbentuk software.
Disini Aplikasi Sistem Billing akan dikemabangkan lagi pada sistem billing di kliennya, yang dimana ada tambahan fitur yaitu penambahan paket. Dalam sistem billing yang sebelumnya masih terdapat kekurangan dari segi efisiensi dalam sistem billing klien. Di sistem billing ini juga saya akan mengembangkan kembali dari segi atau fitur pendukung penambahan paket per jam yang ada di billing workstation/klien tanpa harus menunggu komputer klien keluar/log out sendiri saat memakai komputer yang nantinya akan lebih mempermudah pengguna warnet dalam menambah paket tanpa mengurangi waktu paket sebelumnya, jadi waktunya terus berlanjut. Dikarenakan masalahnya di sistem billing sebelumnya tidak ada fitur penambahan paket di billing klien nya, maka dari itu diharapkan akan berguna bagi user/pengguna warnet tersebut.
Pada aplikasi ini terdapat dua aktor yang terlibat didalamnya. Dimana dua actor tersebut adalah :
1.    Admin/operator warnet, yang bertugas sebagi pengontrol, mengatur jalannya aplikasi, melihat, mengubah, menghapus, mengatur hak akses dan yang lainnya.
2.    User/pengguna warnet, yang menjadi penguna sistem billing warnet yang bisa mengisi, mengubah dan melihat dari sistem billing ini.
Berikut diagram-diagramnya :
  1. DIAGRAM USECASE
Didalam sistem ini Admin/operator dan User/pengguna diperlihatkan keterlibatan-keterlibatannya. Berikut keterlibatan-keterlibatan actor tersebut :


Dari usecase diatas dapat dilihat peran-peran dan aktivitas yang dilakukan para aktor didalam sistem billing warnet.
  1. DIAGRAM CLASS
Setelah itu untuk melihat kelas-kelas yang ada pada sistem billing ini dan hubungan-hubungan antar kelas yang terdapat didalamnya dapat dilihat dari DIAGRAM CLASS dibawah ini :
  1. DIAGRAM SEQUENCE
Pada Diagram Sequence dibawah ini, menampilkan interaksi-interaksi antara objek-objek yang ada didalam atau disekitar sistem yang disusun pada sebuah urutan sebagai berikut :
·         Admin/operator
            Login Admin/operator

Mengelola Hak Akses

Kelola Data

Kelola Transaksi

Kelola Laporan

Logout Billing Server

  • User/pengguna
Login Billing Klien

Data Billing Klien

            Tambah Paket

Transaksi

Stop Billing Klien



  1. DIAGRAM ACTIVITY
Pada diagram activity ini mengandung aktivitas, pilihan tindakan, perulangan dan hasil dari aktivitas tersebut. Diagram ini digunakan untuk menjelaskan proses bisnis dan alur kerja operasional secara langkah demi langkah dari komponen suatu sistem seperti berikut :
·         Admin/operator
Login Admin/operator

Mengelola Data


Kelola Laporan

  • User/pengguna
Login User

Menambah Paket

Melihat Data Billing Klien


Stop Billing Klien


  1. DIAGRAM STATECHART
Diagram statechart ini merupakan model perilaku yang dinamis dari class secara individual maupun beberapa bentuk dari obyek dan menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu obyek pada sistem sebagai akibat dari stimulans yang diterima. Diagramnya dibawah ini :
·         Admin/operator
Login Admin

Data Billing Server

Transaksi

Laporan

  • User/pengguna
Login User/pengguna

Data Billing Klien

Tambah Paket

Stop Billing Klien


Demikian tampilan dari pembuatan diagram dari mulai diagram usecase, diagram class, diagram sequence, diagram activity, dan diagram statechart yang saya buat mengenai Pengembangan Sistem Billing Warnet Graha.Net Dengan Penambahan Fitur Tambah Paket. Mohon maaf jika diagramnya masih ada kesalahan. Terima kasih.


Mokh Nizhar Nur Rokhman - STMIK Sumedang
0 Komentar untuk "Pengembangan Aplikasi Sistem Billing Warnet di Graha.Net Sumedang"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info