Sistem Informasi Persediaan Barang Toko Grosir

 Sistem Informasi Persediaan Barang Toko Grosir
 Oleh Nurjanah A2.1100037
 TI - VI A
 STMIK Sumedang

Sistem persediaan barang ini dirancang guna memenuhi kebutuhan bagian persediaan barang yang ada pada perusahaan toko grosir, pada system ini terdapat 5 proses diantaranya : olah data barang, olah data PO (Purchase Order), data pembelian, data penerimaan barang dan terakhir olah laporan dan 4 operasi yaitu input, update, delete dan cetak. Pada system ini terdapat 3 aktor yaitu karyawan bag.gudang, supplier, dan owner toko akan tetapi user yang terlibat dengan system hanya karyawan saja sedangkan dua aktor lain hanya menerima hasil permintaan dan laporan yang diolah pada system oleh karyawan bag.gudang. Berikut aktor - aktor yang terlibat dalam sistem :

1.  1. Primary Actor (Aktor Utama) : Karyawan bag.gudang yang berinteraksi secara langsung       dengan system  dengan fungsi mengolah data barang, data PO, data pembelia, data penerimaan barang dan olah laporan dengan fungsi operasi input update delete, cetak.

1.   2. Secondary Actor (Aktor Pendukung): Supplier dan Owner Toko yang hanya menerima           output dari system saja. Untuk lebih jelasnya berikut penjabarannya dalam diagram UML 

Usecase Diagram
UseCase  diagram adalah  diagram  yang menggambarkan  kebutuhan  sistem  dari sudut  pandang user,  yang  memperlihatkan hubungan -hubungan  yang  terjadi  antara actors dengan use case dalam sistem.


Gambar
Usecase Diagram Sistem Persediaan barang
Berdasarkan gambar diatas dapat dijekaskan bahwa dalam system persediaan barang pada toko grosir tersebut terdapat 3 aktor yaitu Karyawan Bag.Gudang, Supplier dan Owner Toko. Dimana karyawan bag.gudang dapat login ke system menggunakan username dan password yang telah ditentukan sebelumnya untuk dapat melakukan pengolah data yang ada pada system tersebut meliputi input, update, delete pada masing – masing data olah barang , PO, pembelian, dan penerimaan barang, selain itu karyawan bag.gudang juga dapat menangani pengolahan laporan yang berkaitan dengan data persediaan barang yang berada pada system seperti laporan data barang, laporan PO, laporan pembelian, laporan penerimaan barang. Sedangkan supplier hanya bertindak menerima permintaan PO yang dikirim, dan owner took hanya bertindak menerima laporan terkait persediaan barang yang telah diolah terlebih dahulu oleh karyawan bag.gudang.

Class Diagram
Class diagram adalah penggambaran inti dari proses pemodelan objek, meliputi struktur
dan  deskripsi class,  package dan  obyek beserta  hubungan  satu  sama  lain  seperti
containment,  pewarisan,  asosiasi,  dan lain - lain.

Gambar
Class Diagram Sistem Persediaan barang
Class diagram terdiri dari objek – objek yang dipergunakan didalam system meliputi : objek login user, objek olah data barang, objek PO, objek pembelian, objek penerimaan barang, dan objek laporan. Masing – masing memiliki fungsi sperti input, update delete dan cetak seperti sebagai berikut :
  1.  Login : membuat, edit, cek
  2. Olah data barang : input, update, delete
  3. PO : input, update, delete
  4. Pembelian : input, update, delete
  5. Penerimaa Barang : input, update, delete
  6. Laporan : input, cetak

Masing – masing memiliki atribut seperti sebagai berikut :
  1. Karyawan Bag.Gudang : id karyawan, nama, no telp, alamat
  2. Login : Username, password
  3. Olah data barang : id barang, kode barang, jumlah, satuan, total
  4. PO : id PO, kode barang, jumlah, satuan, total
  5. Pembelian: id pembelian, kategori pembelian
  6. Penerimaa Barang : id penerimaan barang, id barang,  tanggal, jumlah
  7. Laporan : id laporan, kategori laporan
Statechart Diagram
Statechart diagram adalah penggambaran perilaku system perangkat lunak yang kita buat dan perilaku kelas, subsystem  dan seluruh aplikasi.
Statechart Diagram Data Barang

Statechart Diagram Data PO

Statechart Data pembelian

Statechart Penerimaan Barang

Statechart Laporan


Statechart Area Karyawan


Activity Diagram
Activity diagram menggambarkan  berbagai  alir  aktivitas  dalam  sistem yang  sedang  dirancang,  bagaimana  masing-masing  alir  berawal,  decision  yang mungkin  terjadi,  dan  bagaimana  mereka  berakhir.

Activity Diagram Login

Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang yang berperan sebagai user bias akses system dengan terlebih dahulu login dengan memasukan username dan password. 



Activity Diagram Input data barang
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form olah data barang fungsi pada system ini yaitu input data barang.


Activity Diagram Update data barang
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form olah data barang fungsi pada system ini yaitu update data barang.

Activity Diagram Delete data barang
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form olah data barang fungsi pada system ini yaitu delete data barang.


Activity Diagram Input data PO
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form PO fungsi pada system ini yaitu input data PO.

Activity Diagram Update data PO
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form PO, fungsi pada system ini yaitu update data PO.

Activity Diagram Delete data PO
Pada gambar  dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form olah data PO, fungsi pada system ini yaitu delete data PO.


Activity Diagram Input data pembelian
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form olah data pembelian fungsi pada system ini yaitu input data pembelian.


Activity Diagram Update data Pembelian
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form olah data pembelian fungsi pada system ini yaitu update data pembelian.


Activity Diagram Delete data Pembelian
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form olah data pembelian fungsi pada system ini yaitu delete data pembelian.






Activity Diagram Input data Penerimaan Barang
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form olah data penerimaan barang fungsi pada system ini yaitu input data penerimaan barang.


Activity Diagram Update data Penerimaan Barang
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form olah data penerimaan barang fungsi pada system ini yaitu update data penerimaan barang.

Activity Diagram Delete data Penerimaan Barang
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form olah data penerimaan barang fungsi pada system ini yaitu delete data penerimaan barang.


Activity Diagram Input Laporan data Barang
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form laporan data barang fungsi pada system ini yaitu input laporan data barang.


Activity Diagram Cetak Laporan data Barang
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form laporan data barang fungsi pada system ini yaitu cetak laporan data barang.keluaran yang dihasilkan yaitu laporan data barang.


Activity Diagram Input Laporan data Pembelian
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form laporan data pembelian fungsi pada system ini yaitu input laporan data pembelian.

 
Activity Diagram Cetak Laporan data Pembelian
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form laporan data barang fungsi pada system ini yaitu cetak laporan data barang. Keluaran yang dihasilkan yaitu laporan data pembelian.




Activity Diagram Input Laporan data Penerimaan Barang
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form laporan data penerimaan barang fungsi pada system ini yaitu input laporan data penerimaan barang.


Activity Diagram Cetak Laporan data Penerimaan Barang
Pada gambar dijelaskan bahwa karyawan bag.gudang bisa  akses form laporan data penerimaan barang fungsi pada system ini yaitu cetak laporan data barang. Keluaran yang dihasilkan yaitu laporan penerimaan data barang.

Sequence Diagram
Sequnce Diagram adalah Menggambarkan interaksi obyek yang disusun dalam suatu deretan waktu. Dalam menggambarkan sequence diagram setiap actor didefinisikan aktifitasnya :

Sequence Diagram Login
Pada  gambar menunjukan tentang sequence diagram login sistem yang dilakukan karyawan bag.gudang, dimana karyawan bag.gudang meng-input username dan password terlebih dahuli saat akan akses sistem. 


Sequence Diagram Input Data Barang
Pada  gambar menunjukan tentang sequence diagram input data barang, dimana karyawan bag.gudang meng-input data barang ke tabel data olah barang dan data langsung tersimpan ke database olah data barang.


Sequence Diagram Update Data Barang
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram update data barang, dimana karyawan bag.gudang meng-update data barang ke tabel data olah barang dan data langsung tersimpan ke database olah data barang.


Sequence Diagram Delete Data Barang
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram delete data barang, dimana karyawan bag.gudang menghapus data barang pada tabel data olah barang dan data langsung terhapus.


Sequence Diagram Input Data PO
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram input data PO, dimana karyawan bag.gudang meng-input data PO ke tabel data PO dan data langsung tersimpan ke database PO.


Sequence Diagram Update Data PO
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram update data PO, dimana karyawan bag.gudang meng-update data PO ke tabel data PO dan data langsung tersimpan ke database PO.

Sequence Diagram Delete Data PO
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram delete data PO, dimana karyawan bag.gudang menghapus data PO pada tabel data PO dan data langsung terhapus.



Sequence Diagram Input Data Pembelian
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram input data pembelian, dimana karyawan bag.gudang meng-input data pembelian ke tabel data pembelian dan data langsung tersimpan ke database data pemebelian.

 
Sequence Diagram Update Data Pembelian
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram update data pembelian, dimana karyawan bag.gudang meng-update data pembelian ke tabel data pembelian dan data langsung tersimpan ke database data pembelian.



Sequence Diagram Delete Data Pembelian
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram delete data pembelian, dimana karyawan bag.gudang menghapus  data pembelian pada  tabel data pembelian dan data pembelian terhapus.


Sequence Diagram Input Data PenerimaanBarang
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram input data penerimaan barang, dimana karyawan bag.gudang meng-input data penerimaan barang ke tabel data penerimaan barang dan data langsung tersimpan ke database data penerimaan barang.


Sequence Diagram Update Data PenerimaanBarang
Pada Gambar menunjukan tentang sequence diagram update data penerimaa barang, dimana karyawan bag.gudang meng-update data penerimaan barang ke tabel data penerimaan barang dan data langsung tersimpan ke database data penerimaan barang.

 
Sequence Diagram Delete Data PenerimaanBarang
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram delete data penerimaan barang, dimana karyawan bag.gudang menghapus  data penerimaan barang ke tabel data penerimaan barang dan data langsung tersimpan ke database data penerimaan barang.


Sequence Diagram Input Laporan
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram input laporan, dimana karyawan bag.gudang meng-input laporan ke tabel data laporan dan data langsung tersimpan ke database data laporan.


Sequence Diagram Cetak Laporan
Pada gambar menunjukan tentang sequence diagram cetak laporan, dimana karyawan bag.gudang meng-cetak  laporan dari tabel data laporan dan data langsung tercetak.







0 Komentar untuk "Sistem Informasi Persediaan Barang Toko Grosir"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info