APLIKASI OBYEK WISATA KABUPATEN SUMEDANG BERBASIS ANDROID



Oleh: Fitri Supriatin
NIM: A2.1100058
Kelas: TI-VIB 
 APLIKASI OBYEK WISATA KABUPATEN SUMEDANG BERBASIS ANDROID

Aplikasi Obyek Wisata di Kabupaten Sumedang berbasis Android ini berisi informasi obyek wisata yang ada di kabupaten Sumedang. Aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna smartphone yang memiliki sistem operasi Android. Pada aplikasi ini pengguna dapat memperoleh informasi obyek wisata yang meliputi obyek wisata sejarah, wisata ziarah, wisata alam, wisata umum, wisata seni dan wisata kuliner. Dalam aplikasi ini terdapat pula peta lokasi dengan memanfaatkan fitur GPS sebagai petunjuk arah untuk menuju ke tempat wisata, sehingga akan memberi kemudahan kepada pengguna untuk menuju ke lokasi wisata tersebut.
            Aplikasi obyek wisata ini diharapkan dapat membantu pengguna atau calon wisatawan khususnya yang berasal dari luar sumedang untuk memperoleh informasi obyek wisata yang ada di kabupaten sumedang.
1.      Prosedur dan Alur Sistem
Aktor yang terlibat di dalamnya diantaranya :.
 Pengguna ( User ): Orang yang membuka aplikasi dan melihat isi dari aplikasi atau orang yang mencari informasi obyek wisata di kabupaten sumedang.
Alur sistem yang sedang berjalan saat ini yaitu :
a.       Pengguna login aplikasi, akan muncul gambar tampilan splashscreen yang merupakan tampilan pertama dari aplikasi. Tampilan ini berisi logo “SELAMAT DATANG DI KABUPATEN SUMEDANG” . Tampilan hanya tampil beberapa detik setelah itu akan langsung tampil ke tampilan menu utama.
b.      Kemudian akan muncul tampilan menu utama. Disini pengguna bisa memilih menu-menu yang tersedia. Diantaranya adalah menu tentang sumedang untuk masuk ke halaman informasi tentang kabupaten Sumedang, menu jenis wisata untuk masuk ke halaman kategori obyek wisata, menu about untuk masuk ke halaman informasi tentang aplikasi dan menu keluar untuk keluar dari aplikasi.
c.       Apabila pengguna memilih tentang sumedang dari menu utama akan muncul tampilan halaman Tentang Sumedang. Disini pengguna bisa melihat informasi tentang kabupaten sumedang berdasarkan wilayah geografisnya.
d.      Sedangkan apabila memilih tampilan halaman jenis wisata. Disini pengguna bisa memilih kategori wisata. Diantaranya adalah wisata alam, wisata sejarah, wisata ziarah, wisata umum, wisata seni dan wisata kuliner.
e.        Setelah pengguna memilih salah satu kategori wisata kemudian akan masuk ke halaman kategori wisata yang diplih tersebut. Lalu akan muncul tampilan halaman obyek wisata. Disini terdapat list nama-nama obyek wisata berdasarkan kategori wisata yang dipilih dari halaman jenis wisata. Setelah pengguna memilih salah satu list nama obyek wisata kemudian akan masuk ke tampilan halaman nama obyek wisata yang dipilih tersebut
f.       Pada tampilan nama obyek wisata terdapat informasi obyek wisata tersebut, berupa gambar dari obyek wisata tersebut dan deskripsi singkat mengenai fasilitas dan lokasi obyek wisata tersebut. Disini juga terdapat button “map” yang apabila di tekan akan tampil ke halaman lokasi obyek wisata tersebut yang berupa google map.

2.      Tabel Input-Proses-Output

Gambar Tabel Input-Proses-Output
3.      Diagram Konteks



Gambar Diagram Konteks


4.      DFD Level 1

Gambar Digram DFD Level 1
5.      Model yang dikembangkan:
            Model yang dikembangkan dalam proses pembangunan aplikasi obyek wisata ini menggunakan pengembangan model dengan orientasi objek, atau yang disebut UML (Unified Modeling Language). Ada beberapa diagram dalam UML yang akan dijelaskan sebagai berikut.
1. Use Case Diagram
                        Use case adalah bagian tingkat tinggi dari fungsionalitas yang disediakan oleh sistem. Dengan kata lain, use case menggambarkan bagaimana seseorang menggunakan system.

Gambar Use Case Diagram
Dalam use case diagram Aplikasi obyek wisata di kabupaten Sumedang ini menggunakan satu actor yaitu pengguna, dimana pengguna bisa mengakses 4 halaman yaitu Tentang Sumedang, Jenis Wisata, About, dan  Keluar.
2.      Activity Diagram
            Activity Diagram memperlihatkan alur langkah demi langkah dalam suatu proses. Suatu aktivitas menunjukkan sekumpulan aksi (secara sekuensial atau bercabang dari satu aksi keaksi lain), dan nilai yang dihasilkan atau digunakan oleh aksi-aksi yang terjadi.
a. Activity diagram Tentang Sumedang
Gambar Activity diagram Tentang Sumedang

            Pada Activity diagram Tentang Sumedang, pengguna memilih atau menekan menu Tentang Sumedang, kemudian sistem akan menampilkan halamanTentang Sumedang.
b.      Activity Diagram Jenis Wisata


Gambar Activity Diagram Jenis Wisata

            Pada Activity diagram Jenis Wisata, pengguna memilih menu jenis wisata maka sistem akan menampilkan list jenis wisata, kemudian pengguna memilih list jenis wisata  maka sistem akan menampilkan list obyek wisata dari list jenis wisata yang di pilih, kemudian pengguna memilih salah satu obyek wisata yang ada di list, maka sistem akan menampilkan informasi obyek wisata yang dipilih, kemudian untuk mengetahui lokasi obyek wisata tersebut pengguna menekan button map, maka sistem akan menampilkan lokasi obyek wisata pada peta atau google map.
c.       Activity Diagram About

Gambar Activity Diagram About

Pada Activity diagram About, pengguna memilih atau menekan menu About, kemudian sistem akan menampilkan halaman About yang berisi tentang informasi aplikasi.
d. Activity Diagram Keluar
Activity Diagram Keluar
Pada Activity diagram Keluar, pengguna memilih atau menekan menu Keluar, kemudian system akan menampilkan statement untuk keluar dari aplikasi.

3. Statechart Diagram
Statechart diagram merupakan model perilaku yang dinamis dari class secara individual maupun beberapa bentuk dari obyek. Semua itu menunjukkan deretan dari state yang dilakukan obyek melalui event yang menyebabkan sebuah transisi dari satu ke aktifitas yang lain, dan beberapa aksi yang menghasilkan dari satu state atau aktifitas yang berubah. 
a.       Statechart Diagram Tentang Sumedang
Gambar Statechart Diagram Tentang Sumedang




b.      Statechart Diagram jenis Wisata




Gambar Statechart Diagram jenis Wisata

c.       Statechart Diagram About

Gambar Statechart Diagram About

d.      Statechart Diagram Keluar

Gambar Statechart Diagram Keluar


4. Sequence Diagram
            Diagram sekunsial adalah diagram interaksi yang disusun berdasarkan urutan waktu. Kita membaca diagram sekunsial dari atas kebawah. Setiap diagram sekuensial mempresentasilkan satu aliran dari beberapa aliran di dalam use case.
a. Sequence Diagram Tentang Sumedang
Gambar Sequence diagram Tentang Sumedang
           
            Gambar di atas menunjukkan sebuah sequence diagram dengan aktivitas atau aliran fungsionalitas dalam form Tentang Sumedang. Diagram ini menunjukkan sejumlah objek dan pesan yang melewati suatu objek dimana user masuk ke sistem aplikasi dengan melewati objek-objek yang ada di dalam sistem aplikasi obyek wisata ini.
b. Sequence Diagram Jenis Wisata


Gambar Sequence Diagram Jenis Wisata

            Gambar di atas menunjukkan sebuah aktivitas atau aliran fungsionalitas dalam form Jenis Wisata. Diagram ini menunjukkan sejumlah objek dan pesan yang melewati suatu objek. Dimana user ingin masuk ke sistema plikasi obyek wisata ini dengan melewati beberapa objek untuk mencari informasi obyek wisata yang di inginkan.
c. Sequence Diagram About

Gambar Sequence Diagram About

            Gambar di atas menunjukkan sebuah sequence diagram dengan aktivitas atau aliran fungsionalitas dalam form About. Diagram ini menunjukkan sejumlah objek dan pesan yang melewati suatu objek dimana user masuk ke sistem aplikasi dengan melewati objek-objek yang ada di dalam sistem aplikasi obyek wisata ini.

 d. Sequence Diagram Keluar
 
Gambar Sequence Diagram Keluar
            Gambar di atas menunjukkan sebuah sequence diagram dengan aktivitas atau aliran fungsionalitas dalam form Keluar. Diagram ini menunjukkan sejumlah objek dan pesan yang melewati suatu objek dimana user masuk ke sistem aplikasi dengan melewati objek-objek yang ada di dalam sistem aplikasi obyek wisata ini.

4. Class Diagram
            Class Diagram merupakan diagram struktural yang memodelkan sekumpulan kelas, interface, kolaborasi dan relasinya. Diagram kelas digambarkan dengan kotak, yang pada dasarnya terbagi atas tiga bagian yaitu, NamaKelas, Atribut, dan Operasi.


Gambar class diagram


0 Komentar untuk "APLIKASI OBYEK WISATA KABUPATEN SUMEDANG BERBASIS ANDROID"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info