Aplikasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. ( muarif jamaludin)




Analisis Perancangan Aplikasi Pelayanan kesehatan Di Rumah Sakit Islam Medika





























 Disusun Oleh :

                                                       NIM    : A2.1100213
                                                       Nama : Mu’arif Jamaludin
                                                       Kelas : TI – V D


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
(STMIK) SUMEDANG
2013






Latar Belakang
            Seiring perkembangan jaman,teknologi tak henti-hentinya menawarkan produk yang baru untuk memudahkan semua lapisan masyrakat dalam aktifitasnya,baik pribadi,umum,maupun lingkungan pekerjaan kini teknologi dapat menjadi solusi pengefisiensian masalah yang dialami pada layanan kesehatan di rumah sakit islam medika,yang masi menggunakan pelayanan kesehatan secara manual.

Rumusan Masalah
            Berdasarkan hasil pengamatan,cara yang sedang berjalan masih terbilang kurang efektif mengingat pasien yang berobat semakin bertambah namun pelayanan sedikit menurun kerena masih menggunakan cara manual seperti dalam proses pendaftaranpasien baru, proses pemeriksaan kesehatan,proses pembayaran,proses pembuatan laporan,dan untuk menghindari terjadinya penumpukan pasien kerna terlalu lama menunggu dan mengurangi kesalahan-kesalahan dalam pemasukan data-data pada proses pendaftaran atau proses pembuatan laporan,disini penulis ingin mengembangkan sistem yang sudah ada dengan cara komputerisasi menggunakan visual basic 6.0 dan microsoft access.penulis mengharapkan dengan dibuatnya aplikasi pelayanan ini dapat mengurangi masalah-masalah yang ada di rumah sakit islam medika.
Analisis Kebutuhan Hardware dan Software
Kebutuhan Hardware
a.       PC
b.      printer
Kebutuhan Software
a.       OS Windows 7
b.      Visual Basic 6.0
c.       Easy case
d.      Microsoft access

                ENTITAS YANG TERLIBAT
-          Entitas dalam
1.      Pasien
2.      Bagian administrasi
3.       
-          Entitas luar
1.      Pimpinan balai pengobatan

Prosedur Yang Di Rencanakan

A.        Proses Pendaftaran Pasien Baru
Bagi yang belum memiliki kartu berobat atau pasien baru, terlebih dahulu harus membuat kartu berobat pada bagian administrasi dengan  mengisi formulir yang diberikan oleh bagia dministrasi dan harus diserahkan kembali kepada bagian administrasi sebagai data untuk pembuatan kartu berobat dan kartu status. Kemudian data-data pasien akan dimasukkan kedalam file pasien,
Setelah itu bagian administrasi akan membuat kartu berobat yang akan diberikan kepada pasien dan kartu status yang akan disimpan pada bagian administrasi.
B.         Proses PemeriksaanKesehatan
Sebelum pasien melakukan pemeriksaan kesehatan, pertama-tama pasien terlebih dahulu melakukan pendaftaran berobat pada bagian administrasi. Pasien harus memberikan kartu berobat kepada bagian administrasi kemudian bagian admistrasi akan mencari kartu status, setelah kartu status pasien ditemukan maka kartu berobat pasien akan dikembalikan dan kartu sbtatus pasien diberikan kepada bagian medis. Setelah kartu status pasien diberikan kepadabagianmedis, maka pasien dapat melakukan pemeriksaan kesehatan pada bagian medis. Selanjutnya bagian medis akan memberikan resep obat kepada pasien. Kartu status pasien akan di kembalikan kebagian administrasi untukdisimpan, tetapi terlebih dahulu hasil diagnosa pasien akan dimasukkan kedalam file berkunjung.
C.        Proses Pembayaran
Setelah pasieny selesai melakukan pemeriksaan kesehatan dan mendapatkan resep obat dari bagian medis, selanjutnya pasien memberikan resep obat kepada bagian obat, setelah itu bagian obat akan mengecek data obat dalam file obat untuk mengetahui persediaan obat. Setelah pasien melakukan pembayaran maka pasien akan diberikan obat dan kwitansi dan bagian administrasi juga akan memasukkan data pembayaran kedalam file pembayaran.
D.        Proses PembuatanLaporan
Setiap bulan nya bagian  administrasi membuat laporan berkunjung pasien berdasarkan file berkunjung, laporan persediaan obat berdasarkan file obat dan laporan pembayaran berdasarkan file pembayaran yang harus diserahkan kepada pimpinan balai pengobatan.



 Input proses Output


INPUT                                                   PROSES                                                                                                OUTPUT


`


                                                            



 








·         Diagram kontek dan dfd





 DFD
 

















 use case diagra


Tahapan awal diagram untuk membuat sebuah diagram sistem aplikasi perancangan aplikasi




Class diagram

Tahapan kedua class diagram untuk membuat sebuah diagram sistem aplikasi perancangan aplikasi















Activity diagram





Tahapan ketiga aktivity diagram untuk membuat sebuah diagram sistem aplikasi perancangan aplikasi







Sequence diagram
Tahapan keempat squence diagram untuk membuat sebuah diagram sistem aplikasi perancangan aplikasi















Setatechar diagram
Tahapan kelima statechart diagram untuk membuat sebuah diagram sistem aplikasi perancangan aplikasi

0 Komentar untuk "Aplikasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. ( muarif jamaludin)"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info