APLIKASI PENJUALAN BARANG, TOKO ELECTRONIK


 Teknik Informatika VIC
 Oleh : Nandang Herdianto A2.1100100



1.    Usecase Diagram
 
Diagram use case atau use case diagram menyajikan interaksi antara use case  dan aktor. Aktor dapat berupa orang, peralatan atau system lain yang berinteraksi dengan system yang sedang dibangun. Use case menggambarkan fungsionalitas system atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi system dari pandangan pemakai.

 




Gambar 1.1 : Usecase Diagram

Dari gambar diatas diagram use case menunjukkan interaksi antara use case dan aktor untuk system Penjualan Barang Electronik. Pada diagram ini ada beberapa aktor antara lain,
1.    Customer menggunakkan empat use case yaitu lihat katalog, pemesanan, pilih barang dan pembayaran.
Dalam hal ini system yang digunakkan seorang pengunjung atau costumer tanpa harus terlebih dahulu melakukan login, secara langsung system ini menampilkan form atau tampilan  menu utama untuk customer. Dan memberikan beberapa pilihan menu seperti
Menu katalog, ini merupakan menu untuk melihat daftar barang dan harga barang.
Setelah itu ke menu pemesanan untuk melakukan pemesanan barang dan terdapat pula sub menu pilih barang dalam pemesanan. Selanjutnya ke menu pembayaran untuk melakukan transaksi pembayaran barang yang dibeli.
2.    Bagian gudang menggunakan dua use case yaitu cari barang dan pengiriman.
Cari barang dilakukan oleh bagian gudang ketika customer sudah melakukan pemesanan dan pemilihan barang. Kemudian proses selanjutnya bagian gudang ini melakukan pengiriman barang sesudah customer melakukan pembayaran.
3.    Admin menggunakkan tiga use case yaitu login, update informasi dan membuat laporan.
Bagian admin melakukan login kemudian mengupdate semua informasi yang masuk kedalam data penjualan barang dan sekaligus membuat laporan penjualan untuk diserahkan kepada manager.
4.    Customer service menggunakkan dua use case yaitu melayani komplain dan bantuan
Bagian ini melayani customer yang mengajukan complain atas barang yang sudah dibeli
karena cacat/rusak. Selanjutnya bagian customer service ini mencari solusi berupa bantuan untuk customer.
5.    Manager menggunakkan dua use case yaitu login dan melihat laporan.
Manager melakukan login terlebih dahulu untuk melihat laporan yang telah dibuat oleh bagian admin dan mengevaluasi kinerja karyawan.

2.    Class Diagram

Diagram kelas atau class diagram menunjukan interaksi antar kelas dalam system. 
Kelas mengandung informasi dan tingkah laku (behavior) yang berkaitan dengan 
informasi tersebut. Sebuah kelas pada diagram kelas dibuat untuk setiap tipe objek padadiagram sequensial.
 

 
Gambar 2.1 : Class Diagram


3.  Activity Diagram 

Aktivity diagram menggambarkan fungsionalitas system. Diagram aktivitas ini digunakan untuk menunjukan aliran kerja, kemudian dapat juga dikerjakan untuk menggambarkan aliran kejadian dalam use case. Aktivitas dalam diagram dipresentasikan dengan bentuk bujur sangkar bersudut tidak lancip, yang didalamnya berisi langkah-langkah apa saja yang terjadi dalam aliran kerja. Ada sebuah keadaan mulai (start state) yang menunjukan dimulainya aliran kerja, dan sebuah keadaan selesai (end state) yang menunjukan akhir diagram, titik keputusan dipresentasikan dengan bentuk diamond.


 
 
Gambar 3.1 : Activity Diagram Katalog Barang  





 Gambar 3.2  : Activity Diagram Pemesanan




Gambar 3.3 : Activity Diagram Tambah Barang



Gambar 3.4 : Activity Diagram Login Admin
 


Gambar 3.5 : Activity Diagram Pembayaran-pengiriman
 



Gambar 3.6 : Activity Diagram Laporan Keluar-masuk Barang



Gambar 3.7 : Activity Diagram Login Manager
 


Gambar 3.8 : Activity Diagram Komplain Barang






4.Sequence Diagram

Sequence Diagram adalah diagram interkasi yang disusun berdasarkan urutan waktu. Sequence Diagram digunakan untuk menunjukan aliran fungsionalitas dalam use case. Setiap diagram sequence merepresentasikan satu aliran dari beberapa aliran didalam use case. Masing-masing obyek memiliki lifeline, digambarkan dengan garis putus-putus secara vertikal dibawah obyek. Sebuah pesan digambarkan antara lifeline dari dua obyek untuk menunjukkan bahwa dua obyek tersebut berkomunikasi. Setiap pesan menggambarkan satu obyek memanggil fungsi tertentu dari obyek lainnya. Kemudian pesan-pesan ini didefinisikan sebagai operasi untuk sebuah kelas, setiap pesan dapat menjadi sebuah operasi.

Gambar 4.1 : Sequence Diagram Menampilkan Menu Utama oleh Admin
 

Gambar 4.2 : Sequence Diagram Pemesanan




Gambar 4.3 : Sequence Diagram Pembayaran



Gambar 4.4 : Sequence Diagram Pengiriman



Gambar 4.5 :Sequence Diagram Komplain Barang



Gambar 4.6 : Sequence Diagram Laporan


Gambar 4.7 :Sequence Diagram Login Manager ke Menu Laporan


5. Statechart Diagram

Statechart Diagram menyediakan sebuah cara untuk memodelkan bermacam-macam keadaan yang    mungkin dialami oleh sebuah obyek. Jika dalam diagram menunjukkan gambaran-gambaran statis kelas-kelas dan relasinya, diagram statechart digunakkan untuk memodelkan tingkah laku dinamik sistem.

      
Gambar 5.1 statechart opsi menu customer
  
 
Gambar 5.2 statechart cari barang oleh bagian gudang

Gambar 5.3 statechart admin kelola data barang

 
Gambar 5.4 statechart manager lihat laporan

  
Gambar 5.5 statechart admin cetak laporan


6. Perancangan Layar

Perancangan layar merupakan sebuah proses mendesain dan meciptakan tampilan yang mengandung kreatifitas seseorang dalam membangun suatu sistem yang akan digunakkan oleh pemakai/user. Berikut beberapa tampilan menu dan submenu dalam sebuah aplikasi penjualan barang electronik.

Gambar 6.1 Tampilan Menu Katalog


6.2 Submenu data barang electronik

Gambar 6.3 Tampilan Menu Pemesanan

Gambar 6.4 Submenu input data barang 

Gambar 6.5 Tampilan Menu Cari Barang

Gambar 6.6 Submenu pencarian barang 

Gambar 6.7 Tampilan Menu Pembayaran

Gambar 6.8 Submenu bayar

Gambar 6.9 Tampilan struk pembayaran

Gambar 6.10 Tampilan Menu Pengiriman

Gambar 6.11 Submenu pengiriman barang

Gambar 6.12 Submenu konfirmasi pengiriman barang

Gambar 6.13 form konfirmasi pengiriman

Gambar 6.14 Tampilan menu Laporan

Gambar 6.15 Submenu Data Barang Masuk

Gambar 6.16 Submenu Data Barang Keluar





The End..
0 Komentar untuk "APLIKASI PENJUALAN BARANG, TOKO ELECTRONIK"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info