google.com, pub-9922355301914235, DIRECT, f08c47fec0942fa0 CARA MUDAH BELAJAR SPSS 17.0 DAN APLIKASI STATISTIK PENELITIAN - Tutorial Kampus
Banner IDwebhost

CARA MUDAH BELAJAR SPSS 17.0 DAN APLIKASI STATISTIK PENELITIAN


CARA MUDAH BELAJAR SPSS 17.0 DAN APLIKASI STATISTIK PENELITIAN
BAB 1
MENGENAL SPSS VERSI 17.0
1.1    memulai dan menutup program SPSSversi 17.0
Langkah pengoprasian untuk membuka program SPSS versi 17.0 sebagai berikut :
1.      Dari layar utama klik start
2.      Klik program
3.      Klik SPSS fot windows
4.      Klik SPSS 17.0 for windows

1.2          Mengenal layar kerja SPSS versi 17.0
Setelah membuka program SPSS pilihan-pilihan itu di abaikan saja,kemudian tekan tombol ‘ESC’ atau klik ‘CANCEL’ . Sehingga pada layar monitor tampak dua model layar kerja yaitu, data view untuk memasukan data dan variable view untuk memasukan dan aturan terkait dengan variable.
1.                  Layar Kerja Pengiasian Variable (variable view)
Untuk mengaktifkan layar kerja pengisian variable anda harus mengklik variable view. Aturan penulisan variable view adalah sebagai berikut :
·         Name : diisi dengan nama variable maksimal 8 karakter serta tidak boleh ada yang sama dan bukan kapital (huruf besar).
·         Type : Untuk mengaktifkan type data klik kolom type (bagian kanan yang bertandakan ...)
·         Width : Kolom ini untuk penentuan lebar kolom.caranya di klik maka akan muncul tanda panah ,kemudian klik tanda panah kebawah untuk mengurangi lebar kolom dan tanda panah ke atas untuk menambah lebar kolom.
·         Decimals : Menentukan bilangan decimals yang diperlukan caranya sama dengan width.
·         Label : atau keterangan.label digunakan untuk memberikan keterangan dari nama variable yang sudah diketikan pada kolom name.
·         Value : atau pengelompokan atau klasivikasi. Value bisa digunakan untuk menjelaskan nilai dan nominal.


CARANYA :
Ø  Klik kolom value pada bagian kanan bertanda ... sehingga muncul kotak dialog.
Ø  Pada kotak kolom value ketikan angka 1,jika sudah tekan tab untuk berpidah kekotak value label ketikan wanita.kemudian klik add,sehingga pada kotak paling bawah muncul tulisan 1=”wanita”
Ø  Kemudian isi lagi kolom dengan value angka 2,jika sudah tekan tab untuk pidah kekolom value label diketikan laki-laki.kemudian klik add,sehingga pada kotak paling bawah muncul tulisa 2=”laki-laki”.

·         Missing : Digunakan utuk menjelaskan data yang hilang atau rusak. Dalam kolom ini ada 3 pilihan ,yaitu ni missing values,discrite missing values dan range plus.
·         Columns : menentukan lebar kolom caranya sama seperti mengatur width,lebar kolom adalah 8 karakter
·         Align : untuk meletakan data pada posisi yang tersedia yaitu rata kiri,rata kanan atau ditengah-tengah.caranya klik kolom align kemudian klik pilihan yang ada.
·         Measure :untuk menentuakan jenis data yang akan kita masukan. Caranya klik pada kolom measure maka muncul pilihan scale,nominal atau ordinal pilihlah dengan cara klik salah satunya .

2.        Layar Kerja Pengisian Data atau Dataview
Apabila anda sudah mengisi variable view,maka selanjutnya memasukan data pada layar kerja dataview. Untuk mengaktifkannya,klik dataview pada bagian bawah spreedshet. Anda perhatikan,pada bagian bawah layar kerja terdapat dataview yang aktif. Jika dataview yang aktif,maka kita dapat melakukan kerja untuk mengisi data.

1.3 Menyimpan Data Dan Menutup Program SPSS Versi 17.0
            Setelah data dimasukan ,maka data tersebut perlu disimpan untuk keperluan analisis selajutmya.
o   Cara penyimpanan yang pertama klik pada menu file kemudian klik save (pilih polder tempat menyimpan data) ketikan nama file kemudian klik save lagi atau enter.
o   Cara menyimpan data yang ke dua dari layar SPSS , langsung saja tekan ctrl+s kemudian nama file dan pilih polder tempat menyimpannya,selanjutnya klik save atau enter.
Sedangkan untuk keluar darinprogram SPSS yaitu :
Klik menu file kemudian klik exit atau tekan tomvol close (X) yang ada dipojok kanan atas jendela program aplikasi.

0 Komentar untuk "CARA MUDAH BELAJAR SPSS 17.0 DAN APLIKASI STATISTIK PENELITIAN"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info