PERANCANGAN APLIKASI DANA PINJAMAN GAPOKTAN

Nama : Iis Upit
NIM : A2.1100032
Kelas : TI-VIB

BAB III
PERANCANGAN APLIKASI  DANA PINJAMAN GAPOKTAN


1. Prosedur.
Adapun yang terlibat di dalamnya diantaranya :
1.      Peminjam/Anggota
Orang yang meminjam dan sekaligus melakukan pembayaran, kemudian menerima laporan konfirmasi pinjaman.
2.      Petugas
Menginput data peminjam, kemudian mencetak data/laporan peminjam.
3.      Ketua
mengkonfirmasi data/laporan pinjaman dari petugas
2. Alur sistem yang sedang berjalan
Alur sistem yang sedang berjalan saat ini yatitu Anggota mendaftar terlebih dahulu kepada petugas untuk melakukan peminjaman uang begitu juga dalam proses pembayaran. Setelah terjadi proses tersebut petugas memberikan laporan kepada ketua sebagai sebagai laporan data keluar. Dan anggota juga mendapatkan laporan konfirmasi pinjaman sebagai barang bukti jumlah pinjaman.

5. DFD Level 1


6. Struktur Menu


 


8. Use Case

Proses aplikasi dalam bentuk usecase yaitu anggota mendaftar terlebih dahulu  kepada petugas untuk melakukan peminjaman uang begitu juga dalam proses pembayaran. Setelah terjadi proses tersebut petugas memberikan laporan kepada ketua sebagai sebagai laporan data keluar. Dan anggota juga mendapatkan laporan konfirmasi pinjaman sebagai barang bukti jumlah pinjaman.

9. Class Diagram


10. Squence Diagram Login Petugas

Proses dari Sequence Diagram Login Petugas yaitu petugas harus memasukan terlebih dahulu nama pengguna dan kata sandi untuk bisa melakukan sesuatu ke proses selanjutnya. Apabila nama pengguna dan kata sandi tidak sesuai, maka petugas tidak akan bisa masuk dan akan menerima pesan “ coba lagi akun yang anda masukan salah”. 

11. Squence Diagram Daftar Anggota

Proses sequence diagram daftar anggota yaitu anggota harus mendaftar terlebih dahulu ke petugas untuk di inputkan dan di kelompokan berdasarkan kelompok pertaniannya

12. Squence Diagram Pinjaman

Proses sequence diagram Pinjaman yaitu anggota harus mendaftar terlebih dahulu ke petugas untuk mendapatkan suatu pinjaman yang diketahui oleh ketua gapoktan. Setelah proses pinjaman sesuai dengan yang ditetapkan, anggota akan mendapatkan pemberitahuan konfirmasi pinjamannya.

13. Squence Daftar Pembayaran

Proses sequence diagram Pembayaran yaitu anggota harus mendaftar ke petugas. Kemudian petugas melakukan cek data pinjaman anggota untuk memastikan jumlah pinjaman yang di pinjam anggota.

14. Activity Diagram Aplikasi

Alur dari proses aktivity diagram anggota memberikan informasi kepada petugas yaitu berupa informasi data anggota apabila belum menjadi anggota, petugas mengcek data sebelum mengentri data untuk  di simpan dan dibuat laporan untuk ketua dan konfirmasi untuk anggota. 

15. Statechart Diagram

Skema Statechart Diagram
1. Calon Anggota melakukan pendaftaran, setelah itu petugas mengecek dan mengentri data. Setelah berhasil di simpan adanya laporan/konfirmasi ke anggota dan ketua gapoktan.
2. Daftar Pinjamn
anggota daftar mengajukan pinjaman ke petugas mengecek data pinjaman. Pinjaman ke anggota berjalan berdasarkan ketentuan. Setelah itu adanya laporan Pinjaman ke anggota dan ketua.
3. Daftar pengembalian
pengembalian pinjaman bisa dilakukan dengan angsuran. Adanya laporan pengembalian ke anggota dan ketua.
























0 Komentar untuk "PERANCANGAN APLIKASI DANA PINJAMAN GAPOKTAN"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info