OPTIMASI SISTEM PERPUSTAKAAN SMPN 2 JATIGEDE


* Optimasi sistem perpustakaan SMPN 2 Jatigede (APSI)

Prosedur berjalan disini, perpustakaan sudah menggunakan sistem. jadi pada saat petugas memasukkan data peminjam. Maka, sistem OLTP akan melakukan verifikasi ke tabel petugas untuk memastikan otoritasnya. Lalu sistem akan melakukan penelusuran apakah peminjam tersebut adalah anggota yang sudah terdaftar atau belum. Jika sudah terdaftar, petugas tinggal memanggil data si peminjam tersebut lalu memasukkan apa saja yang akan dipinjam  dan bila si peminjam tersebut belum terdaftar, maka petugas akan memberikan form pendaftaran. Setelah selesi data pada form tersebut akan dimasukkan kedalam tabel anggota barulah si peminjam boleh melakukan peminjaman.

-          Entitas yang terlibat :
*      Entitas dalam:
-  Petugas perpustakaan: bertugas menjaga perpustakan, menjadi admin.
-  Siswa : peminjam buku, dll
-  Buku/komputer : sebagai alat/objek
*      Entitas luar:
-  Kepala sekolah : yang berwenang akan pengadaan perpustakaan. 

* Tabel IPO 


* DFD 


*  Optimasi sistem perpustakaan SMPN 2 Jatigede (SBO)

                 Optimasi disini adalah dengan memaksimalkan, menambah dan memperbaiki kekurangan dari sistem sebelumnya. dengan menggambil studi kasus tentang optimasi perpustakaan SMP Negri 2 Jatigede. Dimana pengertian perpustakaan sendiri adalah sebagai wadah untuk belajar, tempat untuk mencari informasi buku-buku dan banyak lagi manfaat lainnya.untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut, perpustakaan berbenah seperti dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk mendukung operasional kegiatan perpustakaan dengan menggunakan komputer. Perpustakaan dapat diubah dalam segi penyediaan informasi, pengolahan serta pelayanannya.
Di SMPN 2 Jatigede, perpustakaan sudah menggunakan sistem aplikasi perpustakaan sehingga sudah tertata data-datanya tetapi di sistem tersebut masih mempunyai kekurangan yang harus diperbaiki, seperti:
  1. -    Kesulitan dalam pengolahan pengembalian buku,
  2. - Banyaknya buku yang hilang akibat tidak dikembalikan oleh siswa.
Dengan ditemukannya masalah yang ada, maka solusi yang diusulkan adalah dengan melakukan optimasi sistem perpustakaan.
 
                * Berikut adalah tampilan diagram sistem optimasi perpustakaan menggunakan UML yang terdiri dari Usecase Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, Aktivity Diagram dan  Statechart Diagram. 
Demikian adalah contoh perancangan sistem optimasi perpustakan SMPN 2 Jatigede menggunakan UML, semoga dapat bermanfaat.

Oleh: Faridatul Isfa'iyah
          TI- VI B

0 Komentar untuk "OPTIMASI SISTEM PERPUSTAKAAN SMPN 2 JATIGEDE"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info