Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Laporan Bulanan Berbasis Web Pada PDAM Tirta Medal Sumedang


·        
                        Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Laporan Bulanan Berbasis Web Pada PDAM 
Tirta Medal Sumedang 

           NAMA  : GINI FORESTIANI 
           NIM       : A2.1100168
           KELAS : TI-VI C 
A. Analisis Perancangan Terstruktur



MAKALAH PENGEMBANGAN APLIKASI PENGELOLAAN LAPORAN BULANAN BERBASIS WEB PADA PDAM TIRTA MEDAL SUMEDANG

2.1              Deskripsi Studi Kasus
      sistem pengelolaan yang terjadi di PDAM Tirta Medal Sumedang  ini dinilai kurang efektif dan efisien dikarenakan perwakilan dari kantor cabang harus datang langsung ke kantor pusat untuk menyerahkan laporan bulanan dan laporan masih berupa print out sehingga memakan waktu yang cukup lama, selain itu sering terlambatnya laporan bulanan dari tiap kantor cabang ke kantor pusat. Mengingat arus pengelolaan yang lumayan padat, sedangkan kecepatan dan ketepatan  dalam kinerja adalah faktor yang utama.  Maka pengelolaan secara konvensional tentu kurang dapat diandalkan. Kendala yang dihadapi  yang pertama adalah waktu yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan yang kedua adalah tingkat akurasi atau ketelitian. Oleh karena itu, pada PDAM Tirta Medal Sumedang dibutuhkan suatu aplikasi pengelolaan laporan bulanan terkomputerisasi yang menggantikan pengelolaan laporan bulanan secara konvensional. Aplikasi pengelolaan laporan terkomputerisasi tersebut, diharapkan dapat lebih menyingkat waktu dibandingkan pengelolaan laporan secara konvensional. Di samping itu, aplikasi pengelolaan laporan bulanan ini, juga diharapkan dapat meningkatkan ketelitian dan mempercepat proses pengelolaan laporan.Sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik terhadap kinerja administrasi kantor.




2.2              Prosedur
·         Pelanggan membayar  pemakaian air tiap bulan ke kantor cabang.
·         Data Pelanggan yang telah masuk di input dan dibuatkan laporan bulanan oleh admin kantor cabang.
·         Admin Kantor Cabang membuat laporan bulanan.
·         Admin Kantor Cabang mengunggah laporan bulanan ke web PDAM.
·         Admin Kantor Pusat  menerima laporan bulanan dari admin kantor cabang melalui web PDAM.
·         Admin Kantor Pusat mencetak laporan bulanan dari admin kantor cabang.

2.3              Entitas
Entitas yang terlibat yaitu :
·         Admin Kantor Cabang
-       Memasukan input data pembayaran dari pelanggan.
-       Membuat laporan bulanan dari input data yang telah  dimasukkan.
-       Mengunggah ke dalam web PDAM.
·         Pelanggan : Orang yang menggunakan jasa PDAM dan berkewajiban membayar pemakaian air tiap bulannya ke Kantor Cabang.
·         Admin Kantor Pusat menerima laporan bulanan dari admin kantor cabang yang telah di unggah oleh admin kantor cabang.

Semua entitas yang terlibat merupakan lingkungan dalam dari PDAM Tirta Medal Sumedang.


2.1              Input, Proses dan Output
Berikut merupakan tabel IPOnya :



2.1              Diagram Konteks

Gambar 2.5 Diagram Konteks

Website PDAM Tirta Medal menerima lima input dari admin kantor cabang berupa data admin kantor cabang, data teknik, data produksi, bukti pembayaran, dan hak akses. Adapun output sistem yang diberikan pada admin terdiri dari dua output, yaitu hak akses dan bukti pembayaran. Input dari pelanggan berupa data pelanggan, sedangkan output untuk pelanggan yaitu bukti pembayaran. Input dari admin kantor pusat terdiri dari dua, yaitu hak akses dan data admin kantor pusat, sedangkan output untuk admin kantor pusat yaitu dan hak akses dan laporan bulanan .

2.1              DFD Level 1
Data flow diagram website yang diusulkan untuk pengembangan sistem yang akan dirancang dengan mengacu kepada diagram konteks atau merupakan pengembangan dari diagram konteks atau bisa juga disebut sebagai turunan dari diagram konteks.
 


Gambar 2.6 Data flow diagram level 1

DFD level 1 menjelaskan bahwa terdapat dua admin yang terlibat dalam website PDAM yakni admin kantor cabang dan admin kantor pusat yang keduanya memiliki hak akses masing-masing, hak akses tersebut merupakan output dari DBS login. Admin kantor cabang bertugas untuk menginput semua data yang disimpan DBS transaksi pembayaran, sedangkan admin kantor pusat menerima output berupa laporan bulanan yang telah diinput oleh admin kantor cabang yang kemudian diproses dalam unduh laporan bulanan. Sedangkan pelanggan yang bertugas mengirimkan data pelanggan yang akan disimpan di DBS data pelanggan menerima output berupa bukti transaksi dari transaksi pembayaran.

2.1              Struktur Menu
Struktur menu website dibuat sederhana agar setiap pemakai dapat menggunakannya tanpa kesulitan. Struktur menu ini yang mengharuskan pemakai website memulai aktifitasnya dari halaman log in. Untuk lebih jelasnya tentang bentuk rancangan menu dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
 


Gambar 2.7 Struktur Menu

       Dalam struktur menu ini terdapat menu log in untuk kemudian selanjutnya masuk ke halaman utama yang terdiri dari beberapa menu yaitu beranda, input data, download data dan menu log out, terdapat beberapa sub menu dalam input data yaitu bukti pembayaran, data teknik, data produksi, dan data pelanggan, dan dalam download data terdapat sub menu laporan bulanan.
2.1              Perancangan Layar
2.8.1             Perancangan Layar Menu Log in
      Halaman login merupakan awal dari admin, baik itu admin kantor cabang maupun kantor pusat yang sama – sama memiliki hak akses dan juga memiliki peran masing-masing dalam web ini. Admin kantor cabang berperan dalam  mengelola data-data untuk diunggah ke dalam web, sedangkan admin kantor pusat berperan dalam pemeriksaan data yang telah dikirimkan oleh admin kantor cabang untuk selanjutnya data maupun laporan bulanan tersebut diunduh oleh admin kantor pusat.

Gambar 2.8.1 Perancangan Layar Menu Log in 

2.8.1             Perancangan Layar Menu Utama (Beranda)
Dalam perancangan halaman utama (Beranda) ini menampilkan sejarah singkat dan lokasi dari PDAM Tirta Medal yang berada di kota Sumedang:
 
 
Gambar 2.8.2 Perancangan Layar Menu Utama (Beranda)

2.8.1             Perancangan Layar Bukti Pembayaran
Dalam menu input data berikut terdiri dari empat sub menu yakni Bukti Pembayaran, Data Teknik, Data Produksi, Dan Data Pelanggan. Berikut ini sub menu Bukti Pembayaran yang menampilkan data transaksi admin dengan pelanggan :
           Gambar 2.8.3 Perancangan Layar Input Data (Bukti Pembayaran)
2.8.1             Perancangan Layar Data Teknik
Berikut ini sub menu data teknik yang berisi file yang diunggah oleh admin kantor cabang untuk selanjutnya diterima oleh admin kantor pusat :
Gambar 2.8.4 Perancangan Layar Input Data (Data Teknik)
 
2.8.1             Perancangan Layar Data Produksi

 Berikut ini sub menu data produksi yang berisi file yang diunggah oleh admin kantor cabang untuk selanjutnya diterima oleh admin kantor pusat :
 
Gambar 2.8.5 Perancangan Layar Input Data (Data Produksi)

2.8.1             Perancangan Layar Data Pelanggan
Berikut ini sub menu data pelanggan yang berisi file data pelanggan oleh admin kantor cabang yang didapat dari pelanggan PDAM Tirta Medal untuk selanjutnya diterima oleh admin kantor pusat :
Gambar 2.8.6 Perancangan Layar Input Data (Data Pelanggan)
2.8.1             Perancangan Layar Laporan Bulanan
Dalam menu Download Data (Laporan Bulanan) berisi file – file laporan bulanan yang telah dikirim oleh admin kantor cabang untuk selanjutnya diunduh oleh admin kantor pusat untuk kemudian admin kantor pusat memeriksa laporan – laporan bulanan tersebut  :
 
Gambar 2.8.7 Perancangan Layar Download Data (Laporan Bulanan)

2.8.1           Perancangan Layar Menu Log Out
Menu log out merupakan menu terakhir  untuk kembali ke halaman awal yakni menu log in :
 
Gambar 2.8.8 Perancangan Layar Menu Log out

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN


3.1              Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk mendukung kegiatan laporan bulanan di PDAM Tirta Medal Sumedang, maka dibutuhkan suatu teknik pengelolaan laporan yang cepat, efektif dan efisien dengan membuat suatu cara kerja atau model laporan secara komputerisasi yang mampu membantu mempercepat proses laporan bulanan yang memiliki tingkat akurasi atau ketelitian yang tinggi. Model laporan tersebut adalah berupa aplikasi laporan bulanan berbasis web. Dengan tersedianya aplikasi laporan bulanan berbasis web dapat memudahkan dan mengefektifkan waktu pengiriman laporan bulanan dari kantor cabang ke kantor pusat sehingga dapat meminimalisir terjadinya keterlambatan dalam pengiriman laporan seperti saat pengiriman laporan yang masih berbentuk print out.

3.2              Saran
Didalam perancangan aplikasi laporan bulanan berbasis web ini penulis memiliki beberapa saran untuk selanjutnya dapat lebih bermanfaat  dalam mendukung kegiatan kerja pada PDAM Tirta Medal Sumedang, yaitu :
1.       Bentuk dan skema operasional aplikasi tidak hanya upload ataupun unduh file saja, tetapi dapat juga ditambah beberapa input data perusahaan dan download info terbaru perusahaan dari kantor pusat kepada kantor cabang.
2.      Aplikasi laporan bulanan ini perlu dikembangkan menu aplikasinyaagar tidak hanya untuk laporan bulanan saja, tetapi di tambah seperti menu  tentang informasi perusahaan, dokum entasi kegiatan perusahaaan dan lainnya sehingga bisa lebih baik lagi.
3.      Untuk selanjutnya dapat dikembangkan kembali tidak hanya admin kantor cabang dan admin kantor pusat yang dapat mengakses website PDAM Tirta Medal Sumedang  ini namun dapat juga diakses oleh para Pelanggan.

DAFTAR PUSTAKA
Ramdhani, Muhamad. 2012. “Aplikasi Pengelolaan Laporan Bulanan Berbasis Web Pada PDAM Tirta Medal Sumedang”.  Program Sarjana. Sekolah Tinggi Manajemen  Informatika dan Komputer. Sumedang.




 B. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek


APLIKASI PENGELOLAAN LAPORAN BULANAN BERBASIS WEB PADA PDAM TIRTA MEDAL SUMEDANG




Ø Pelanggan Melakukan Transaksi Pembayaran air dengan admin kantor cabang yang kemudian memberikan bukti pembayaran kepada pelanggan.
Ø Admin kantor cabang melakukan log in yang kemudian bertugas menginput data- data yang diantaranya : data terknik, data pelanggan, data produksi dan bukti pembayaran, setelah itu data-data tersebut dibuatkan laporan bulanan yang kemudian diupload di website laporan bulanan PDAM dan selain itu admin kantor cabang memback up data.
Ø Admin Kantor Pusat melakukan log in dan mengunduh laporan bulanan yang telah diupload oleh admin kantor cabang.

Ket : Dalam Input Data ada beberapa data yang termasuk didalamnya, yaitu : Data Pelanggan, Bukti Pembayaran, Data Teknik, Data Produksi.
Berikut ini fungsi aktor yang telah di terapkan dalam Use Case Diagram :
   Gambar 1 : usecase diagram

Selanjutnya gambar Class Diagram dari sistem :
Pada class diagram admin kantor cabang melakukan log in yang kemudian akan diberi hak akses untuk manage data bukti pembayaran, data teknik, data produksi, data pelanggan, membuat laporan bulanan. selanjutnya admin kantor pusat melakukan log in yang kemudian diberi hak akses untuk melihat atau mengunduh laporan bulanan, pelanggan tidak melakukan log in karena hanya melakukan transaksi pembayaran air dengan admin kantor cabang. 

 Gambar 2 :class diagram
 Selanjutnya gambar Activity Diagram dari sistem :

Penggambaran  rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga dapat juga digunakan untuk aktifitas lainnya . seperti  di dalam aktivity diagram ini adalah suatu diagram untuk aktivitas antara pengguna denga sisttem itu sendiri, seperti halnya admin melakukan login yang ada di bawah ini admin melakukan login dengan memasukan username dan password, bagian sistem merequest ke data base sedangkan database mengeksekusi data yang di masukan tersebut apakah username  dan password tersebut sudah terdaftar, jika sudah  masuk ke halaman utama jika tidak maka akan tampil ke bagian form untuk memasukan login. Maka jika proses itu sudah dijalan kan maka hal apa-apa saja ingin dilakukan akan berjalan seperti mestinya seperti  Admin kantor cabang melakukan log in yang kemudian akan diberi hak akses seperti menginput data teknik, data produksi, data pelanggan dan bukti pembayaran, dan kemudian membuatkan laporan bulanan untuk selanjutnya diunggah ke dalam website laporan bulanan PDAM. Pelanggan tidak perlu melakukan log in karena pelanggan hanya melakukan transaksi pembayaran dengan admin kantor cabang. Admin kantor pusat melakukan log in yang selanjutnya diberi hak akses untuk mengunduh atau melihat laporan bulanan yang telah diunggah oleh admin kantor cabang.
 Gambar 3 : activity diagram (bukti pembayaran)

 Gambar  4: activity diagram (data pelanggan)
 Gambar 5 : activity diagram (data produksi)

 Gambar 6 : activity diagram (data teknik)
  Gambar 7 : activity diagram (laporan bulanan)
 Gambar 8 : activity diagram (transaksi pembayaran)

 Selanjutnya gambar Sequence Diagram dari sistem :
  Gambar 9 : squence diagram (admin kantor pusat)
  Gambar 10 : activity diagram (admin kantor cabang)
 Selanjutnya gambar StateChart Diagram dari sistem :

Statechart diagram menunjukkan siklus hidup dari obyek tunggal, dari saat dibuat sampai obyek tersebut dihapus. Diagram ini adalah cara tepat untuk memodelkan perilaku dinamis sebuah kelas. Statechart diagram tidak dibuat untuk setiap kelas, bahkan kadang-kadang untuk suatu proyek system informasi tidak menggunakan sama sekali. Untuk menentukan apakah sebuah kelas mempunyai perilaku dinamis yang signifikan, dilakukan dengan memperhatikan dua hal, yaitu attribute dan relasi.
  Gambar 11 : statechart diagram (admin kantor cabang)

  Gambar 12 : statechart diagram (lanjutan admin kantor cabang)
  Gambar 13 : statechart diagram (admin kantor pusat)



0 Komentar untuk "Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Laporan Bulanan Berbasis Web Pada PDAM Tirta Medal Sumedang"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info