PENJUALAN TIKET PESAWAT ONLINE " ( YOGI SUGIANTO A2.1100189 TI- VI D )



Nama : yogi sugianto
kelas : TI VI D
Nim: A2.1100189

PENJUALAN TIKET PESAWAT ONLINE
Latar Belakang
Dengan dikeluarkannya WAP 1.0 (sekarang telah dikeluarkan pula WAP 2.0) oleh W@PForum[10], banyak pengembang aplikasi yang membuat aplikasi-aplikasi berbasis WAP, mulai dari aplikasi yang menyediakan informasi, aplikasi yang memungkinkan pengiriman pesan (W@Pmail), dan bahkan aplikasi yang memungkinkan terjadinya transaksi (booking, jual-beli, lelang, dan sebagainya). Saat ini di Indonesia pelayanan jasa via ponsel belum banyak dikembangkan. Salah satu pelayanan jasa yang dapat dikembangkan adalah sistem pelayanan tiket penerbangan melalui WAP. Sistem yang dapat memberikan informasi jadwal penerbangan dan sekaligus dapat melayani pemesanan tiket akan sangat bermanfaat bagi calon penumpang yang biasanya berasal dari kalangan eksekutif atau pelaku bisnis. Kalangan ini terkenal sangat sibuk, tidak mempunyai banyak waktu namun selalu membutuhkan informasi yang aktual dan memiliki mobilitas yang tinggi. Oleh karena itu sistem pelayanan tiket penerbangan melalui WAP diharapkan dapat meringankan calon penumpang sehingga tidak harus memesan secara langsung ke bandara ataupun agen penjualan tiket, melainkan cukup memesan tiket melalui ponselnya.


Rumusan Masalah
Dengan Melakukan Kegiantan Bisnis secara online melalui Internet, Suatu agen dapat menjangkau pelanggannya di berbagai plosok negri bahkan di berbagai  dunia sekalipun. Website menyediakan kemampuan untuk menawarkan informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya, termasuk melakukan transaksi pemesanan tiket secara online. Selanjutnya perumusan masalah dapat dirumuskandalam pertanyaan sebagai berikut :
1.      Bagaimana membuat suatu sistem informasi pemesanan tiket pesawat berbasis web ?
 Tujuan
Berdasarkan permasalahan yang diteliti, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.      Mengefisienkan waktu dan biaya bagi masyarakat yang akan melakukan pemesanan tiket serta lebih memudahkan, lebih praktis dan lebih cepatdalam melakukan pemesanannya.
2.      Memberikan informasi bagi masyarakat yang akan melakukan perjalananmenggunakan pesawat terbang, baik informasi mengenai pesawatnya, jadwal penerbangan sampai harga yang di tawarkannya.





SISTEM BERORIENTASI OBJEK(SBO)
Brikut adalah penjelas dari sistem yang digambarkan dalam beberapa diagram. Pada penjelasan diagram ini, merupakan penjelasan beberapa proses secara intinya.


v  USE CASE DIAGRAM
v  Usecase diagram merupakan gambaran dari fungsi fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga user atau pengguna dapat memahami dan mengerti dari sistem yang akan dibangun.

Dari Usecase diatas dapat dilihat aktor-aktor yang terlibat dengan sistem dan aktor-aktor yang tidak terlibat secara langsung dengan sistem namun mendukung dalam kinerja sistem.


v  USE CASE DIAGRAM
v  Class diagram merupakan suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan struktur dari sebuah sistem, sistem tersebut akan menampilkan system class, atribut dan hubungan antara kelas ketika suatu sistem telah selesai membuat diagram. Berikut class diagramnya:





Penjelasan:
Dari Diagram class diatas dapat dilihat hubungan dari masing-masing kelas dan kelas baru yang terlibat didalamnya. Pada kelas ini terdapat beberapa actor yang menghasilkan beberapa class pertama admin melakukan login  dan di dalam login tersebut terdapat username dan password untuk memasuki sistem sehingga  dapat mengolah data dan membuat laporan.


v  SQUENCE DIAGRAM
v  Sequence diagram adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan interaksi-interaksi antar objek di dalam sistem yang disusun pada sebuah urutan atau rangkaian waktu.
Sequence Diagram digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai sebuah respon dari suatu kejadian/even untuk menghasilkan output tertentu. Sequence Diagram diawali dari apa yang me-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.












v  ACTIVITY DIAGRAM
Diagram ini menjelaskan bagaimana aktifitas yang dilakukan dari para aktor yang terlibat dalam sistem yang berjalan. Berikut activity diagramnya

Penjelasan :
Pertama admin  melakukan login kemudian memasukkan username dan password. Kemudian sistem melekukan request, apabila username dan password yang kita masukkan salah maka akan muncul pesan konfirmasi bahwa username dan password salah. Dan apabila username dan password benar maka akan muncul form selanjutnya yaitu form menu utama

v  STATECHART DIAGRAM
v  Statechart diagram digunakan untuk memodelkan behavior/methode (lifecycle) sebuah kelas atau object, Memperlihatkan urutan kejadian sesaat (state) yang dilalui sebuah object, transisi dari sebuah state ke state lainnya. Berikut adalah gambar Statechart Diagramnya:



Penjelasan:
            Pada saat akan masuk ke dalam sistem hal pertama yang dilakukan yaitu login kemudian memasukkan username dan password. Apabila username dan password yang kita masukkan salah maka akan muncul pesan konfirmasi bahwa username dan password salah. Dan apabila username dan password benar maka akan muncul form menu utama lalu form surat dimana di dalam form surat tersebut terdapat data surat masuk dan data

0 Komentar untuk "PENJUALAN TIKET PESAWAT ONLINE " ( YOGI SUGIANTO A2.1100189 TI- VI D )"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info