Perancangan Sistem Aplikasi Penggajian Perusahaan Opak Oded (dengan menggunakan keakuratan sistem pengabsenan Sidik Jari)

Penulis : Fitri Yulia 
Kelas : TI - VIA
STMIK - SUMEDANG


  • Deskripsi Dalam perancangan system ini diharapkan untuk mempermudah perusahaan dalam penggajian yang bertugas mencatat dan memproses data yang digunakan untuk membayar pegawai atas layanan yang mereka/pegawai  berikan pada perusahaan. Dalam perkembangan jaman sekarang technology sangatlah penting , sudah banyak peruasahaan yang melakukan pengolahan data dengan bantuan computer karena  praktis , efisien dan akurat denga menggunakan pengabsenan kehahadiran sidik jari.
Dalam Aplikasi ini terdapat 3 Entitas yaitu :

a.       Admin
Merupakan seseorang yang mengatur system ini berjalan dan menjadi operator aplikasi penggajian ini.
b.      Pegawai
Merupakan seseorang yang memberikan jasa kepada perusahaan kemudian jasanya dibayar dengan upah kerja (uang).
c.       Pemilik
Merupakan seseorang yang bertugas hanya untuk melihat laporan perusahaanya dari admin.

Perancangan Sistem
1.        Use Case Diagram
Gambar 2.1 Use Case Diagram
i.                    Use Case Diagram
Use Case Diagram adalah untuk menampilkan interaksi actor dengan system, dimana actor merupakan entitas dalam system atau seseorang yang terlibat dalam aplikasi penggajian yang berinteraksi dengan system yang dibangun.

 2.        Activity Diagram
  1. Activity Diagram Admin
Gambar 2.2 Activity Diagram Admin
  1. Activity Diagram Admin
Pada Activity Diagram Admin ini, user memulainya dengan menginputkan Username dan Password pada form login admin, kemudian system akan melakukan pengecekan atau validasi  pada database. Apabila username dan password salah maka system akan meberikan pemberitahuan pada user bahwa username atau sandi salah, dan apabila username dan password benar maka akan masuk pada menu utama, kemudian user dapat memilih menu dan memproses sub menu yang ada di system. Admin dapat mengakhiri system pada menu utama, pilih menu dan sub menu.

  1. Activity Diagram Pegawai 
Gambar 2.3 Activity Diagram Pegawai 
ii.                  Activity Diagram Pegawai
Pada Activity Diagram Pegawai ini, user memulainya dengan menempelkan sidik jari pada alat pengabsenan sidik jari, kemudian system akan mengakses sidik jari pada database, kemudian melakukan validasi dan memberikan konfirmasi. Apabila data sidik jari tidak ditemukan di database maka system akan memunculkan pemberitahuan pada user, bahwa data tidak ditemukan atau sidik jari tidak sesuai. Dan apabila data cocok maka akan langsung masuk pada form pengabsenan, dan proses selesai.

  1. Activity Diagram Pemilik 
Gambar 2.4 Activity Diagram Pemilik
iii.                Activity Diagram Pemilik
Pada Activity Diagram Pemilik ini, user memulainya dengan menginputkan Username dan Password pada form login admin, kemudian system akan melakukan pengecekan atau validasi  pada database. Apabila username dan password salah maka system akan meberikan pemberitahuan pada user bahwa username atau sandi salah, dan apabila username dan password benar maka akan masuk pada menu laporan dan memilih sub menu atau jenis laporan yang akan ditampilkan, kemudian proses selesai.

3. Sequence Diagram

  1. Login User
Gambar 2.5 Sequence Diagram Login User
            Admin melakukan ogin dengan menginputkan username dan password, kemudian dilakukan validasi atau pengecekan pada data user atau database, jika username dan password salah, maka akan muncul pemberitahuan eror dan kembali ke form login, jika username dan password benar maka admin dapat masuk ke menu utama.

  1. Golongan Gaji Pegawai
Gambar 2.5 Sequence Diagram Pegawai
Setelah berhasil Login ke aplikasi, admin kemudian masuk ke menu utam dan memilih form golongan gaji, pada form ini admin dapat melakukan penambahan, perubahan, dan penghapusan data golongan gaji. Setelah selesai dengan prosesnya maa admi dapat kembali ke form menu utama.

  1. Data Pegawai
Gambar 2.7 Sequence Diagram Data Pegawai
Setelah berhasil Login ke aplikasi, admin kemudian masuk ke menu utam dan memilih form data pegawai, pada form ini admin dapat melakukan penambahan, perubahan, dan penghapusan data pegawai. Setelah selesai dengan prosesnya maa admi dapat kembali ke form menu utama.

  1. Data Absen Pegawai
Gambar 2.8 Sequence Data Absen Pegawai
Setelah berhasil login, user masuk ke menu utama kemudian pilih from data pegawai dan lihat data pegawai, kemudian kembali pada menu utama.

  1. Penggajian
Gambaar 2.9 Sequence Diagram Penggajian
Setelah berhasil login, user masuk ke menu utama , kemudian admin memilih menu penggajian dan melihat kehadiran pegawai yang ada pada database absen  serta golongan gaji pegawai, setelah datadipilih maka data disimpan ke database penggajian  dan data akan ditampilkan oleh system kepada admin. Admin juga dapat melakukan cetak slip gaji untuk pegawai, kemudian admin dapat kembal kemenu utama.

  1. Registrasi Pegawai
Gambaar 2.10 Sequence Diagram Registrasi Pegawai
            Untuk memulainya pegawai harus mengisi registrasi dulu, masuk ke form login kemudian mengisi biodata pegawai, kemudian masuk ke data user dan data tersimpan, kemudian muncul d form login untuk mengkonfirmasi data. Lalu user harus membuka konfirmasi di system untuk mendapatkan username dan password, setelah mendapatkannya user masuk kembali ke form login dan inputkan username dan password untuk bisa masuk ke system. Apabila username dan passwordnya salah maka dari data user akan kembali lagi ke form login pemberitahuan bahwa login gagal, akan tetapi apabila username da passwordnya benar maka user dapat menampilkan menu utama untuk pegawai.

  1. Absen sidik Jari
Gambar 2.11 Sequence Diagram Absen Sidik Jari
      User memulainya dengan menempelkan sidik jari pada alat pengabsenan sidik jari, kemudian system akan mengakses sidik jari pada database, kemudian melakukan validasi dan memberikan konfirmasi. Apabila data sidik jari tidak ditemukan di database maka system akan memunculkan pemberitahuan pada user, bahwa data tidak ditemukan atau sidik jari tidak sesuai. Dan apabila data cocok maka akan langsung masuk pada form pengabsenan, dan menampilkan pesan pemberitahuan bahwa pengabsenan berhasil.

  1. Laporan
Gambar 2.12 Sequence Diagram Laporan
Setelah berhasil login ke system, user masuk ke menu utama lalu pilih form laporan lalu memilih laporan penggajian. Pemilik kemudian melakukan validasi ke database dan laporan penggajian akan tampil, pemilik jugan dapat mencetak laporan data pegawai kedalam bentuk hard copy, cara kerja ini juga berlaku untuk laporan absensi dan laporan data pegawai, kemudian pemilik dapat kembali ke menu utama.

 4.        Statechart Diagram
  1. Data Pegawai
Gambar 2.13 Statechart Data Pegawai
Admin melakukan login di form login, jika user name dan password tidak sesuai maka system akan kembali lagi ke form login, dan jika user name dan password benar admin kemudian masuk ke form utama dan memilih form data pegawai, pada form ini admin dapat melakukan penambahan, perubahan, penghapusan, dan melihat data pegawai. Apabila kita akan mencari data pegawai maka user dapat mencarinya berdasarkan nama pegawai. Setelah selesai dengan prosesnya maka admin dapat mengakhirinya.

  1. Absen Data Pegawai
Gambar 2.13 Statechart Data Aben Pegawai
            Admin melakukan login di form login, jika user name dan password tidak sesuai maka system akan kembali lagi ke form login, dan jika user name dan password benar admin kemudian masuk ke form admin dan memilih form data absen pegawai. Pada form ini admin dapat melihat, mencetak dan membatalkan proses. Kemudian admin dapat menyelesaikannya.

  1. Golongan Pegawai
Gambar 2.14 Statechart Golongan Gaji Pegawai
            Admin melakukan login di form login, jika user name dan password tidak sesuai maka system akan kembali lagi ke form login, dan jika user name dan password benar admin kemudian masuk ke form admin dan memilih form golongan gaji, pada form ini admin dapat melakukan penambahan, perubahan, penghapusan, dan melihat golongan pegawai dan proses selesai.

  1. Penggajian
Gambar 2.15 Statechart Penggajian
            Admin melakukan login di form login, jika user name dan password tidak sesuai maka system akan kembali lagi ke form login, dan jika user name dan password benar admin kemudian masuk ke form pegawai dan memilih form penggajian, pada form ini admin dapat menjumlahkan dan menyimpan jumlah total gaji tiap pegawai dan proses selesai.

  1. Absen Sidik Jari
Gambar 2.16 Statechart Absen Sidik Jari
            Pegawai melakukan login di form login, jika user name dan password tidak sesuai maka system akan kembali lagi ke form login, dan jika user name dan password benar admin kemudian masuk ke form pegawai dan memilih Absen sidik jari, setelah pengabsenan berhasil data akan disave di database dan pegawai dapat mengakhiri proses.

  1. Laporan
Gambar 2.17 Statechart Laporan
            Pemilik melakukan login di form login, jika user name dan password tidak sesuai maka system akan kembali lagi ke form login, dan jika user name dan password benar admin kemudian masuk ke form pemilik dan memilih form  Laporan, user dapat melihat, mencetak Laporan dan membatalkan proses.

  1. Area Admin
Gambar 2.18 Statechart Area admin
            Admin melakukan login di form login, jika user name dan password tidak sesuai maka system akan kembali lagi ke form login, dan jika user name dan password benar admin kemudian masuk ke form admin dan semua proses yang dilakukan oleh admin akan di simpan dalam database.

5.      Class Diagram

Gambar 2.19 Class Diagram
            User setelah melakukan login, bisa mengakses form pada aplikasi. Setiap form memiliki relasi antar satu dengan yang lainya untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan.


**Semoga bermanfaat :)







0 Komentar untuk "Perancangan Sistem Aplikasi Penggajian Perusahaan Opak Oded (dengan menggunakan keakuratan sistem pengabsenan Sidik Jari)"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info