SISTEM APLIKASI REKAM MEDIS PADA PUSKESMAS TANJUNGSIANG


SRI SULASTRI 
TI 6A
STMIK SUMEDANG

Sistem Aplikasi Rekam Medis Pada Puskesmas Tanjungsiang
Dalam Sistem aplikasi rekam medis terdapat beberapa aktor yaitu pasien, dokter, petugas,dan kepala puskesmas. Tetapi yang berhubungan langsung dengan sistem yaitu petugas dan dokter. berikut penjelasan tugas dari setiap aktor.
a.       Pasien       : Berperan sebagai pemilik data yang d input
b.      Petugas    : yang berhubungan langsung dengan sistem dimana tugas dari seorang petugas ini yaitu mengolah data pasien dan membuat laporan untuk nantinya diperlihatkan kepada kepala puskesmas.
c.       Dokter    : Dokter juga berperan langsung dalam sistem dimana dokter melakukan pemeriksaan dan rekam medis pada pasien.
d.      Kepala puskesmas: kepala puskesmas harus login kedalam sistem untuk melihat laporan data pasien baik itu pertanggal ataupun perperiode.Berikut  Use Case Diagramnya :

1.      UseCase Diagram

            Deskripsi dari use case di atas yaitu pasien melakukan registrasi  kemudian petugas melakukan login dengan mencantumkan nama dan password pada form login kemudian menginputkan data pasien dan memebuat laporan yang nanti nya akan diserahkan kepada kepala puskesmas. Dan disini dokter berperan sebagai pemeriksa pasien juga yang memebuat rekam medis. Lalu kepala puskesmas hanya melihat laporan yang dibuat petugas tetapi harus login terlebh dahulu ke sistem.

2.      Class Diagram

Sudah dijelaskan sebelumnya pada use case diagram sebelum masuk ke dalam sistem/ aplikasi maka terlebih dahulu aktor yang berperan langsung dengan sistem terlebih dahulu harus login, pada diagram class terdapat atribut masing-masing aktor dan operasi yang dilakukannya.

3.      Activity Diagram
Activity diagram  merupakan representasi grafis dari seluruh tahapan alur kerja. Diagram ini mengandung aktivitas, pilihan tindakan, perulangan dan hasil dari aktivitas tersebut. Pada pemodelan UML, diagram ini dapat digunakan untuk menjelaskan proses bisnis dan alur kerja operasional secara langkah demi langkah dari komponen suatu sistem.

Gambar : Activity diagram login petugas

Gambar : Activity diagram input data pasien

Gambar : Activity diagram input laporan


Gambar : Activity diagram dokter

Gambar : Activity diagram lihat laporan


4.      Diagram Sequence

Diagram sequence yang merupakan diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri antar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).
Gambar : Sequence login petugas


Gambar : Squence input data pasien


Gambar : Sequence laporan


Gambar : Sequence dokter


Gambar : Sequence kepala puskesmas

5.      Stechart Diagram
statechart diagram merupakan model perilaku yang dinamis dari class secara individual maupun beberapa bentuk dari obyek. Semua itu menunjukkan deretan dari state yang dilakukan obyek melalui event yang menyebabkan sebuah transisi dari satu ke aktifitas yang lain, dan beberapa aksi yang menghasilkan dari satu state atau aktifitas yang berubah. 
Gambar : Statechart rekam medis


Gambar : Statechart laporan
0 Komentar untuk "SISTEM APLIKASI REKAM MEDIS PADA PUSKESMAS TANJUNGSIANG"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info