Perancangan Sistem Pembayaran Food Court Menggunakan Top Up Card

Nama : Fitri Wulandari (A2.1100116)
Kelas : TI VI-B
STMIK SUMEDANG



  • Deskripsi
Food  Court  adalah  suatu  daerah  yang  berdekatan  atau dikelilingi  dengan  berbagai  konter  berjualan  makanan, dengan berbagai macam pilihan makanan dan minuman yang beranekaragam. Sistem pembayaran di beberapa Food  Court  umumnya masih secara tunai, disini penulis akan mencoba merancang Top Up Card untuk pembayaran di Food  Court. Sistem pembayaran Top Up Card yaitu sistem pembayaran yang berbasis isi saldo dan tidak usah menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya.

  • Prosedur
Prosedur yang berjalan sistem pembayaran food court menggunakan uang tunai adalah sebagai berikut:
1.      Konsumen memesan makanan atau minuman kepada penjaga konter makanan,
2.      Kemudian penjaga konter makanan menuliskan pesanan konsumen pada nota dan memberikan nota tersebut kepada konsumen,
3.      Lalu konsumen melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan uang tunai di kasir. 

   Sebenarnya proses transaksi pembayaran yang berjalan di Food Court seperti ini sudah berjalan cukup baik, hanya masih sering terdapat beberapa kekurangan, yaitu ketidaktepatan kasir dalam memberi uang kembalian kepada konsumen yang sangat membutuhkan ketelitian yang tinggi, dan menimbulkan antrian yang cukup panjang ketika konsumen sedang penuh. Pada sistem pembayaran dengan uang tunai, konsumen harus selalu membawa uang tunai untuk bertransaksi di Food Court, sedangkan untuk perancangan sistem pembayaran Food Court menggunakan Top Up Card ini, konsumen tidak harus selalu membawa uang tunai untuk bertransaksi.

  • Entitas
1.  Kasir Top Up Card yaitu kasir yang berperan dalam pembuatan Top Up Card, pengecekan saldo konsumen, menambahkan saldo sesuai pesanan konsumen, dan menguangkan kembali saldo konsumen (redeem saldo)
2.  Kasir yaitu kasir yang menginputkan pesanan konsumen, menjumlahkan total bayar pesanan konsumen dan mengurangi saldo konsumen sesuai total bayar jumlah pesanan dengan cara menyorotkan Top  Up Card  ke mesin Card Reader.
3.    Petugas Konter Makanan yaitu orang yang mencatat pesanan konsumen di nota
4.    Konsumen yaitu orang yang melakukan transaksi di Food Court.

  •  Tabel Keputusan
Berikut Tabel Input Proses Output (IPO) dari Perancangan Pembayaran Food Court Menggunakan Top Up Card.







  •   Diagram Konteks
Dengan pembuatan suatu diagram konteks dari aplikasi, struktur pendekatan ini menggambarkan sistem secara garis besar yang kemudian akan dipecah menjadi bagian-bagian lebih rinci.
Gambar berikut ini adalah konteks dari perancangan pembayaran food court menggunakan top up card.

 


  • DFD
Pada proses level-0 terdiri dari beberapa proses yaitu pengcekan saldo, pengisian saldo, pencatatan pesanan, penjumlahan pesanan (pembayaran). Pada level-0, proses-proses diatas dikelompokan menjadi 4 (empat).
Ke-empat proses diatas dapat digambarkan sebagai berikut:



  • Struktur Menu
         

 
  • Diagram UML 
          1. Usecase Diagram
              
  
 
Penjelasan dari use case diagram diatas adalah sebagai berikut:
Kasir Top Up Card login terlebih dahulu ke form pembuatan Top Up Card dengan memasukkan username dan password yang valid, setelah itu kasir Top Up Card melakukan pengecekan saldo konsumen, apabila konsumen ingin menambahkan saldo, maka kasir Top Up Card akan menambahkan saldo sesuai yang diinginkan dan telah dibayar oleh konsumen, setelah Top Up Card terisi saldo maka kasir Top Up Card akan melakukan pengecekkan kembali saldo konsumen.
Konsumen yang belum memiliki Top Up Card mendaftar terlebih dahulu kepada kasir Top Up Card, untuk yang sudah memiliki Top Up Card maka hanya tinggal mengisi saldo di kasir Top Up Card. Kemudian konsumen memesan menu dan petugas konter makanan mencatat pesanan konsumen di nota yang kemudian akan diberikan kepada kasir oleh konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran.
Kasir akan menginputkan pesanan konsumen sesuai dengan yang tertera di nota, setelah itu, kasir akan menjumlahkan total bayar pesanan. Konsu men memberikan Top Up Card nya kepada kasir untuk transaksi, kasir akan mengurangi saldo yang ada di dalam Top Up Card konsumen untuk melunasi total bayar pesanan. Setelah saldo dikurangi, kasir akan mengecek ulang saldo konsumen.
Kemudian kasir mencetak bukti transaksi pembayaran yang nantinya akan diberikan kepada petugas konter makanan oleh konsumen untuk mengambil pesanan. Petugas konter makanan mencocokkan bukti transaksi pembayaran dengan nota pesanan, apabila cocok, maka petugas konter makanan akan memberikan pesanan konsumen.


2. Class Diagram
    



3. Activity Diagram
     











  
 
 
 
          4. Sequence Diagram

             







     5. Statechart Diagram
 
        








0 Komentar untuk "Perancangan Sistem Pembayaran Food Court Menggunakan Top Up Card"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info