Perancangan Sistem Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Secara online

Perancangan Sistem Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Secara online 
Nikki Bagus Nusa -STMIK SUMEDANG
TI-6A
A2.1100007




Pendaftaran Pasien Rumah Sakit secara online adalah sistem pendaftaran pasien yang dilakukan dengan bantuan koneksi dari internet yang dimaksud untuk memudahkan para pasien yang akan melakukan rawat jalan di RSUD Sumedang. Dengan adanya sistem ini akan memudahkan para calon pasien dalam proses pendaftaran dan mengetahui terlebih dahulu pengelompokan jam praktek dokter yang berjaga pada hari tertentu.

  •       Tujuan

Membuat Sistem aplikasi data pasien pada rumah sakit secara terintegrasi  serta mengotomatisasi pengolahan database untuk memudahkan dalam pelayanan informasi dan layanan penjadwalan konsultasi yang dibutuhkan oleh pasien, sehingga pengaksesan informasi dan penjadwalan konsultasi lebih efisien dan fleksible, 

  •        Definisi Actor

Pada aplikasi yang akan dibangun, terdapat dua actor yang terlibat langsung dalam penggunaan Aplikasi ini yaitu Petugas Rumah Sakit dan Pasien. Berikut merupakan penjelasan dari proses dilakukan oleh Petugas Rumah Sakit dan Pasien.



No
Actor
Hak Akses




1




Pasien
·         pasien melakukan registrasi
·         setelah registrasi sukses Pasien melakukan login dengan memasukan username dan password
·         masukan input data pendaftaran berobat
·         mengupdate data pasien
·         mengupdate data pendaftaran berobat
·         view jadwal dokter : melihat data jadwal dokter
·         view data dokter : melihat data dokter
·         view daftar riwayat berobat : melihat data berobat dan status berobat





2




Petugas Rumah Sakit
·         petugas rumah sakit melakukan login : masukan username dan passwors
·         input data dokter : petugas memasukan data dokter
·         input data jadwal dokter : petugas memasukan data jadwal dokter
·         mengelola data pasien
·         menyetujui data berobat pasien
·         mengelola data admin
·         laporan : view laporan





  •       Atribut dari Setiap Actor dan Proses

Actor dan Proses
Atribut
Petugas Rumah Sakit
-          Id_Petugas RS
-          Nama
-          Alamat
-          User Name
-          Password
Pasien
-          KIB
-          Tgl_Lahir
-          Nama_Lengkap
-          No_Telepon
-          Alamat
-          User Name
-          Password
Registrasi
-          KIB
-          Tgl_Lahir
-          Nama_Lengkap
-          No_Telepon
-          Alamat
-          User Name
-          Password
Mengolah data dokter
-          Id_Dokter
-          Nama_Dokter
-          Poliklinik
-          Alamat
Mengolah data jadwal dokter
-          Id_Jadwal
-          Hari
-          Jam_Masuk
-          Jam_Selesai
Pendaftaran Berobat
-          Tanggal_berobat
-          Waktu_Berobat
-          Id_dokter
-          Poliklinik
-          Keluhan
Menyetujui Pendaftaran Berobat
-          KIB
-          Nama_Lengkap
-          Tanggal_berobat
-          Waktu_Berobat
-          Id_dokter
-          Poliklinik
-          Keluhan

  •        Use Case Diagram





    Use Case Diagram


    -                     Pasien melakukan registrasi dengan memasukan identitas diri, dan Petugas Rumah Sakit mengelola kembali hasil registrasi pasien untuk disimpan pada database.
    -                     Petugas Rumah Sakit mengelola data dokter dan jadwal dokter agar pasien dapat melihat data dokter dan penjadwalan dokter.
    -                     Pasien melakukan pendaftaran berobat dan petugas rumah sakit menerima hasil pendaftaran berobat pasien lalu petugas rumah sakit menyetujui pendaftaran berobat pasien.


    •        Class Diagram
     
     

  • Class  Diagram
     
    -                     Class Pasien memiliki keterhubungan langsung dengan class registrasi karena di registrasi pasien wajib memasukan identitas pasien dan Petugas Rumah Sakit mengelola kembali hasil registrasi pasien. 
    -                     Petugas Rumah Sakit memiliki ketrkaitan dengan Mengolah Data Dokter Karena data Dokter akan di kelola oleh Petugas Rumah Sakit.
    -                     Begitu juga Petugas Rumah Sakit memiliki ketrkaitan dengan Mengolah Data Jadwal Dokter Karen data Jadwal Dokter akan di kelola oleh Petugas Rumah Sakit.
    -       Pasien Melakukan Pendaftaran Berobat dimana dalam Class Pendaftaran Berobat\terdapat atribut yang berada di Class Mengolah Data Dokter yaitu ID_Dokter dan Poliklinik.  
    -                   Petugas Rumah Sakit Akan menerima hasil pendaftaran berobat pasien sehingga Petugas Rumah Sakit memiliki keterkaitan langsung dengan class Menyetujui Pendaftaran Berobat, untuk memberikan persetujuan pendaftaran berobat terhadap pasien.



    •      Sequence Diagram Pasien
    Sequence Diagram Pasien berguna untuk mengetahui proses yang dilakukan Pasien padasystem ini.
     Berikut adalah gambaran Sequence Diagram Pasien pada system yang dibuat:






    Sequence Diagram di atas menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan dalam sistem yang berhubungan dengan Pasien, yang terdiri dari 1 aktor, 6 participant dengan garis lifelinenya, dan 10 message. Alur ini dimulai saat Pasien membuka aplikasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Online ini dan dihadapkan pada tampilan Registrasi pasien dapat memasukan Identitas Pasien dan akan mendapat bukti Registrasi. Selanjutnya Pasien melakukan login dengan memsukan KIB dan Password setelah itu akan masuk ke form menu utama, lalu Pasien dapat melihat Jadwal dokter dan Data Dokter, selanjutnya Pasien melakuakan Pendaftaran Berobat, stelah itu pasien akan mendapatkan persetujuan pendaftaran berobat dari Petuagas Rumah Sakit.
    •      Sequence Diagram Petugas Rumah Sakit 
    Sequence Diagram Petugas Rumah Sakit berguna untuk mengetahui proses yang dilakukan Petugas Rumah Sakit pada system ini. 
    Berikut adalah gambaran Sequence Diagram Petugas Rumah Sakit  pada system yang dibuat:  


    Sequence Diagram Petugas Rumah Sakit
     
    Sequence Diagram di atas menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan dalam sistem yang berhubungan dengan Petugas Rumah Sakit, yang terdiri dari 1 aktor, 4 participant dengan garis lifelinenya, dan 7 message. Alur ini dimulai saat Petugas Rumah Sakit membuka aplikasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Online ini dan pada tampilan Registrasi Petugas Rumah Sakit mengelola kembali hasil  Registrasi Pasien dan menyimpan ke database Pasien. Kemudian Petugas Rumah Sakit Menginputkan Data Dokter dan Data Jadwal Dokter agar disimpan di database Dokter dan Jadwal Dokter, lalu Petugas Rumah Sakit menyetujui hasil pendaftaran berobat Pasien.

    •      Activity Diagram
      

    Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram.
    Dibawah ini adalah Activity Diagram yang dibuat pada system ini :
      

        Pasien Lama : Mulai terus melihat jadwal dokter, setalah itu melakukan login, jika User name dan Password benar maka akan valid tapi jika salah maka akan kembali melihat jadwal dokter, kemudian setlah login valid pasien memilih Dokter,waktu rawat jalan dan memasukan keluhan penyakit dan simpan karena ini proses saat pendaftaran berobat maka akan tersimpan di record Data Berobat.
        Pasien Baru : Mulai terus Daftar dengan memasukan identitas Pasien setelah sukses kemudian login dan melihat jadwal dokter yang tersimpan pada record Data Jadwal Dokter,memilih Dokter yang sudah tersimpan di record Data Dokter,memilih waktu rawat jalan,memasukan keluhan penyakit dan simpan karena pasien baru akan tersimpan di record Data Pasien.
        Petugas Rumah Sakit : Mulai terus melakukan login dengan memasukan username dan password tersimpan di record Data Petugas Rumah Sakit, setelah itu menerima pendaftaran pasien lalu menyetujui pendaftaran pasien dan membuat laporan pendaftaran rawat jalan, selesai.
    •         Statechart Diagram 
     

    Pasien  : Mulai terus melakukan login dan registrasi setelah itu melakukan ke form utama pasien dan melakukan masukan identitas pasien simpan melakukan melihat jadwal Dokter,dan jadwal Dokter kemudian melihat Dokter dengan melakukan Ke Dokter terus apa ada Dokter terus melakukan memilih Dokter kemudian  setelah itu memilih waktu rujukan kalau sudah memilih waktu rujukan terus melakukanmemasukan keluhan penyakit pasien smpan kalau sudah terus melakukan pendaftaraan berobat dan menerima pendaftaraan berobat pdanHasil pendaftaraan berobat selesai.



                                                    Statechart Diagram Petugas Rumah Sakit

  • Petugas Rumah Sakit: Mulai dari registrasi selanjutnya menuju form utama petugas rumah sakit melakuakn synchronization dibagi 3 ke Data Dokter dan Data pasien di simpan.Dan Jadwal Dokter terus melakukan pendaftaraan pasien terus menyetujui pendaftaraan berobat selesai.

     
     

0 Komentar untuk "Perancangan Sistem Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Secara online"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info