Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web

Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web
 
posted by yayan nugraha...


 dfd level 0

 dfd level 1
 dfd level 2






penjelasan : customer yang akan membeli kendaraan atau mobil harus login terlebih dahulu dan mengisi formulir pesanan kendaraan untuk diinput kepada AO (Account Officer). Jika customer membeli secara kredit maka AO akan mengirim formulir MUK (Memorandum Usulan Kredit) sebagai surat permohonan kredit. MUK yang telah diisi diserahkan kembali kepada AO.
AO akan mempresentasikan MUK tersebut kepada Analis Kredit. Analis Kredit akan memeriksa kelengkapan dan kebenaran data customer. Analis Kredit yang akan memutuskan apakah permohonan kredit tersebut diterima atau ditolak. Jika permohonan kredit customer tersebut diterima kemudian AO mengadakan perjanjian kredit dengan customer. Jika perjanjian kredit disetujui maka perjanjian kredit ditanda tangani oleh customer dan pihak perusahaan diwakili oleh AO. Dokumen perjanjian kredit diserahkan kepada administrasi kredit untuk diinput ke dalam datanya ke  dalam komputer.
Setelah perjanjian kredit disetujui kemudian customer membayar uang muka atau pembayaran pertama kepada perusahaan melalui AO. Uang muka yang dibayarkan oleh customer meliputi: uang muka kendaraan, angsuran pertama, pembayaran premi asuransi, dan administrasi. Bukti pembayaran uang muka  diberikan kepada customer. Data pembayaran uang muka diberikan kepada administrasi keuangan untuk diinput pada data pembayaran uang muka ke dalam  komputer. Setelah customer membayar uang muka, AO dengan memberikan bukti surat jalan menyerahkan kendaraan atau mobil kepada customer.
Kemudian perusahaan membayarkan premi asuransi customer yang telah dibayarkan bersamaan dengan uang muka kepada perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi memberikan bukti asuransi kepada perusahaan. Bukti asuransi kemudian diberikan kepada customer. Bukti asuransi juga diberikan kepda administrasi keuangan untuk diinput ke dalam data asuransi di komputer.
Sebulan kemudian customer harus membayar angsuran kredit selanjutnya sesuai dengan tanggal yang telah disepakati.
 


2.class diagram



Class diagram digunakan untuk menampilkan kelas-kelas dan paket-paket di dalam system. Class diagram memberikan gambaran system secara statis dan relasi antar mereka. Biasanya, dibua beberapa class diagram untuk system tunggal. Beberapa diagram akan menampilkan subset dari kelas-kelas dan relasinya. Dapat dibuat beberapa diagram sesuai dengan yang diinginkan untuk mendapatkan gambaran lengkap terhadap system yang dibangun.
Class diagram adalah alat perancangan terbaik untuk tim pengembang. Diagram tersebut membantu pengembang mendapatkan struktur system sebelum kode ditulis, dan membantu untuk memastikan bahwa system adalah desain terbaik.

 


3.activity diagram



Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing), contohnya seperti gambar di atas.
 


4.sequence diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna,  display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu.
 Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).
Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respon dari sebuah program untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan. Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal. Message dari gambar di atas sebagai garis berpanah dari satu objek ke objek lainnya.
0 Komentar untuk "Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info