PERANCANGAN SISTEM PERPUSTAKAAN BERBASIS CLIENT-SERVER



Post By : Asep Bani Husaeni (A2.1100091) TI VI-C

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS CLIENT-SERVER


  • A) Analisis Perancangan Terstruktur


Keberadaan perpustakaan seharusnya juga mendapat perhatian agar selalu dikembangkan sejalan dengan perkembangan teknologi supaya tidak ketinggalan dan dapat terus menjalankan peran dan fungsinya. Bahkan sebagai ukuran perkembangan perpustakaan saat ini banyak diukur dari penerapan teknologinya, bukan dari skala ukuran lain seperti besarnya gedung yang digunanakan, jumlah koleksi atau jumlah penggunanya.

Penerapan teknologi informasi di perpustakaan dapat difungsikan dalam berbagai bentuk, antara lain sebagai Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan. Adapun fungsi ini sering diistilahkan sebagai bentuk Automasi Perpustakaan.

Jenis Analisis
Kelemahan Sistem Lama
Sistem Berbasis Komputer


Kinerja
Sistem perpustakaan manual yang melakukan banyak pencatatan akan memerlukan banyak waktu, selain itu juga berpotensi menimbulkan kesalahan dalam pencatatan dan perhitungan yang disebabkan kesalahan atau kekurangtelitian yang dibuat manusia sebagai pelaksananya.

Sistem berbasis komputer dengan program apilikasi yang dapat membantu memvalidasi data sehingga ketelitian tidak semata ditumpukan kepada pustakawan.





Efisiensi
Sistem informasi manual kurang efisien karena bencatatan dan dokumentasi dilakukan secara manual. Pencatatan pada buku kurang efisien karena pendokumentasian akan memakan banyak waktu dan tempat

Sistem berbasis komputer lebih efisien karena pendokumentasian dilakukan secara otomatis. Selain itu, penyimpanan dokumentasi tersebut pada pada CD, Flashdisk  atau harddisc tidak memerlukan banyak tempat.





Layanan
Pada sistem manual pelayanan terhadap transaksi peminjaman dan pengembalian serta pembuatan laporan akan memakan waktu lama karena pencatatan dan pengecekan dilakukan validitas dilakukan oleh secara manual oleh petugas
Sistem berbasis komputer akan memberikan pelayanan yang lebih cepat karena validitas, pendokumentasian, analisa dan pemprosesan data


PROSEDUR

Ø Anggota
§  Pendaftaran
Anggota melakukan pendaftaran untuk mendapatkan data identitas (id) keanggotaan
§  Peminjaman
Anggota melakukan peminjaman buku sesuai yang dibutuhkannya.
§  Pengembalian
Anggota melakukan pengembalian buku yang dipinjam sesuai data berakhirnya masa peminjaman buku tersebut  kepada petugas.


Ø Petugas
§  Peminjaman
Petugas memasukan data id anggota, kode buku dan tanggal mulai pinjam buku sehingga menghasilkan data buku yang dipinjam.
§  Pengembalian
Petugas memasukan data id anggota, data buku yang dipinjam serta data berakhirnya masa peminjaman buku
§  Laporan
Petugas memberikan laporan pengembalian buku kepada pengelola perpustakaan sesuai masa berakhirnya peminjaman.

 


Diagram Konteks



  • B) Analisis Perancangan SBO

1. Use Case Diagram



2. Class Diagram




3. Sequence Diagram
































4. Activity Diagram































5. Statechart Diagram


















0 Komentar untuk "PERANCANGAN SISTEM PERPUSTAKAAN BERBASIS CLIENT-SERVER"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info