ANALISIS KEGUNAAN SMARTPHONE BERBASIS ANDROID DAN BLACKBERRY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (USER) DI BIDANG AKADEMIK DI LINGKUNGAN STMIK SUMEDANG

 LATAR BELAKANG

Di lingkungan masyarakat baik masyarakat menengah ke atas maupun ke bawah, teknologi sangat berkembang pada zaman modern ini. Salah satu teknologi tersebut yang sekarang sedang populer yaitu Smartphone. Smartphone sangat berguna bagi masyarakat umum maupun khusus, contohnya di kalangan pelajar,  mahasiswa maupun masyarakat umum lainnya. Khususnya di lingkungan STMIK Sumedang kebanyakan mahasiswa/i sudah menggunakan Smartphone berbasis Android maupun Blackberry.

 TUJUAN PENELITIAN


Berhubung dengan tema yang kami ambil tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa puas mahasiswa menggunakan Smartphone berbasis Android maupun Blackberry khususnya dibidang Akademik.  

LOKASI PENELITIAN

Lokasi yang kami ambil untuk melakukan penelitian yaitu di lingkungan kampus STMIK Sumedang yang beralamat di JL. Anggrek Situ No. 19 Kelurahan Lembur Situ Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang dan Mahasiswa sebagai respondennya.

CARA PENGUMPULAN DATA

Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengajukan kuesioner yang berjumlah 15 pernyataan , dan jumlah responden 25 orang.

Variabel yang digunakan :
  •  Variabel independennya adalah Kegunaan Smartphone (X)
  •   Variabel dependennya adalah Kepuasan Pengguna (user) di Bidang Akademik (Y) 

DATA HASIL KUESIONER

  Variabel X dan Variabel Y












UJI FREKUENSI

Variabel X














Pada pernyataan 1 yang menjawab Tidak Setuju 9 orang, Kurang Setuju 7 orang, Setuju 7 orang, Sangat Setuju 7 orang. Total 25 responden. Pernyataan 2 yang menjawab Tidak Setuju 1 orang, Kurang Setuju 4 orang, Setuju 11 orang, Sangat Setuju 9. Total 25 responden.
 

Variabel Y













Pernyataan 1 yang mejawab Tidak Setuju 3 orang, Kurang Setuju 15orang, Setuju 4 orang, Sangat Setuju 3orang. Total 25 responden.
Pernyataan 2 yang menjawab Tidak setuju 2 orang, kurang setuju 13 orang, setuju 9 orang dan sangat setuju 1 orang. Total 25 respoden.

  UJI VALIDITAS

  Variabel X



 Variabel  Y



  UJI RELIABILITAS
 
   Variabel X
    Nilai Alpha Cronbach 0,160 > 0,60. Hal ini berarti pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak Reliabel. 


    Variabel Y





Nilai Alpha Cronbach 0,521 < 0,60. Hal ini berarti pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak Reliabel. 


UJI KORELASI

 








 KD = R2 x 100%
       = 0,064 x 0,064 x 100%
       = 0,004x 100%
       = 0,4% 

Berdasarkan hasil tabel diatas, hubungan antara variabel (X) dengan (Y) yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah sebesar 0.064 Hal ini menunjukan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat rendah Uji signifikansi ,Sig. Sebesar 0.762 > 0.05. Maka artinya Ho diterima. Dari hasil koefisiensi korelasi didapat nilai 0.4% yang berarti hubungan keduanya sedang.

UJI REGRESI






Nilai R sebesar 0,064, hal tersebut berarti hubungan kedua variabel rendah.






 Dari tabel Anova diatas  nilai sig. nya 0,762 berarti 0,762 > 0,05 maka tidak linier. 




Dari tabel Anova diatas  nilai sig. nya 0,762 berarti 0,762 > 0,05 maka tidak linier.

UJI NORMALITAS



 









Berdasarkan tabel One Sample Kolmogorov,di dapatkan nilai Kolmogorov - Smirnov Z adalah
    sebesar 0.787 dan Asymp. Sig.(2-tailed) adalah sebesar 0.566, karena nilai nilai tersebut >0.05 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal.

      UJI LINEARITAS






Nilai sig. 0.001 < 0.05 dan nilai linearity 0.568 > 0.05 maka dapat disimpulkan variabel x dan y
mempunyai hubungan yang linier.
  
UJI HETEROSKEDASTISITAS

 





Nilai sig. dari (Constant) = 0.000 < 0.05, maka terdapat masalah dalam uji heteroskedastisitas  sedangkan Nilai sig. dari X = 0.762 > 0.05, maka tidak ada masalah dalam uji heteroskedastisitas

UJI HIPOTESIS









Nilai sig. 0.762 > 0.05 Ho diterima dan Ha ditolak

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelitian kami dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa STMIK Sumedang tidak puas dalam penggunaan Smartphone  di bidang akademik. Karena menurut kelompok kami ada beberapa faktor yang menyebabkan Mahasiswa tidak puas salah satunya aplikasi Smartphone yang kurang memadai.

SARAN 
Saran dari kelompok kami baik di Lingkungan Mahasiswa Stmik Sumedang maupun masyarakat umum lainnya, gunakanlah Smartphone sesuai dengan kebutuhan untuk hal yang positif, jangan digunakan untuk hal yang negatif.
Oleh :
Wily Wirdiansyah
Ai Siti Soleha
Dinda Triana
Egi Ganjar Komara
Agustian Nugraha







0 Komentar untuk "ANALISIS KEGUNAAN SMARTPHONE BERBASIS ANDROID DAN BLACKBERRY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (USER) DI BIDANG AKADEMIK DI LINGKUNGAN STMIK SUMEDANG"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info