ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM OPERASI WINDOWS 8.1 TERHADAP KEPUASAN USER


Window 8.1 adalah nama kode untuk versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD.
Antar muka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sehingga window 8 didesain untuk perangkat tablet sentuh.

TUJUAN PENELITIAN
Mengetahui kepuasan pengguna terhadap adanya windows 8.1 sehingga kami dapat menyimpulkan hasil yang relevan berdasarkan fakta berbentuk kuisioner yang kami lakukan  di lingkungan Pendidikan.


LINGKUNGAN PENELITIAN
Penelitian di lakukan di lingkungan pendidikan dengan mahasiswa dan siswa sebagai respondennya yaitu kampus Stmik sumedang, sekolah Smk informatika, dan kampus UNSAP (universitas sebelas april sumedang).

PROSES PENGUMPULAN DATA
Memberikan kuestioner terhadap 30 responden di lingkungan pendidikan yaitu stmik sumedang, unsap, dan smk informatika sumedang.

PENENTUAN VARIABLE
Variable yang digunakan:

•Variable independen penggunaan system operasi window 8.1

•Variable dependen kepuasan user

TAHAP PENGUJIAN
1.Uji distribusi frekuensi

2.Uji validitas

3.Uji realibilitas

4.Uji korelasi

5.Uji regresi

6.Uji normalitas

7.Uji linieritas

8.Uji heteroskedastisitas

9.Uji hipotesis

DATA HASIL QUESTIONER
 a. VARIABLE X
 b. VARIABLE Y


 


UJI DISTRIBUSI FREKUENSI

Uji ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar dan seberapa banyak jawaban terhadap pertanyaan yang telah diberikan kepada responden. 

VARIABLE X


VARIABLE Y



UJI VALIDITAS

VARIABLE X
Uji variable X semuanya valid karena nilai signivikan lebih dari 0,30

VARIABLE Y


Uji var y  ada yang valid dan tidak valid, karena nilai signifikan p4 -0,44 < 0,30 maka tidak valid, selain itu valid.

UJI REABILITAS

VARIABLE X
 VARIABLE Y

Berdasarkan Tabel diatas, dapat diketahui bahwa dari kedua variabel X dan Y diperoleh nilai Cronbach’s alpha > 0,60. Hal ini berarti pertanyaan-pertanyaan tersebut Reliabel dan dapat digunakan dalam penelitian.



 UJI KORELASI



Berdasarkan hasil tabel diatas, hubungan antara variabel (X) dengan (Y) yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah sebesar 0.798 Hal ini menunjukan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat  tinggi dan searah. Uji signifikansi koefisien korelasi menghasilkan angka Sig. sebesar 0.000 dan lebih kecil daripada α= 0.05. (Sig. = 0.000 < 0.05). Maka artinya Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa variabel (X) berhubungan secara signifikan dengan variabel (Y).



UJI REGRESI

MODEL SUMMARY :

R = 0.798

KD = 63.7%

ANOVA TABLE :

NILAI SIGN. = 0.000

0.000 < 0.05 (LINEAR)

COEFFICIENTS :

Nilai t hitung yang didapatkan dari hasil perhitungan sebesar 7,009 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf kesalahan 5% menunjukkan bahwa variabel (X) memberikan pengaruh positif terhadap variabel (Y).  


UJI NORMALITAS

Berdasarkan tabel uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov Test diperoleh nilai Kolmogorov Smirnov Z sebesar 0,767 dan Asymp.sig. sebesar 0,598 lebih >0,05 maka dapat disimpulkan data berdistribusi Normal.


UJI LINIERITAS


 
Berdasarkan tabel diatas, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan antara variabel Y dengan X mempunyai hubungan yang linear.

UJI HETEROSKEDASTISITAS


Berdasarkan tabel diatas tersebut menunjukkan tidak ada gangguan heteroskedastisitas yang terjadi, dimana nilai signifikan (sig) lebih dari 0,05 (p>0,05). Jadi secara keseluruhan variabel dalam hal ini X dapat disimpulkan bahwa tidak ada masalah heteroskedastisitas


UJI HIPOTESIS



UJI HIPOTESIS
Variable X

Karena nilai signifikan lebih dari nol maka Ho diterima.

Variable Y 
Karena nilai signifikan lebih dari nol maka Ho diterima.

KESIMPULAN 
Dari hasil analisis tentang penggunaan sistem operasi windows 8.1 Dapat disimpulkan bahwa pengguna sangat puas terhadap sistem operasi window 8.1.


SARAN
Berdasarkan analisis dari tema ini maka di sarankan agar pengguna laptop /PC yang berasal dari sistem operasi sebelumnya dapat beralih atau upgrade ke sistem operasi windows 8.1 karena feature – featurenya yang lengkap dan lebih mudah untuk dipahami oleh pengguna masa kini.



Penyusun

1. Djaka Permana (djakapermana95@gmail.com)
2. Ela Yena
3. Cucu Arifal
4. Riska Risky
5. M Rizky 
0 Komentar untuk "ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM OPERASI WINDOWS 8.1 TERHADAP KEPUASAN USER"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info