google.com, pub-9922355301914235, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Pengaruh Game online terhadap Prestasi Pelajar - Tutorial Kampus
Banner IDwebhost

Pengaruh Game online terhadap Prestasi Pelajar

Latar Belakang Penelitian

Dengan adanya game online saat ini pelajar sering sekali lebih menghabiskan waktunya dengan bermain game dan kadang lupa akan belajar, dengan hal ini kami melakukan penelitian terhadap beberapa pelajar yang senang dengan bermain game online. Kami mengajukan beberapa pernyataan untuk responden yaitu :

1. Game Online (X)

 

No

Pernyataan

SS

S

KS

TS

STS

1

Saya senang bermain Game online

2

Saya menghabiskan banyak uang untuk Game online

3

Saya dapat banyak teman dengan bermain game online

4

Saya seperti Master dalam bermain game online.

 

 

 

 

 

5

Saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain game online

 

 

 

 

 

6

Saya selalu mendapatkan hadiah dari game online

 

 

 

 

 

7

Saya selalu mengikuti event dalam game online

 

 

 

 

 

  
  2. Prestasi belajar(Y)

 

No

Pernyataan

SS

S

KS

TS

STS

1

Saya sangat rajin belajar

2

Saya termotivasi dengan pelajaran

3

Saya memiliki banyak teman untuk belajar

4

Saya selalu mendapat nilai bagus saat belajar

 

 

 

 

 

5

Saya ingat akan waktu belajar

 

 

 

 

 

6

Saya belajar dengan konsentrasi

 

 

 

 

 

7

Saya selalu 10 besar dalam hal belajar

 

 

 

 

 

Adapun keterangan dari nilai diatas sebagai berikut :

Simbol

Kategori

Nilai/Bobot

SS

Sangat Setuju

5

S

Setuju

4

KS

Kurang Setuju

3

TS

Tidak Setuju

2

STS

Sangat Tidak Setuju

1

 

Dari Pernyataan tersebut telah disebarkan ke beberapa responden dan mendapatkan hasil berikut :

X

Y

NO

P1

P2

P3

P4

P5

P6

P7

Jml

NO

P1

P2

P3

P4

P5

P6

P7

Jml

1

5

4

3

4

1

5

3

25

1

5

4

3

4

2

5

3

26

2

5

3

3

3

2

4

3

23

2

2

3

3

3

2

4

2

19

3

4

4

3

4

3

4

3

25

3

3

4

3

4

3

4

3

24

4

4

4

4

4

2

3

3

24

4

3

4

4

4

3

3

3

24

5

4

3

4

4

2

4

4

25

5

3

3

4

4

4

4

4

26

6

4

3

2

4

3

4

3

23

6

4

3

2

4

3

3

3

22

7

3

4

3

4

2

4

3

23

7

2

4

3

4

2

4

4

23

8

4

3

4

2

3

4

4

24

8

4

3

4

2

3

4

3

23

9

4

3

3

4

3

4

4

25

9

3

3

3

4

3

4

2

22

10

4

4

2

3

2

3

4

22

10

3

4

2

3

2

3

3

20

11

4

5

3

4

3

4

1

24

11

3

3

3

4

3

5

3

24

12

4

4

4

3

3

3

4

25

12

2

4

4

3

3

3

3

22

13

4

3

3

4

3

5

4

26

13

2

3

3

4

2

3

3

20

14

4

4

2

4

3

4

3

24

14

4

3

2

2

3

3

3

20

15

3

3

3

4

2

3

2

20

15

3

2

3

4

2

4

2

20

16

2

2

2

4

2

1

4

17

16

3

2

2

4

2

3

4

20

17

3

3

4

4

3

4

3

24

17

3

3

4

4

3

3

3

23

18

4

4

3

3

4

4

4

26

18

4

4

4

3

4

4

4

27

19

4

5

3

4

3

5

2

26

19

3

5

3

4

5

5

2

27

20

4

3

3

2

3

4

2

21

20

4

3

3

2

3

4

3

22

21

4

4

4

3

3

3

1

22

21

2

4

2

3

2

3

2

18

22

3

3

3

4

3

5

2

23

22

3

3

3

2

3

5

3

22

23

4

3

3

3

4

4

3

24

23

2

3

3

3

4

4

3

22

24

3

3

3

3

3

3

3

21

24

3

3

3

3

3

3

3

21

 

Data Hasil Kuisoner diatas akan dilakukan beberapa uji.

 

1. Distribusi Frekuensi

            Distribusi Frekuensi dalam hal ini digunakan pada variable X dengan 2 pernyataan dan bisa di lihat pada tabel berikut hasil dari perhitungan SPSS :

P1

 

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

Tidak Setuju

1

4.2

4.2

4.2

Kurang Setuju

5

20.8

20.8

25.0

Setuju

16

66.7

66.7

91.7

Sangat Setuju

2

8.3

8.3

100.0

Total

24

100.0

100.0

 

P2

 

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

Tidak Setuju

1

4.2

4.2

4.2

Kurang Setuju

12

50.0

50.0

54.2

Setuju

9

37.5

37.5

91.7

Sangat Setuju

2

8.3

8.3

100.0

Total

24

100.0

100.0

 

 

Dapat dijelaskan bahwa untuk satu responden menjawab Tidak setuju pada pernyataan 1/P1 atau 4.2% dari 24 responden yang menjawab Tidak setuju. Begitu pula selanjutnya hasil pernyataan tersebut di akumulasikan hingga 100%.

 

2. Uji Validitas

            Uji validitas menggunakan variabel X dan di dapat tabel berikut pada SPSS :

Correlations

 

 

P1

P2

P3

P4

P5

P6

P7

Jumlah

P1

Pearson Correlation

1

.377

.131

-.254

-.023

.649**

-.049

.625**

Sig. (2-tailed)

 

.101

.581

.281

.923

.002

.836

.003

N

20

20

20

20

20

20

20

20

P2

Pearson Correlation

.377

1

.045

.143

.143

.403

-.448*

.540*

Sig. (2-tailed)

.101

 

.849

.549

.549

.078

.048

.014

N

20

20

20

20

20

20

20

20

P3

Pearson Correlation

.131

.045

1

-.180

.045

.189

.074

.426

Sig. (2-tailed)

.581

.849

 

.447

.850

.426

.755

.061

N

20

20

20

20

20

20

20

20

P4

Pearson Correlation

-.254

.143

-.180

1

-.250

.035

-.159

.097

Sig. (2-tailed)

.281

.549

.447

 

.288

.885

.503

.684

N

20

20

20

20

20

20

20

20

P5

Pearson Correlation

-.023

.143

.045

-.250

1

.208

.018

.374

Sig. (2-tailed)

.923

.549

.850

.288

 

.380

.941

.104

N

20

20

20

20

20

20

20

20

P6

Pearson Correlation

.649**

.403

.189

.035

.208

1

-.229

.774**

Sig. (2-tailed)

.002

.078

.426

.885

.380

 

.332

.000

N

20

20

20

20

20

20

20

20

P7

Pearson Correlation

-.049

-.448*

.074

-.159

.018

-.229

1

.113

Sig. (2-tailed)

.836

.048

.755

.503

.941

.332

 

.635

N

20

20

20

20

20

20

20

20

Jumlah

Pearson Correlation

.625**

.540*

.426

.097

.374

.774**

.113

1

Sig. (2-tailed)

.003

.014

.061

.684

.104

.000

.635

 

N

20

20

20

20

20

20

20

20

 

 

Dalam hal ini asil tidak valid bila pernyataan kurang dari 0.30, dan didapatkan bahwa yang tidak valid pada variabel X yaitu P3,P4,P5,P7.

 

3. Uji Korelasi

Correlations

 

 

X

Y

X

Pearson Correlation

1

.583**

Sig. (2-tailed)

 

.003

N

24

24

Y

Pearson Correlation

.583**

1

Sig. (2-tailed)

.003

 

N

24

24

 

Pada tabel diatas didapatkan korelasi antara variable X secara simultan terhadap variable Y yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah sebesar 0,003. Hal ini menunjukan bahwa hubungan antara variable tersebut sersifat sedang.

 

Uji signifikan koefisien korelasi menghasilkan sign. Sebesar 0,583 dan lebih besar dari pada  (sign 0,583 < 0,05 ) maka artinya X diterima dan dapat disimpulkan secara simultan terhadap variable Y.

 

4.  Uji Reabilitas

Reliability Statistics

Cronbach's Alpha

N of Items

 .234

7

 

Jika alpha Cronbach > 0,60 maka penyataan tersebut dapat digunakan untuk peneliatian .dan berdasarkan data yang kami dapat pada Var X = 0,234< 0,60 maka penyataan tidak dapat digunakan dan pernyataan harus diperbaiki.

 

5.  Uji Koefesien Determinasi

Model Summaryb

Model

R

R Square

Adjusted R Square

Std. Error of the Estimate

Durbin-Watson

1

.583a

.340

.310

1.76440

1.486

 

Didapatkan Koefesien Determinasi dengan cara berikut :

KD =0.340² x 100% = 11.59 %

 

6. Uji Hipotesis

Perhitungan SPSS

 

Group Statistics

 

Pelajar

N

Mean

Std. Deviation

Std. Error Mean

Nilai

Game Online

24

23.4167

2.12473

0.43371

Prestasi

24

22.375

2.46387

0.50294

 

 

Independent Samples Test

 

 

Levene's Test for Equality of Variances

t-test for Equality of Means

 

 

 

 

95% Confidence Interval of the Difference

 

 

F

Sig.

t

Df

Sig. (2-tailed)

Mean Difference

Std. Error Difference

Lower

Upper

Nilai

Equal variances assumed

.694

.409

1.569

46

.124

1.04167

.66411

-.29513

2.37846

Equal variances not assumed

 

 

1.569

45.027

.124

1.04167

.66411

-.29591

2.37924

 

 

t-Test: Two-Sample Assuming Unequal Variances(Dalam excel)

 

X

Y

Mean

23.41666667

22.375

Variance

4.514492754

6.070652174

Observations

24

24

Hypothesized Mean Difference

0

Df

45

t Stat

1.568505275

P(T<=t) one-tail

0.061884537

t Critical one-tail

1.679427393

P(T<=t) two-tail

0.123769075

t Critical two-tail

2.014103389

 

 

a. Dapat dilihat pada tabel diatas untuk variable Game Online (X) dan Prestasi Pelajar(Y)

Game Online (X) dengan Mean 23.4167

Prestasi Pelajar(Y) dengan Mean 22.3750

 

b. Untuk t hitung 1.569 dan t tabel yaitu dengan signifikan 0.05 =2.014

c. Didapatkan kesimpulan bahwa t hitung < t tabel , 1.569<2.014 yang berarti H₀ diterima dan diperoleh kesimpulan bahwa game online sangat berpengaruh terhadap prestasi pelajar.

 

Disusun oleh :

Eko Haryadi

Rahmat Nurhayat

Randy Rohmawan

 

 

 

0 Komentar untuk "Pengaruh Game online terhadap Prestasi Pelajar"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info