Aplikasi Data Buku

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sistem penjualan buku yang berjalan di toko buku barokah saat ini  masih banyak yang melakukkan penginputan data buku secara manual. Seperti dalam melihat data persediaan barang (stok barang) maupun data barang yang terjual banyak memakan waktu. Masalah lain diantaranya catatan data stok barang yang terjual karna kesulitan dalam pencatatannya. Aplikasi komputer sangat dibutuhkan untuk pengolahan dan penyimpanan data buku untuk mempermudah pencatatan transaksi, penulisan stok buku sehingga menjadi lebih praktis, hemat waktu, dan dapat menyajikan laporan yang tepat dan akurat secara terkomputerisasi. Tujuan penulisan Laporan ini adalah  membuat aplikasi sistem informasi pada toko buku barokah berbasis komputer secara offline dan standalone. Pembuatan aplikasi sistem informasi pada toko buku barokah dimulai dengan pembuatan database sebagai media penyimpanan data. Aplikasi ini terdapat satu form  untuk penginputan data buku (kode buku, nama buku, harga buku dan stok) Untuk mempermudah pembuatan kwitansi transaksi dan  laporan data maka dibuatlah laporan dari masing-masing transaksi dan data tersebut. Hasil pembuatan aplikasi sistem informasi pada toko buku barokah ini sudah diuji coba pada 2 komputer dan semua berjalan dengan baik. Kesimpulan dari hasil pengujian aplikasi ini yaitu dapat menjalankan form data buku. Saat transaksi jual dapat mencetak kwitansi yang diterima oleh pembeli. Dalam pembuatan laporan data buku semua data tampil dalam laporan tersebut, sedangkan untuk laporan transaksi jual dapat dicetak sesuai tanggal yang diinginkan. Untuk  backup dan restore database dapat dilakukkan kapanpun sesusai yang diinginkan karena waktunya tidak terjadwal otomatis. 
Sistem penjualan yang berjalan di toko buku barokah saat ini banyak menimbulkan masalah karena penginputan data buku masih secara manual. Dalam melihat data persediaan buku (stok buku) banyak memakan waktu dan menimbulkan kesalahan data. Masalah lain diantaranya masih kesulitan mencari buku saat transaksi yang tidak didukung dengan tempat yang tertata rapi sesuai kategori buku yang ada.  Pengolahan dan penyimpanan data buku dibutuhkan suatu aplikasi komputer untuk memudahkan kegiatan tersebut. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan untuk mempermudah dalam pencatatan transaksi, pencarian buku sehingga menjadi lebih praktis, hemat waktu, dan dapat menyajikan laporan yang tepat dan akurat secara terkomputerisasi.  Berdasarkan latar belakang adanya permasalahan dalam pengolahan data penyimpanan data buku, maka penulis tertarik untuk menyusun Tugas Sistem Basis Data dengan judul ”PENGINPUTAN DATA DI TOKO BUKU BAROKAH”. 




1.2  METODE PENELITIAN
Aplikasi Sistem Informasi pada Toko Buku Barokah ini dibuat menggunakan program Visual Basic 2006 dan diterapkan secara offline. Database dibuat menggunakan MySQL cdbc. Sebelum membuat aplikasi yang harus dilakukan adalah menginstal semua software yang dibutuhkan. Software yang perlu diinstal antara lain adalah Visual Basic 2006 dan XAMPP v3.2.1. dan Crystal report.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Perancangan Tabel 

2.1.1Perancangan Tabel Buku Tabel buku nantinya akan digunakan untuk Menampilkan tampilan Aplikasi tersebut.






2.2 Kodingan di Visual Basic

2.2.1 Untuk memprogram jalannya aplikasi tersebut source kode yang digunakan adalah sebagai berikut.





2.3Hasil Output Data di Mysql


2.4 Hasil di Crystal Report


2.2.4 Hasil di Visual Basic Setelah di Running
 
 




BAB III
PENUTUP

 3.1 Kesimpulan
            Kesimpulan Dari hasil analisa aplikasi yang didapat dari Bab II maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Aplikasi Sistem Informasi pada Toko Buku Barokahini user dapat mengolah data buku yang didalamnya mencakup kode barang, nama barang, harga dan stok sehingga dapat diakses dengan mudah karena form yang disediakan mudah dipahami sehingga aplikasi mudah untuk digunakan.
2.      Sistem pencarian buku lebih mudah karena data buku sudah ada didalam database.
3.      Pembuatan laporan pada aplikasi ini mudah karena dapat meminta laporan dari tanggal yang diinginkan dan dapat langsung di-print ataupun di simpan ke komputer dalam berbagai format.

3.2    Saran
Dalam pembuatan Aplikasi Sistem Informasi pada Toko Buku Barokah ini pastinya masih jauh dari kesempurnaan karena masih banyak kekurangan- kekurangan didalamnya tentunya perlu ada perbaikan dan penyesuaian di masa mendatang. Untuk itu penulis mempunyai beberapa saran yaitu:
1.      Diharapkan adanya perubahan dan perbaikan untuk menyempurnakan aplikasi ini sehingga digunakan di berbagai toko untuk mempermudah pekerjaan.
2.      Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat untuk mempermudah pengolahan data secara komputerisasi. 



0 Komentar untuk "Aplikasi Data Buku"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info