SIMULASI JARINGAN BANK BRI KANTOR CABANG KOTA BANDUNG, KABUPATEN BANDUNG, KABUPATEN SUMEDANG, KABUPATEN CIREBON, KOTA TASIKMALAYA DAN KOTA BEKASI


            Assalmualaikum Wr.Wb
           kali ini saya akan memostingkan tentang "simulasi jaringan Bank BRI kator cabang kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, kabupaten Cirebon, Kota Tasikmalaya dan kota Bekasi"

Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer serta perangkat - perangkat lainnya yang dibuat atau dirancang untuk dapat berkerja sama dengan tujuan agar dapat berkomunikasi, mengakses informasi, meminta serta memberikan layanan atau service antara komputer satu dengan yang lainnya. Type jaringan yang akan kami gunakan yaitu Client server
Client server merupakan sebuah model jaringan komputer dimana salah satu dari komputer difungsikan sebagai Server yang bertugas melayani komputer lain yang difungsikan sebagai Client. Dalam simulasi jaringan yang kami buat  jenis jaringan yang digunakan yaitu jaringan WAN, kami menggunakan jaringan WAN karena kami akan membuat jaringan BANK BRI dengan tiap kantor Cabang yang berjarak begitu jauh maka kami memakai jaringan WAN.
Berdasarkan perancangan yang kami buat jaringan tersebut menggunakan topologi star, topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah switch dengan kabel UTP, sehingga switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data
Aplikasi yang kita gunakan pada pembuatan simulasi jaringan BANK BRI ini menggunakan Cisco Packet Tracer yaitu sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai simulasi dalam membuat sebuah jaringan, dalam aplikasi ini sudah disediakan berbagai perangkat yang berhubungan dengan jaringan.
Komponen Hardware yang digunakan :
-        PC
Dalam penggunaan tiap cabangnya terdapat masing-masing 2 PC dengan total semua 12 PC
-        Server (terpisah)
Dari simulasi yang telah kelompok kami buat terdapat 4 Server yang terdiri dari 
DNS, WEB, MAIL, DHCP dari masing-masing server tersebut berbeda fungsi.           Fungsi DNS server disini yaitu untuk menerjemahkan alamat IP menjadi sebuah domain. Web server yaitu merupakan kelanjutan dari DNS server setelah kita membuat DNS maka kita bisa membuat web dengan alamat dari DNS kita. Mail server  merupakan system pengiriman surat melalui jaringan yang ada supaya semua dapat  mengirimkan email. Fungsi DHCP server  yaitu supaya memudahkan pengalamatan IP secara otomatis pada client tetapi fungsi DHCP server disini hanya berfungsi pada IP router. Ke 4 Server tersebut khusus di tempatkan di ruangan server yang berada di kantor pusat
-        Switch
Switch merupakan perangkat keras pada jaringan computer sebagai media penghubung antar computer, dari pembuatan simulasi jaringan tersebut tiap cabangnya terdapat 1 switch dengan 24 port dengan jumlah 7 switch.
-        Router
Router merupakan perangkat keras jaringan computer yang dapat digunakan untuk menghubungkan  beberapa jaringan yang sama atau berbeda, fungsi router disini untuk membagi atau mendistribusikan IP address baik itu secara statis atapun DHCP kepada semua computer yang terhubung ke router tersebut. Dari simulasi yang telah dibuat terdapat masing-masing 1 router tiap cabangnya, dengan jumlah keseluruhan  7 router dimana 1 router digunakan di ruang khusus server dan sisanya digunakan di tiap cabang, router yang digunakan bertipe generic.
-        Kabel UTP+RJ45
Kabel UTP yang digunakan yaitu jenis stright karena semua PC yang terhubung ke switch dan router menggunakan kabel UTP jenis straight
-        Kabel Serial DTE
Adapun kabel yang digunakan selain straight yaitu kabel Serial DTE, digunakan  untuk menghubungkan tiap router ke Cloud.
-        Cloud Computing
        Cloud computing adalah sebuah teknologi yang mengacu pada penggunaan media internet sebagai sumber daya komputasi. Cloud disini digunakan agar semua cabang bisa terkoneksi ke internet. 

Penjelasan Studi kasus :
Dari tiap cabangnya router akan mendapatkan sinyal dari cloud agar bisa saling terhubung dari computer cabang ke computer cabang lainnya dengan server sebagai pusatnya contohnya seperti mengirimkan email. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada langkah-langkah pembuatan jaringan tersebut.
Langkah-langkah membuat simulasi jaringan BANK BRI
1.     Pertama-tama kita mendesain pemasangan perangkat-perangkat jaringan dan menentukan nama perangkat, port koneksi, IP address dan menyambungkan antar perangkat dengan kabel sehingga akan menghasilkan gambar seperti di bawah ini        
( Gambar Simulasi Jaringan BANK BRI ) 
 
2.     Setelah menyambungkan semua perangkat dengan kabel lalu konfigurasi pada router dan membuat agar jaringan tersebut mendapat IP DHCP, masukan IP address pada router dengan port yang terhubung ke switch disini kami menggunakan port fa0/0.


Lalu masuk ke CLI dengan mengetikan perintah :
      #ip dhcp pool (nama dhcp)
      #net 192.168.1.1  255.255.255.0
      #default 192.168.1.2
      #dns-server 8.8.8.8
      #exit
      #end
Masuk ke desktop pada tiap pc dan masuk ke IP configuration klik DHCP maka akan otomatis terisi IP address nya.


3.     Konfigurasi IP server
a.     Server DNS
Klik server DNS dan pilih config Global setting masukan Gateway IP (8.0.0.1) yg terhubung ke switch dan DNS server (8.8.8.8).
Setelah itu klik interface dan masuk ke fa0 masukan IP address nya



Setelah itu pilih service lalu klik DNS masukan alamat untuk web dan mail yg di inginkan pada kotak name lalu masukan address nya.
misalnya : ib.bri.co.id dengan address 8.8.8.7
      mail.bri.co.id dengan address 8.8.8.6
            seperti pada gambar di bawah ini
               

b.     Server Web
Klik server Web dan pilih config Global setting masukan Gateway ip (8.0.0.1) yg terhubung ke switch dan DNS server (8.8.8.8)
Setelah itu klik interface dan masuk ke fa0 masukan IP address nya

            Pilih service masuk ke menu http dan membuat tampilan web 


c.       Server Mail
 Klik server Mail dan pilih config Global setting masukan Gateway ip (8.0.0.1)    
 yang terhubung ke switch dan DNS server (8.8.8.8)
 Setelah itu klik interface dan masuk ke fa0 masukan IP address nya

            Pilih service masuk ke menu Mail, untuk mengisi Domain Name pada kotak 
            dialog tersebut kita isi dengan domain name yang sudah kita buat di server DNS
            tadi. Lalu buat user name dan password pc pada tiap cabang 


d.     Server DHCP
Klik server DHCP dan pilih config Global setting masukan Gateway ip (8.0.0.1) yg terhubung ke switch dan DNS server (8.8.8.8)
Setelah itu klik interface dan masuk ke fa0 masukan IP address nya

Pilih service masuk ke menu DHCP pilih on agar DHCP nya aktif dan kemudian
            save



4.     Konfigurasi Cloud
Klik Cloud Internet nya dan pilih config kemudian tambahkan nama kota tiap cabangnya dari serial 1 sampai serial 9



Pada gambar diatas telah ditambahkan nama kota pada Serial 1, Setelah semua serial ditambahkan seperti pada gambar diatas selanjutnya pilih Connections dan pilih frame relay untuk menghubungkan tiap serialnya


5.     Selanjutnya lakukan setting static pada tiap router cabang termasuk router server
Klik Router pilih config kemudian pilih static dan isi IP address nya


                  Setelah melakukan setting static pada router masuk ke CLI dan ketikan
                  #encapsulation frame-relay        
6.     Kemudian lakukan test koneksi kirim pesan pada tiap PC cabang, jika successful
berarti semua sudah terhubung


      Test koneksi dengan cmd dari Cabang Kota Bandung ke Cabang Kabupaten Cirebon


7.     Kirim email
Pertama konfigurasi email pada computer setiap cabang seperti di bawah ini



Kemudian kita uji email tersebut


Receive email
                     


Mungkin cukup sekian postingan kali ini, semoga pembahasan tentang "Simulasi Jaringan BANK BRI"  diatas dapat bermanfaat bagi kita semua
Terimakasih sudah berkunjung ya...Tetap belajar dan Always Keep High Spirit....!!!

Copyright@kelompok3
Derida Sayidatyna
Eric Madae Dieny El-huda
Heri Kuswanto

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 Komentar untuk "SIMULASI JARINGAN BANK BRI KANTOR CABANG KOTA BANDUNG, KABUPATEN BANDUNG, KABUPATEN SUMEDANG, KABUPATEN CIREBON, KOTA TASIKMALAYA DAN KOTA BEKASI"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info