Aplikasi Mengakses Data Mahasiswa

SQL ( Structured Query Language)
SQL ( Structured Query Language) adalah salah satu DBMS (database management system) yang saat ini banyak digunakan untuk operasi basis data dan embedded (ditempelkan) di hampir semua bahasa pemrograman yang mendukung basis data relasional.Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Perintah SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti update data, atau mengambil data dari database.
Beberapa sistem manajemen database relasional umum yang menggunakan SQL adalah: Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres, dan lain-lain. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Menurut ANSI (American National Standards Institute), SQL merupakan bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional.
XAMPP adalah program aplikasi pengembang yang berguna untuk pengembangan website berbasis PHP dan MySQL. Versi terbaru program ini adalah XAMPP 1.7.7, yang dirilis pada tanggal 20 September 2011. Software XAMPP dibuat dan dikembangkan oleh Apache Friends. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan untuk bisa berperan sebagai server web Apache untuk simulasi pengembangan website. Tool pengembangan web ini mendukung teknologi web populer seperti PHP, MySQL, dan Perl. Melalui program ini, programmer web dapat menguji aplikasi web yang dikembangkan dan mempresentasikannya ke pihak lain secara langsung dari komputer, tanpa perlu terkoneksi ke internet. XAMPP juga dilengkapi fitur manajemen database PHPMyAdmin seperti pada server hosting sungguhan, sehingga pengembang web dapat mengembangkan aplikasi web berbasis database secara mudah. Program XAMPP banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang pemrograman web. XAMPP merupakan software gratis. XAMPP dapat dijalankan di sistem operasi Windows 2000/XP/Vista/7 dan sistem operasi lain.


Sublime Text
Sublime Text adalah sebuah software aplikasi/editor text untuk bahas pemrograman termasuk pemrograman PHP,sublime text mendukung banyak bahasa pemrogrman dan bahasa markup serta fungsinya dapat ditambah dengan plugin.

phpMyAdmin
phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain).

Kasus PhpMyAdmin
Adapun kasus yang harus diselesaikan kali ini adalah membuat program basis data yang berkenaan dengan membuat database serta table dengan menggunakan PhpMyAdmin. Setelah diketahui kasus yang akan di selesaikan, maka Praktikan akan mulai memaparkan langkah kerja pada pembuatan program basis data.

Proses Menjalankan Aplikasi
Berikut langkah Langkah-langkah Mengakses Database :
1. Langkah pertama, menyalakan XAMPP pada laptop kita atau kita terlebih dahulu menginstall aplikasi XAMPP kemudian jalankan MYSQL dan APACHE
2. Langkah kedua, hubungkan dengan internet masuk dengan chrome atau aplikasi yang bisa terhubung dengan internet
3. Langkah selanjutnya, masuk ke phpMyadmin
4. Masuk ke Database yang sudah tersedia disini memakai database mahasiswa yang tabelnya berisi id_mahasiswa, nama_mahasiswa, semester
5. Langkah selanjutnya masuk ke Sublime, untuk memasukkan coding-coding seperti:
- Koneksi.php; Untuk menyambungkan database mahasiswa dengan localhost
- Indeks.php; Untuk menampilkan table awal
- Tambah.php; Untuk menampilkan penambahan database yang terdiri dari npm, nama, semester, email
- Proses_tambah.php; Untuk menyambungkan setelah database terisi maka akan tersimpan dan kembali lagi ke tampilan awal (indeks.php)
- Ubah.php; Untuk mengubah database yang telah dibuat
- Proses_ubah.php; Untuk menyambungkan setelah database telah diubah akan tersimpan dan kembali lagi ke tampilan awal (indeks.php), tetapi database yang diubah npm tidak bisa diubah dikarenakan npm tersebut dijadikan primarykey (terkunci).
- Hapus.php; Untuk  menghapus database yang telah dibuat.

Dari berbagai hal yang telah dilakukan oleh Praktikan maka dapatdisimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

PhpMyAdmin
merupakan sebuah tool yang dikembangkan menggunakan bahasa PHP dan ditujukan untuk menangani administrasi MySQL melalui world wide web.
Beberapa fitur yang dimiliki oleh PhpMyAdmin di antaranya adalah:
A. Memiliki web interface yang jelas dan memudahkan.
B. Mendukung berbagai fitur MySQL.
C. Import data dari SQL.
D. Mengadministrasikan lebih dari satu server.
E. Mengekspor data pada berbagai format (CSV, SQL, XML, PDF, ISO/IEC26300 - OpenDocument Text dan Spreadsheet, Word, LATEX dan lain-lain).







Kelompok 11
Ilham Muhamad DS (A2.1600086)
Mohamad Irwan A (A2.1600101)
Rifki Aji Wibawa (A2.1600124)



0 Komentar untuk "Aplikasi Mengakses Data Mahasiswa"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info