LAPORAN SISTEM BASIS DATA “Buku Telepon”

Laporan Sistem Basis Data


LAPORAN
SISTEM BASIS DATA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Di zaman modern ini teknologi semakin canggih. Komunikasi jarak jauh tidak lagi menjadi masalah karena tercipta alat komunikasi seperti telepon dan handphone. Alat telekomunikasi yang paling banyak digunakan adalah telepon dan sms.phonebook saat ini telah menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari hari.lancarnya sebuah komunikasi(entah itu sms atau telepon) tak lepas dari keberadaan phonebook ini. Phoneebook juga untuk menyimpan nomor telephon agar mudah dicari supaya tidak perlu mengetik ulang nomor telephon dan bisa juga dicari melalui nama maupun kota .

1.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka penulis merumuskan masalah yaitu : Bagaimana cara menyimpan nomber telepon pada aplikasi phonebook?

1.3. Maksud dan Tujuan
1.3.1. Maksud
Maksud dari penulisan laporan ini yaitu untuk mempermudah pencarian nomor telephon yang sudah disimpan yang  bisa juga di cari dengan nama maupun kota.
1.3.2. Tujuan
Tujuan pembuatan laporan ini adalah untuk memudahkan pencarian kontak atau nomor telepon berdasarkan nama maupun kota
1.4. Batasan Masalah
Batasan masalah yang digunakan dalam sebuah pembahasan bertujuan agar dalam pembahasannya lebih terarah dan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Adapun batasan masalah dalam laporan ini adalah : pembuatan aplikasi ini hanya sebatas untuk menyimpan nomor telephone dan melakukan pencarian berdasarkan nama maupun kota
1.5.Metode Penelitian
Penelitian sebagai bahan laporan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif yaitu metode penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai data-data yang ada dengan cara mengumpulkan dan mengklasifikasikan data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teori yang dipelajari.
Metode penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Metode Penelitian Deskriptif
Dalam metode penelitian deskriptif ini penulis melakukan penelitian secara langsung kepada pihak yang terkait. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi :
a. Observasi
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi partisipasi, yaitu peneliti terlibat langsung di dalam objek yang diteliti.
b. Studi Literatur
Pengumpulan data yang bersumber pada literatur, buku serta tulisan- tulisan yang terkait dengan objek penelitian
2. Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam pengembangan sistem ini sesuai dengan model proses waterfall. Model waterfall merupakan model klasik sederhana dengan aliran sistem yang linier. Output dari setiap tahap merupakan input bagi tahap berikutnya. Adapun langkah-langkah penelitian berdasarkan model tersebut adalah :
a. Analisis (Analysis)
Menganalisa data yang telah dikumpulkan untuk dijadikan bahan acuan yang akan digunakan dalam pengembangan sistem.
b. Perancangan (Design)
Merancang simulasi sistem sebagai gambaran dari pengembangan sistem.
c. Implementasi (Implementation)
Mengimplementasikan simulasi sistem tersebut untuk menghasilkan kesimpulan.
d. Pengujian (Test)
Menguji simulasi apakah telah memenuhi tujuan yang ingin dicapai.


BAB II
PEMBAHASAN
Tentang Netbean
NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan - sebuah kakas untuk pemrogram menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java - namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan.
Netbeans merupakan software development yang Open Source, dengan kata lain software ini di bawah pengembangan bersama, bebas biaya
Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan kedalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI),
suatu text atau kode editor, suatu compiler atau interpreter dan suatu debugger.
Fungsi Netbean
Fungsi java netbean IDE sendiri adalah untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi dekstop
Contoh seperti aplikasi yang ada di toko toko sembako selain untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi netbean juga digunakan oleh programmer .
Tentang mysql
MySQL merupakan sebuah perangkat lunak atau software sistem manajemen basis data SQL atau  DBMS Multithread dan multi user. MySQl sebenarnya merupakan turunan dari salah satu konsep utama dalam database untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan secara mudah dan otomatis.


2.1. Tampilan Sistem Manajemen dan Penggajian




kode program
BAB III
PERNUTUP
Kesimpulan
Phonebook/buku telepon befungsi untuk menyimpan data / nomor telepon yang sudah kita save/simpan agar data /nomor telepon tersebut tersimpan dan tidak hilang.Untuk memudahkan pencarian nomer tersebut harus diberikan  nama maupun kota agar kita bisa mencarinya melalui pencarian berdasarkan nama maupun kota.


                











0 Komentar untuk "LAPORAN SISTEM BASIS DATA “Buku Telepon” "

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info