Sistem Perancangan Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan terutama dibidang Teknologi Informasi mengakibatkan perubahan yang sangat besar dalam hal penerapan sistem komputerisasi dalam berbagai bidang. Perubahan-perubahan yang terjadi ini lebih cenderung pada kebutuhan manusia yang menginginkan kemudahan, kecepatan dan ketepatan dalam memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan sehingga sangat berguna dalam hal pengambilan keputusan atau penerapan kebijakan yang dapat dilaksanakan agar tidak tejadi kesalahan yang bisa mengakibatkan kerugian.
Kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat ini menuntut berbagai instansi maupun perusahaan untuk bisa mengikuti perkembangannya. Diantara upaya mengikuti perkembangan ini yaitu dengan memanfaatkan teknologi jaringan komputer khususnya internet. Dengan penggunaaan internet ini jalannya informasi menjadi lebih mudah dan cepat sehingga suatu intansi maupun perusahaan tersebut siap bersaing dan dapat meningkatkan mutu di berbagai bidang.
Instansi Pendidikan khususnya perguruan tinggi merupakan salah satu sarana bagi warga negara untuk memperoleh hak mereka yaitu pelayanan pendidikan yang bermutu. Pelayanan yang bermutu merupakan pelayanan yang menekankan kepada kualitas dan sedapat mungkin dilaksanakan secara cepat. Salah satu pelayanan di perguruan tinggi tersebut adalah kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang selanjutnya disingkat PMB. Kegiatan PMB merupakan gerbang paling awal yang harus dilalui warga negara yang dalam hal ini adalah calon mahasiswa sebelum memasuki suatu perguruan tinggi. Oleh karena itu, guna mencapai kualitas pelayanan pendidikan yang bermutu, suatu perguruan tinggi harus berusaha menyediakan pelayanan terbaik dimulai sejak kegiatan PMB.
Maka tidak berlebihan seandainya di suatu perguruan tinggi yang dalam hal ini adalah STMIK Sumedang untuk menerapkan suatu sistem berbasis online dalam urusan PMB guna meningkatkan mutu dan pelayanan. Disamping itu hambatan berupa jarak masih menjadi masalah yang mengakibatkan calon mahasiswa yang bertempat tinggal jauh diharuskan datang ke kampus STMIK Sumedang hanya untuk melakukan pendaftaran saja.
Berdasarkan latar belakang di atas penulis mencoba merancang suatu sistem sebagaimana yang dikerjakan pada saat kerja praktek yang kemudian dituangkan ke dalam sebuah laporan dengan judul “PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN MAHASISWA BARU BERBASIS WEB”.

1.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka penulis merumuskan masalah yaitu : Bagaimana merencanakan sebuah sistem penerimaan mahasiswa baru di STMIK Sumedang berbasis web khususnya pendaftaran online sebagai salah satu alternatif dari pelaksanaan kegiatan pendaftaran mahasiswa baru ?

1.3. Maksud dan Tujuan
1.3.1. Maksud
Maksud dari penulisan laporan kerja praktek ini yaitu untuk merancang suatu sistem dengan memproses data mahasiswa baru, dan data lainnya yang berkaitan dengan kegiatan PMB khususnya pendaftaran pendaftaran online. Dimana sistem tersebut digunakan untuk membantu dalam penyelesaian masalah pendaftaran bagi calon mahasiswa khususnya hambatan berupa jarak serta diharapkan dapat meringankan pekerjaan panitia PMB sehingga prosesnya dapat dilakukan secara cepat, tepat dan akurat.

1.3.2. Tujuan
Tujuan pembuatan laporan kerja praktek ini adalah untuk merancang sistem penerimaan mahasiswa baru berbasis web yang dapat mempermudah proses penerimaan mahasiswa baru yaitu melalui pendaftaran online.

1.4. Batasan Masalah
Batasan masalah yang digunakan dalam sebuah pembahasan bertujuan agar dalam pembahasannya lebih terarah dan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Adapun batasan masalah dalam laporan kerja praktek ini adalah :
1. Pembuatan sistem PMB hanya sebatas pengaksesan data pendaftar dari sistem pengolahan data pendaftaran online yang meliputi input dan output data calon mahasiswa yang mendaftar oleh pengguna.
2. Implementasi dari   sistem   hanya sampai implementasi dari template antarmuka untuk Aplikasi Pendaftaran Online.
3. Perancangan sistem ini tidak membahas pembayaran pendaftaran secara online dan proses setelah pendaftaran online.

1.5. Metode Penelitian
Penelitian sebagai bahan laporan kerja praktek ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif yaitu metode penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai data-data yang ada dengan cara mengumpulkan dan mengklasifikasikan data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teori yang dipelajari.
Metode penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Metode Penelitian Deskriptif
Dalam metode penelitian deskriptif ini penulis melakukan penelitian secara langsung kepada pihak yang terkait. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi :
a. Observasi
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi partisipasi, yaitu peneliti terlibat langsung di dalam objek yang diteliti.
b. Studi Literatur
Pengumpulan data yang bersumber pada literatur, buku serta tulisan- tulisan yang terkait dengan objek penelitian.
2. Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam pengembangan sistem ini sesuai dengan model proses waterfall. Model waterfall merupakan model klasik sederhana dengan aliran sistem yang linier. Output dari setiap tahap merupakan input bagi tahap berikutnya. Adapun langkah-langkah penelitian berdasarkan model tersebut adalah :
a. Analisis (Analysis)
Menganalisa data yang telah dikumpulkan untuk dijadikan bahan acuan yang akan digunakan dalam pengembangan sistem.
b. Perancangan (Design)
Merancang simulasi sistem sebagai gambaran dari pengembangan sistem.
c. Implementasi (Implementation)
Mengimplementasikan simulasi sistem tersebut untuk menghasilkan kesimpulan.
d. Pengujian (Test)
Menguji simulasi apakah telah memenuhi tujuan yang ingin dicapai.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Sekilas Tentang Php Myadmin
PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum. PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client).
Saat ini PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri: PHP: Hypertext Preprocessor. PHP dapat digunakan dengan gratis (free) dan bersifat Open Source. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk proyek Open Source.

2.2. Fungsi PHP Dalam Pemrograman Web
Untuk membuat halaman web, sebenarnya PHP bukanlah bahasa pemrograman yang wajib digunakan. Kita bisa saja membuat website hanya menggunakan HTML saja. Web yang dihasilkan dengan HTML (dan CSS) ini dikenal dengan website statis, dimana konten dan halaman web bersifat tetap.
Sebagai perbandingan, website dinamis yang bisa dibuat menggunakan PHP adalah situs web yang bisa menyesuaikan tampilan konten tergantung situasi. Website dinamis juga bisa menyimpan data ke dalam database, membuat halaman yang berubah-ubah sesuai input dari user, memproses form, dll.

2.3. Tampilan Sistem Perancangan PMB

Halaman home

Form pendaftaran PMB

Login Pendaftar

Melihat data pendaftar

Ubah data

Login admin

Home admin

Data pendaftar

halaman seleksi mahasiswa

laporan excel

2.4.  Source code Sistem Perancangan PMB

index.php
beranda.php
login.php

cek-login.php
daftar.php
kodeubah.php
koneksi.php
laporan.php
cek-login.php
db_pmb.sql

Struktur tabel admin

struktur tabel daftar



Untuk melihat source code lengkap, disini

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan terhadap rumusan masalah diantaranya :
1. Sistem penerimaan siswa baru yang berjalan saat ini  masih manual, yaitu masih menggunakan formulir penerimaan siswa baru yakni calon siswa mengisi biodata lengkap pada formulir penerimaan siswa baru sehingga dalam proses pengerjaanya membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan sering terjadi kesalahan dalam proses pengerjaanya.
2. Merancang sistem penerimaan siswa baru yang efektif dan efisien   menggunakan sistem komputer berbasis web yang di desain dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver sebagai web editor, MySql sebagai database, AppServ sebagai software database, PHP sebagai bahasa pemrograman agar sistem yang didapat lebih efektif dan efisien.

Saran
Untuk menanggulangi permasalahan yang ada pada sistem yang sedang berjalan, saran yang diberikan adalah :
1. Sistem penerimaan siswa baru yang berjalan saat ini harus dirubah, diharapkan menggunakan sistem penerimaan siswa baru yangsudah terkomputerisasi guna menpermudah proses penerimaan siswa baru, penyimpanan data siswa baru dan pembuatan laporan
2. Untuk merancang suatu sistem penerimaan siswa baru yang efektif dan efisien diperlukan prosedur-prosedur yang baru serta sesuai dengan kebutuhan suatu sistem. Untuk menjalankan suatu sistem yang terkomputerisasi diperlukannya tenaga ahli agar menunjang pelaksanaan sistem yang baru.
3. Sistem penerimaan siswa baru ini dapat terus di kembangkan agar dapat mempermudah pegawai terutama dalam proses penerimaan siswa baru


Sistem PMB: Hamdan Nurachid, Heru Hidayat, M. Tegar Pamungkas

0 Komentar untuk "Sistem Perancangan Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info