APLIKASI KASIR (POS)




1.1. Latar Belakang
Kasir adalah tempat melakukan transaksi / pembayaran yang menjadi akhir dari sebuah transaksi jual beli antara konsumen dan produsen sehingga menghasilkan kepuasan pada masing-masing pihak.
Kasir juga dapat diartikan sebagai pintu pertama dan terakhir di setiap transaksi yang terjadi di toko. Jika mempunyai Pramuniaga yang sopan, melayani konsumen dengan tulus, ternyata setelah konsumen tadi melakukan pembayaran kasirnya kurang ramah, kurang sopan sehingga menyebabkan kebanyakan dari pengunjung tidak akan kembali ke toko anda lagi. Lain halnya jika anda mempunya Pramuniaga yang kurang cakap cenderung kurang sopan kepada konsumen tapi diimbangi dengan Kasir yang sopan, lembut tutur katanya, kemungkinan costumer yang mengeluh tidak akan kapok berbelanja ke toko anda lagi. Alangkah indahnya Pramuniaga dengan Kasir mempunyai service yg memuaskan.
Kredibilitas toko akan jauh lebih tinggi di mata customer anda. Setiap penjualan harus melewati closing, hal ini menentukan sekali apa yang akan terjadi pada calon konsumen anda di penjualan berikutnya.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat diambil suatu rumusan permasalahan, yaitu usulan sistem pelayanan yang akan memperpendek waktu tunggu dari setiap pelanggan yang mengantri.

1.3. Batasan Masalah
Dalam setiap pembahasan suatu permasalahan, perlu diadakan pembatasan agar dalam penulisan penelitian ini lebih terarah. Batasan masalah yang diambil dalam penulisan penelitian ini adalah :

1. Membuat aplikasi sesederhana mungkin agar cepat melayani customer dengan waktu sesingkat – singkatnya.
2. Pelayanan pada server mengikuti disiplin pelayanan yang telah dibuat oleh perusahaan itu sendiri.

1.4. Tujuan
1. Menerapkan teori tentang Pemasaran dalam dunia bisnis.
2. Menumbuhkan sikap dan jiwa seorang Marketing
3. Menumbuhkan semangat yang pantang menyerah dalam menghadapi situasi apapun.
4. Mendapatkan wawasan luas dalam bidang pemasaran



1.5 Manfaat

1. Dapat mengoprasikan kasir.
2. Dapat belajar mengenal dunia berbisnis.
3. Dapat mengerti tata cara menjadi seorang kasir.
4. Dapat mengetahui berbagai resiko yang dihadapi dalam berbisnis.
5. Dapat belajar menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dan menjalin komunikasi dengan orang lain. 



2.1  Pengertian Sistem
Sistem adalah suatu himpunan suatu “benda” nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian–bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, saling mendukung, yang secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan (Unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif”.
Pengertian Sistem Menurut Indrajit (2001: 2) mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
Pengertian Sistem Menurut Jogianto (2005: 2) mengemukakan bahwa sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.
2.2 Java Netbeans
Pengertian Java
Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsysytems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada computer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih menyukai Java sebagai sebuah teknologi disbanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:
·         Programming-language specification
·         Application-programming interface.
Virtual-machine specification JDK (Java Development Kit) Java Development Kit (JDK) adalah Sun Microsystems produk ditujukan untuk pengembang Java. Sejak diperkenalkannya Java, telah jauh SDK Java yang paling banyak digunakan. Pada tanggal 17 November 2006, Sun mengumumkan bahwa akan dirilis di bawah GNU General Public License (GPL), sehingga membuat perangkat lunak bebas. Hal ini terjadi sebagian besar pada tanggal 8 Mei 2007 [3]; Sun kontribusi kode sumber untuk JDKOpen. JRL (Java Research License) JRL (JAVA RESEARCH LICENSE) ini dibuat khusus untuk universitas dan peneliti yang ingin menggunakan teknologi Java [tm] sebagai subyek pembelajaran dan penelitian. Ia ditulis untuk menyederhanakan dan bersantai persyaratan bagian yang ada “penelitian” dari SCSL saat ini. JRL adalah lisensi yang diciptakan khusus untuk universitas dan peneliti yang ingin menggunakan teknologi Java sebagai subyek pembelajaran dan penelitian. itu ditulis untuk menyederhanakan dan bersantai persyaratan bagian yang ada “penelitian” dari SCSL saat ini. NetBeans NetBeans mengacu pada kedua kerangka platform untuk aplikasi desktop Java, dan sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk pengembangan dengan Java, JavaScript, PHP, Python, Ruby, Groovy, C, C + +, Scala, Clojure, dan lain-lain. NetBeans IDE ditulis dalam Java dan berjalan di mana-mana di mana JVM yang diinstal, termasuk Windows, Mac OS, Linux, dan Solaris.
NetBeans adalah Integrated Development Environment (IDE) berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat bejalan di berbagai macam platforms seperti Windows, Linux, Mac OS X and Solaris. Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan kedalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu compiler atau interpreter dan suatu debugger. Netbeans merupakan software development yang Open Source, dengan kata lain software ini di bawah pengembangan bersama, bebas biaya NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra. Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Saat ini terdapat dua produk : NetBeans IDE dan NetBeans Platform. The NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan – sebuah kakas untuk pemrogram menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java – namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan. Tersedia juga NetBeans Platform sebuah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat kakas dan solusi sendiri. Kedua produk adalah kode terbuka (open source) dan bebas (free) untuk penggunaan komersial dan non komersial. Kode sumber tersedia untuk guna ulang dengan lisensi Common Development and Distribution License (CDDL). 2. Kelebihan dan Kekurangan Netbeans Kelebihan NetBeans GUI Builder : Salah satu yang menjadi kelebihan NetBeans GUI Builder adalah yang telah disebutkan diatas, yaitu GRATIS. Selain itu NetBeans GUI Builder sangat kompetebel dengan Swing karena memang langsung dikembangkan oleh Sun yang notabenenya sebagai pengembang Swing. Kekurangan NetBeans GUI Builder : NetBeans hanya mensupport 1 pengembangan Java GUI, yaitu Swing, yang padahal ada Java GUI yang dikembangkan oleh eclipse yang bernama SWT dan JFace yang sudah cukup populer. NetBeans mempatenkan source untuk Java GUI yang sedang dikerjakan dalam sebuah Generated Code, sehingga programmer tak dapat mengeditnya secara manual.
2.3  Karakteristik Java
Sintaks bahasa pemograman java adalah pengembangan dari bahasa pemograman C/C++, sehingga dengan mereka yang sudah terbiasa dengan C/C++ tidak akan mengalami kesulitan mempelajari bahasa pemograman Java. Java adalah bahasa pemograman yang sederhana dan tangguh.
Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari Java sesuai dengan white paper dari SUN :
Berorientasi Object, Java telah menerapkan konsep pemograman berorientasi object yang modern dalam implementasinya Robust, Java mendorong pemograman yang bebas dengan kesalahan yang bersipat strongly typed dan memiliki run time checking. Protable, pemograman Java berjalan pada system operasi apapun yang memiliki Java Virtual Machine.
Multithreding, Java mendukung pemograman multitreding dan terintegrasi secara langsung dalam bahasa Java. Dinamis, program Java dapat melakukan sesuatu tindakan yang ditentukan pada saat eksekusi program dan pada saat kompilasi. Sederhana, Java menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipelajari.
Terdistribusi, Java didesain untuk berjalan pada lingkungan yang terdistribusi seperti halnya internet. Aman, aplikasi yang dibuat dengan bahasa Java lebih dapat dijamin keamanannya terutama untul aplikasi internet. Netral secara arsitektur, Java tidak terkait pada suatu mesin atau mesin operasi tertentu. 10. Interpreted, aplikasi java bisa dieksekusi pada platform yang berbeda-beda karena melakukan interpretasi pada bytecode. 11. Berkinerja tinggi, byte kode Java telah teroptimasi dengan baik sehingga eksekusi program dapat dilakukan dengan cepat.



BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

3.1 source code
1.
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package testkasir3;

/**
 *
 * @author Iqbal Anugrah, Indra Komara, Taufik Ramdani, Uus Uswandi
 */
public class TestKasir3 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        Kasir a = new Kasir();
        a.setVisible(true);
    }
   
}

2. 
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package testkasir3;

/**
 *
 * @author Iqbal Anugrah, Indra Komara, Taufik Ramdani, Uus Uswandi
 */
class DefaultModelTable {
   
}


3. Desain

4. Transaksi  
Contoh jika pembeli membeli bengbeng, teh botol dan taro.





5. penghapusan barang jika tidak jadi dibeli
Jika pembeli membatalkan belanja nya maka kasir hanya perlu memilih/klik barang yang akan di cancel kemudian tingal klik hapus. Secara otomatis dalam uang kembalian akan menyesuaikan dengan belanjaan yang akan dibeli.







BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan
Setelah dilakukan pengujian maka, dapat disimpulkan :
·         Aplikasi ini apabila diterapkan disuatu instansi atau perusahaan diharapkan dapat mempermudah proses transaksi atau jual beli.
·         Aplikasi ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan penghitungan, karena adanya penjumlahan otomatis.
Saran
Kami berharap aplikasi yang kami buat ini dapat diterapkan pada perusahaan kecil yang sistemnya belum terkomputerisasi.

0 Komentar untuk "APLIKASI KASIR (POS)"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info