APLIKASI KEPENDUDUKAN DESA PESANGGRAHAN BARU

NAMA : HENI ANDRIYANI
KLS     : TI-VIB
NIM     : A2.1100081

BAB II

PEMBAHASAN
2.2 Prosedur yang sedang berjalan :
1.    Penduduk
2.    Petugas desa
Penduduk menyerahkan langsung surat formulir dari rt/rw sebagai contoh ( formulir pembuatan KK , KTP, mutasi, surat keterangan lahir, surat keterangan mati ) ke petugas desa, petugas desa mengecek kebenaran surat formulir tersebut, apabila ada formulir yang salah dikembalikan ke penduduk dan apabila benar formulirnya petugas desa masuk ke website desa pesanggrahan baru dengan cara sebagai berikut :  Petugas desa menginputkan nama dan password untuk masuk ke form pertama di website, bila ada kesalahan maka akan diminta ulang memasukan password dan nama, bila berhasil maka akan langsung masuk ke form utama. Lalu petugas desa menginputkan data penduduk yang tadi, dan bila tidak terjadi kesalahan maka akan menghasilkan surat pengantar dan laporan.
Jadi kesimpulannya : Setiap penginputan data penduduk yang di masukan oleh petugas desa kedalam form – form kependudukan secara langsung akan masuk kedalam laporan tiap form contohnya form pembuatan KK, KTP, mutasi, surat keterangan lahir, surat keterangan mati, data yang telah dimasukan oleh petugas bisa langsung di print untuk di jadikan surat pengantar dan laporan baik untuk ke kelurahan ataupun ke Dinas Kependudukan. Dan begitu juga tiap form lainnya.

2.3 Entitas dalam :
1.    Penduduk
Penduduk termasuk ke dalam entitas dalam, karena penduduk yang menyerahkan datanya langsung untuk pembuatan kartu keluarga, surat kelahiran, dll, kepada petugas desa.
2.    Petugas Desa
Petugas Desa termasuk ke dalam entitas dalam, karena petugas desa yang menginputkan data penduduk langsung ke dalam aplikasi web tersebut.
3.    Komputer dan Aplikasi Web Kependudukan
Komputer termasuk ke dalam entitas dalam, karena merupakan objek yang paling penting dalam Aplikasi Web Kependudukan, aplikasi ini tidak akan berjalan jika tidak ada hardware.
4.    Mozilla firefox ataupun internet explorer dan software lainnya yang bisa menghubungkan ke internet.
5.    PHP mengijinkan pengembang untuk menampilkan kode dalam HTML dengan menggunakan bahasa yang sama ,seperti PERL dan UNIX shells.Objek sumber tersusun sebagai halaman HTML.

2.4 Entitas luar :
1.    Kepala desa dan Camat.
Kepala desa dan camat termasuk kedalam entitas luar, karena kepala desa dan camat tidak ikut serta dalam membuat KTP,Surat kelahiran,KK, atau yang lainnya,perannya  hanya sebagai yang mengambil keputusan.
 2.5 TABEL INPUT PROSES OUTPUT


KET :
Surat Formulir dari rt/rw conyohnya pembuatan KK,,KTP,MUTASI,SURAT KETERANGAN LAHIR, SURAT KETERANGAN MATI.
Surat Pengantar contohnya surat pengantar KK, KTP, MUTASI, SURAT KETERANGAN LAHIR, SURAT KETERANGAN MATI.
Laporan Contohnya LAPORAN KK, KTP, MUTASI, SURAT KETERANGAN LAHIR, SURAT KETERANGAN MATI.

2.6 Diagram Konteks
Penjelasan : Diagram konteks ini menjelaskan alur dari tabel proses input proses output, dimana penduduk memasukan data ke aplikasi kependudukan dan output berupa data registrasi dan surat pengantar, begitu juga petugas desa memasukan data ke aplikasi kependudukan dan menghasilkan output laporan dan surat pengantar.

2.7 DFD LEVEL 1


Penjelasan : Pada tahap Dfd level 1 akan terlihat jelas bagaimana setiap proses dari aplikasi kependudukan, dimana penduduk dan petugas desa masuk dulu ke tahap registrasi, menghasilkan data registrasi, petugas desa juga  masuk ke penginputan dan pengolahan data yang menghasilkan surat pengantar, dan dari surat pengantar masuk ke proses evaluasi menghasilkan laporan.

2.8 STRUKTUR MENU



Penjelasan : Struktur menu di sini menjelaskan bagaimana alur dari dari Aplikasi desa Pesanggrahan baru, dimana admin melakukan login, masuk ke home berarti halaman awal yang di sebut beranda, lalu menu registrasi dimana admin menginputkan data penduduk data admin yang menghasilkan data registrasi, begitu juga proses penginputan dan pengolahan data dimana admin menggunakannya sesuai apa yang dibutuhkan penduduk misalkan pembuatan kk, dan kalau sudah selesai masuk ke evaluasi untuk membuat surat pengantar dan laporan, menu about us memperlihatkan tentang biodata pembuata webiste desa pesanggrahan baru, menu logout dimana admin sudah selesai menggunakan website mengklik tombol logout.

2.9 PERANCANGAN LAYAR
2.9.1 Login

PENJELASAN : Form login ini hanya dapat di inputkan oleh admin, yaitu seperti yang ada pada tabel admin, admin 1 dengan password 123 begitu admin lainnya, jadi begitu ada kesalahan pada penginputan akan terlihat admin mana yang salah. Dan jika admin sudah menginputkan username dan passwordnya terjadi kesalahan maka akan keluar pemberitahuan seperti : maaf username atau password yang anda masukan salah, silahkan masukan username atau password yang benar..!!!

2.9.2 BERANDA


             GAMBAR 2.9.2 BERANDA DAN WEBSITE DESA PESANGGRAHAN BARU

Penjelasan : form beranda akan memperlihatkan tampilan awal untuk website desa pesanggrahan baru dimana ketika mengklik home akan tampil sejarah tentang desa pesanggrahan baru dan untuk proses selanjutnya mengklik registrasi untuk proses selanjutnya.

 2.9.3 REGISTRASI 
2.9.3.1      I NPUT DATA PENDUDUK


GAMBAR 2.9.3.1 INPUT DATA PENDUDUK  

Penjelasan : form data penduduk digunakan untuk menginputkan nama penduduk yang akan membuat kk, ktp, mutasi, surat keterangan lahir dan surat keterangan mati. Begitu admin sudah selesai menginputkan data penduduk dan menyimpan nya jika berhasil akan keluar pemberitahuan input penduduk berhasil di simpan dan keluar hasil input penduduknya. Dan jika ada yang salah maka waktu proses menyimpan akan keluar pemberitahuan warning!!! Input penduduk gagal di simpan ditandai dengan hurufnya warna merah. Jika menekan tombol reset dan batal juga sama akan keluar pemberitahuan seperti menekan tombol simpan.

2.9.3.2 DATA PETUGAS DESA


GAMBAR 2.9.3.2 DATA PETUGAS DESA  

penjelasan : form data petugas digunakan untuk menginputkan data petugas yang mana yang menggunakan form ini, agar jika ada kesalahan bisa mengetahui petugas mana yang salah. Jika berhasil di simpan akan keluar pemberitahuan input petugas berhasil di simpan dan keluar hasil input data petugasnya, dan jika ada yang salah waktu menyimpan akan keluar pemberitahuan warning!!! Input petugas gagal di simpan ditandai dengan hurufnya warna merah. Jika menekan tombol reset dan batal juga sama akan keluar pemberitahuan seperti menekan tombol simpan.

Penjelasan : dara registrasi yaitu tahap akhir dari proses registrasi, ketika semuanya sudah selesai di inputkan akan menghasilkan data registrasi yang akan bisa di olah di proses selanjutnya yaitu penginputan dan pengolahan data.
2.9.4     PENGINPUTAN DAN PENGOLAHAN DATA
Pembuatan kk



GAMBAR 2.9.4.1 PEMBUATAN KK
Penjelasan : form pembuatan kk digunakan oleh admin ketika ada penduduk yang membuat kk, pada menu penginputan dan pengolahan data memilih form pembuatan kk dan cara mengisinya setelah tahap registrasi selesai akan menghasilkan data registrasi dari data registrasi tersebut admin mengisi pembuatan kk dan jika sudah selesai admin menyimpannya, dan jika berhasil klik simpan akan keluar pemberitahuan inputt kk berhasil di simpan dan keluar hasil inputnya dan jika ada kesalahan mengisi data sewaktu menyimpan akan keluar pemberitahuan warning!!! Input kk gagal di simpan ditandai dengan hurufnya warna merahJika menekan tombol reset dan batal juga sama akan keluar pemberitahuan seperti menekan tombol simpan.

2.9.4.2   P embuatan ktp



GAMBAR 2.9.4.2 PEMBUATAN KTP

Penjelasan : pembuatan ktp digunakan ketika penduduk akan membuat ktp dan memperpanjang ktp, caranya yaitu admin ketika sudah melakukan tahap di registrasi akan menghasilkan data registrasi, data registrasi tersebut digunakan untuk pengisian form ktp dan ketika admin sudah selesai meninputkan di form ktp maka admin menyimpannya dengan klik simpan, jika berhasil maka akan keluar pemberitahuan input ktp berhasil di simpan dan keluar hasilnya, namun jika ada yang salah sewaktu pengisian data sewaktu penyimpanan maka akan keluar pemberitahuan warning!!! Input ktp gagal di simpan ditandai dengan hurufnya warna merah.Jika menekan tombol reset dan batal juga sama akan keluar pemberitahuan seperti menekan tombol simpan.

2.9.4.3 Pembuatan Muatasi


GAMBAR 2.9.4.3 PEMBUATAN MUTASI

 Penjelasan : form pembuatan mutasi ini digunakan oleh admin ketika ada penduduk baru yang akan membuat surat keterangan pindah, hal pertama yang admin lakukan yaitu setelah selesai  tahap di registrasi akan menghasilkan data registrasi, data tersebut digunaka untuk meningputkan pembuatan mutasi dan ketika proses menyimpan di klik simpan maka akan keluar pemberitahuan input mutasi berhasil di simpan dan keluar hasil input mutasinya, dan jika ada yang salah sewaktu proses menyimpan akan keluar pemberitahuan warning!!! Input mutasi gagal di simpan itu di tandai dengan hurufnya warna merah.Jika menekan tombol reset dan batal juga sama akan keluar pemberitahuan seperti menekan tombol simpan.

2.9.4.4 Pembuatan Surat keterangan lahir


GAMBAR 2.9.4.4 PEMBUATAN SURAT KETERANGAN LAHIR

Penjelasan : form pembuatan surat keterangan lahir ini digunakan oleh admin ketika ada penduduk baru yang akan membuat surat keterangan lahir, hal pertama yang admin lakukan yaitu setelah selesai  tahap di registrasi akan menghasilkan data registrasi, data tersebut digunakan untuk meningputkan pembuatan suart keterangan lahir dan ketika proses simpan di klik simpan maka akan keluar pemberitahuan input surat keterangan lahirnya berhasil di simpan dan keluar hasil input surat keterangan lahirnya, dan jika ada yang salah sewaktu proses menyimpan akan keluar pemberitahuan warning!!! Input surat keterangan lahir gagal di simpan itu di tandai dengan hurufnya warna merah.Jika menekan tombol reset dan batal juga sama akan keluar pemberitahuan seperti menekan tombol simpan.

2.9.4.5 Pembuatan Surat Keterangan Mati 


                              Gambar 2.9.4.5 Pembuatan Surat Keterangan Mati 

Penjelasan : form pembuatan surat keterangan mati ini digunakan oleh admin ketika ada penduduk yang anggota keluarganya meninggal dunia, ini dibutuhkan agar petugas desa bisa mengetahui jumlah penduduknya yang masih hidup dan sudah meninggal dalam satu tahun.hal pertama yang admin lakukan yaitu setelah selesai  tahap di registrasi akan menghasilkan data registrasi, data tersebut digunakan untuk meningputkan pembuatan surat keterangan mati dan ketika proses simpanl di klik simpan maka akan keluar pemberitahuan input mutasi berhasil disimpan dan keluar hasil input surat keterangan matinya, dan jika ada yang salah sewaktu proses menyimpan akan keluar pemberitahuan warning!!! Input surat keterangan mati gagal di simpan itu di tandai dengan hurufnya warna merah.Jika menekan tombol reset dan batal juga sama akan keluar pemberitahuan seperti menekan tombol simpan.

2.9.5 Evaluasi
Proses Evaluasi digunakan oleh admin ketika ada penduduk yang membuat kk, ktp, mutasi, surat keterangan lahir, surat keterangan pindah. Proses ini dilakukan oleh admin ketika proses pengolahan dan penginputan data telah selesai dilakukan, ketika proses pengolahan dan peninputan data selesai dilakukan admin mengklik untuk membuat surat pengentar, misalkan penduduk membuat kk dan admin setelah di proses penolahan dan penginputan data mengklik evaluasi untuk menghasilkan surat pengantar buat penduduk sebagai pengantar ke kelurahan dan laporan untuk laporan ke kepala desa berikut ke kelurahan. Berikut gambarannya :
2.9.5.1   S urat Pengantar KK  

GAMBAR 2.9.5.1 SURAT PENGANTAR KK

Penjelasan : ketika proses pengolahan dan penginputan kk selesai maka admin mengklik evaluasi untuk menghasilkan surat pengantar, surat pengantar ini dugunakan oleh penduduk untuk pengantar ke kelurahan.

GAMBAR 2.9.5.2 LAPORAN KK  

Penjelasan: surat pengantar telah selesai di buat maka admin membuat laporan untuk ke kepala desa dan ke kelurahan, ketika admin sudah mengisi di laporan seperti no kartu keluarga dan lainnya maka admin mengklik print, dan akan jadi sebuar laporan kk tersebut. Bila setiap tahap sudah dilakukan maka penduduk sudah bisa mendapatkan sebuah surat pengantar dan laporan untuk proses selanjutnya ke kelurahan.

2.9.5.3 Surat pengantar KTP


 GAMBAR 2.9.5.3 SURAT PENGANTAR KTP

Penjelasan : ketika proses pengolahan dan penginputan ktp selesai maka admin mengklik evaluasi untuk menghasilkan surat pengantar KTP, surat pengantar ini dugunakan oleh penduduk untuk pengantar ke kelurahan.


GAMBAR 2.9.5.4 LAPORAN KTP

Penjelasan : laporan KTP ini digunakan oleh admin apabila ada penduduk yang membuat KTP baru, surat pengantar telah selesai di buat maka admin memproses laporan ktp ini dengan mengisi data-datanya pada form laporan kalau sudah selesai maka admin mengklik print yang nantinya menghasilkan laporan untuk ke kepala desa dan ke kelurahan. Bila setiap tahap sudah dilakukan maka penduduk sudah bisa mendapatkan sebuah surat pengantar dan laporan untuk proses selanjutnya ke kelurahan.
2.9.5.5  Surat pengantar mutasi


GAMBAR 2.9.5.5 SURAT PENGANTAR MUTASI

Penjelasan : ketika proses pengolahan dan penginputan mutasi selesai maka admin mengklik evaluasi untuk menghasilkan surat pengantar mutasi, surat pengantar ini dugunakan oleh penduduk untuk pengantar ke kelurahan.


GAMBAR 2.9.5.6 LAPORAN MUTASI

Penjelasan : laporan Mutasi ini digunakan oleh admin apabila ada penduduk yang pindah atau pendatang, surat pengantar telah selesai di buat maka admin memproses laporan mutasi ini dengan mengisi data-datanya pada form laporan kalau sudah selesai maka admin mengklik print yang nantinya menghasilkan laporan untuk ke kepala desa dan ke kelurahan. Bila setiap tahap sudah dilakukan maka penduduk sudah bisa mendapatkan sebuah surat pengantar dan laporan untuk proses selanjutnya ke kelurahan.

2.9.5.7   Surat pengantar Surat keterangan lahir


GAMBAR 2.9.5.7 SURAT PENGANTAR SURAT KETERANGAN LAHIR
Penjelasan : ketika proses pengolahan dan penginputan mutasi selesai maka admin mengklik evaluasi untuk menghasilkan surat pengantar keterangan lahir, surat pengantar ini dugunakan oleh penduduk untuk pengantar ke kelurahan.
 Laporan Surat Keterangan Lahir

GAMBAR 2.9.5.8 LAPORAN SURAT KETERANGAN LAHIR

Penjelasan : laporan Surat keterangan lahir ini digunakan oleh admin apabila ada penduduk yang melahirkan, surat pengantar telah selesai di buat maka admin memproses laporan surat keterangan lahir ini dengan mengisi data-datanya pada form laporan kalau sudah selesai maka admin mengklik print yang nantinya menghasilkan laporan untuk ke kepala desa dan ke kelurahan. Bila setiap tahap sudah dilakukan maka penduduk sudah bisa mendapatkan sebuah surat pengantar dan laporan untuk proses selanjutnya ke kelurahan. 

2.9.6.9 Surat pengantar surat keterangan mati


GAMBAR 2.9.6.9 SURAT PENGANTAR SURAT KETERANGAN MATI

Penjelasan : ketika proses pengolahan dan penginputan mutasi selesai maka admin mengklik evaluasi untuk menghasilkan surat pengantar keterangan mati, surat pengantar ini dIgunakan oleh penduduk untuk pengantar ke kelurahan


GAMBAR 2.9.6.10 LAPORAN SURAT KETERANGAN MATI

Penjelasan : laporan Surat keterangan mati ini digunakan oleh admin apabila ada penduduk yang anggota keluarganya meninggal dunia, surat pengantar telah selesai di buat maka admin memproses laporan surat keterangan lahir ini dengan mengisi data-datanya pada form laporan kalau sudah selesai maka admin mengklik print yang nantinya menghasilkan laporan untuk ke kepala desa dan ke kelurahan. Bila setiap tahap sudah dilakukan maka penduduk sudah bisa mendapatkan sebuah surat pengantar dan laporan untuk proses selanjutnya ke kelurahan.


2.9.5.11 About Us

GAMBAR 2.9.5.11 ABOUT US
Penjelasan : Form about Us memperlihatkan tentang biodata pembuat web aplikasi kependudukan desa pesanggrahan baru

2.9.5.13 Logout

GAMBAR 2.9.8 LOGOUT

Penjelasan : Form logout ini digunakan oleh admin apabila sudah selesai menggunakan website desa pesanggrahan baru, apabila belum selesai dan logout nya ke klik akan muncul pemberitahuan seperti pada gambar, maka admin tinggal mengklik tidak, maka admin akan tetap berada pada w\ebsite desa pesanggrahan baru dan apabila sudah selesai maka tinggal klik ya maka akan keluar dari website desa pesanggrahan baru.

2.9.5     Perancangan UML ROSE
2.9.6.1 Use Case Aplikasi Kependudukan 
  Gambar 2.9.6.1 Use Case Aplikasi Kependudukan

Dalam proses use case aplikasi kependudukan ini menggunakan 5 aktor yaitu petugas desa, kepala desa, penduduk, camat dan rt/rw. Namun dari kelima aktor tersebut yang bisa masuk ke sistem aplikasi kependudukan ini hanya dua aktor yaitu petugas desa yang bertindak sebagai admin dan kepala desa yang mengecek setiap laporan yang di buat oleh petugas desa dan itu dilakukan di akhir bulan.

2.9.6.2 Class Diagram Aplikasi Kependudukan


Gambar 2.9.6.2 Class Diagram Aplikasi Kependudukan

Dalam class diagram ini prosesnya sama seperti use case yaitu yang masuk ke sistemnya kepala desa dan petugas desa , kalau aktor lainnnya hanya sebagai pendukung.

2.9.6.3 Diagram Activity proses login


Gambar 2.9.6.3 Diagram Activity proses login

Dalam Activity diagram login ini dijelaskan bagaiman petugas desa yang bertindak sebagai admin bisa melakukan login dan masuk ke sistem kependudukan.

2.9.6.4 Diagram Activity proses registrasi


Gambar 2.9.6.4 Diagram Activity proses registrasi

Dalam proses registrasi ini menjelaskan bagaimana petugas desa (admin) masuk ke menu registrasi untuk menginput data penduduk dan data petugas sehingga nantinya akan menghasilkan berupa Data Registrasi yang digunakan untuk mengisi data selanjutnya di form penginputan dan pengolahan data.

 2.9.6.4.1 Diagram Activity Tambah Data Penduduk dan Petugas
Gambar 2.9.6.4.1 Diagram Activity Tambah Data Penduduk dan Petugas

Dalam diagram ini juga sama prosesnya dengan yang input di atas, perbedaannya hanya pada prosesnya untuk perancangan ini dimaksudkan jika admin akan menambah data penduduk dan petugas desa.

2.9.6.4.2 Diagram Activity Hapus Data Penduduk dan Petugas
Gambar 2.9.6.4.2 Diagram Activity Hapus Data Penduduk dan Petugas

Dalam diagram ini juga sama prosesnya dengan yang input di atas, perbedaannya hanya pada prosesnya untuk perancangan ini dimaksudkan jika admin akan menghapus data penduduk dan petugas desa.

2.9.6.5 Diagram Activity Penginputan dan Pengolahan Data.


Gambar 2.9.6.5 Diagram Activity Penginputan dan Pengolahan Data.

Dalam rancangan ini dijelaskan bagaimana alurnya dari petugas desa(admin) melakukan penginputan dan pengolahan data dimisalkan untuk membuat kk, yang pertama dilakukan memasukan data registrasi dan kedua menginput kk, jika prosesnya berhasil akan menghasilakn surat pengantar dan disimpan di database.

.9.6.6 Diagram Activity Proses Evaluasi

 Gambar 2.9.6.6 Diagram Activity proses Evaluasi

Dalam diagram ini dijelaskan petugas desa yang bertindak sebagai admin melakukan proses evaluasi yang dimulai dari masuk terlebih dahulu ke meu evaluasi lalu membuat laporan dan akhirnya menghasilkan surat pengantar.

2.9.6.6.1.Diagram Activity proses tambah Evaluasi


Gambar 2.9.6.6.1.Diagram Activity proses tambah Evaluasi

Dalam diagram ini dijelaskan petugas desa yang bertindak sebagai admin melakukan proses menambah data evaluasi yang dimulai dari masuk terlebih dahulu ke meu evaluasi lalu membuat laporan dan akhirnya menghasilkan surat pengantar.

2.9.6.6.2.Diagram Activity proses hapus Evaluasi

Gambar 2.9.6.6.2 Diagram Activity proses Evaluasi

Dalam diagram ini dijelaskan petugas desa yang bertindak sebagai admin melakukan proses hapus evaluasi yang dimulai dari masuk terlebih dahulu ke meu evaluasi lalu membuat laporan dan akhirnya menghasilkan surat pengantar.

2.9.6.7 Diagram Activity informasi

Gambar 2.9.6.7 Diagram Activity Informasi

Dalam diagram ini dijelaskan petugas desa yang bertindak sebagai admin melakukan proses input informasi desa yang dimulai dari masuk terlebih dahulu ke menu informasi lalu mengisi data informasi dan akhirnya menyimpan informasi tersebut untuk di publis nantinya. 

2.9.6.7.1 Diagram Activity hapus Informasi
Gambar 2.9.6.7.1 Diagram Activity Hapus Informasi

Dalam diagram ini dijelaskan petugas desa yang bertindak sebagai admin melakukan proses menghapus informasi desa yang dimulai dari masuk terlebih dahulu ke menu informasi lalu menghapus data informasi.


2.9.6.8 Diagram Activity Kepala Desa Cek Laporan

2.9.6.8 Diagram Activity Kepala Desa Cek Laporan

Dalam proses dijelaskan bagaimana alur tugas kepala desa yang masuk ke sistem hanya bertugas sebagai pengecekan laporan.

2.9.6.9 Diagram Sequence proses login

Gambar 2. 9.6.9 Diagram Sequence proses login


Dalam proses  Sequence proses login ini menjelaskan bagaimana petugas desa melakukan proses login, dalam data user dijelaskan validasi user jika salah maka akan memberikan pesan kesalahan dan jika berhasil akan masuk ke form menu utama dan akan memberikan pesan juga ke petugas desa bahwa berhasil masuk ke form menu utama

2.9.6.10 Diagram Sequence proses registrasi

Gambar 2. 9.6.10 Diagram Sequence Proses Registrasi

Dalam proses registrasi ini menjelaskan bagaimana petugas desa (admin) masuk ke menu registrasi untuk menginput data penduduk dan data petugas jika berhasil disimpan akan tampil pesan data registrasi  yang digunakan untuk mengisi data selanjutnya di form penginputan dan pengolahan data.

2.9.6.10.1 Diagram Sequence proses tambah registrasi

Gambar 2. 9.6.10 Diagram Sequence Proses Tambah Pada Registrasi


Dalam proses registrasi ini menjelaskan bagaimana petugas desa (admin) masuk ke menu registrasi untuk menambah data penduduk dan data petugas jika berhasil disimpan akan tampil pesan data registrasi  yang digunakan untuk mengisi data selanjutnya di form penginputan dan pengolahan data.

2.9.6.10.2 Diagram Sequence proses hapus registrasi

Gambar 2. 9.6.10 Diagram Sequence Proses Hapus Pada Registrasi

Dalam proses registrasi ini menjelaskan bagaimana petugas desa (admin) masuk ke menu registrasi untuk menghapus data penduduk dan data petugas jika berhasil disimpan akan tampil pesan data registrasi  yang digunakan untuk mengisi data selanjutnya di form penginputan dan pengolahan data.

2.9.6.11 Diagram Sequence proses Penginputan dan Pengolahan Data

         Gambar 2.9.6.11 Diagram Sequence proses Penginputan dan Pengolahan Data

Dalam rancangan ini dijelaskan bagaimana alurnya dari petugas desa(admin) melakukan penginputan dan pengolahan data dimisalkan untuk membuat kk, dan jika berhasil akan ada keterangan input kk tersimpan dan tampil berupa pesan surat pengantar kk.

2.9.6.11.1 Diagram Sequence proses Tambah Penginputan dan Pengolahan Data


  Gambar 2.9.6.11 Diagram Sequence proses Tambah Penginputan dan Pengolahan Data

Dalam rancangan ini dijelaskan bagaimana alurnya dari petugas desa(admin) melakukan  proses tambah data pada penginputan dan pengolahan data dimisalkan untuk membuat kk, dan jika berhasil akan ada keterangan input kk ditambah dan tampil berupa pesan keterangan surat pengantar kk ditambah. 


2.9.6.11 Diagram Sequence proses Hapus Penginputan dan Pengolahan Data

 Gambar 2.9.6.11 Diagram Sequence proses Hapus Penginputan dan Pengolahan Data

Dalam rancangan ini dijelaskan bagaimana alurnya dari petugas desa(admin) melakukan  proses hapus data pada penginputan dan pengolahan data dimisalkan untuk membuat kk, dan jika berhasil akan ada keterangan input kk dihapus dan tampil berupa pesan surat pengantar kk dihapus. 


2.9.6.12 Diagram Sequence proses Evaluasi


Gambar 2.9.6.12 Diagram Sequence proses Evaluasi

Dalam proses ini dijelaskan petugas desa yang bertindak sebagai admin melakukan proses  evaluasi yang dimulai dari mengecek surat pengantar dan jika sudah berhasil proses validasi lalu menginput untuk lap_kk, dan lap_kk tersimpan dan tampil  lap_kk (misalnya proses membuat lap_kk).


2.9.6.12.1 Diagram Sequence proses Tambah Evaluasi

Gambar 2.9.6.12 Diagram Sequence proses Tambah Evaluasi

Dalam proses ini dijelaskan petugas desa yang bertindak sebagai admin melakukan proses  evaluasi yang dimulai dari mengecek surat pengantar dan jika sudah berhasil proses validasi lalu menambah untuk lap_kk, dan lap_kk berhasil ditambah  (misalnya proses meambah lap_kk).

2.9.6.12.2 Diagram Sequence proses Hapus Evaluasi


Gambar 2.9.6.12 Diagram Sequence proses Tambah Evaluasi

Dalam proses ini dijelaskan petugas desa yang bertindak sebagai admin melakukan proses  evaluasi yang dimulai dari mengecek surat pengantar dan jika sudah berhasil proses validasi lalu menghapus untuk lap_kk, dan lap_kk berhasil dihapus (misalnya proses meambah lap_kk).

2.9.6.13 Diagram Sequence proses Informasi


                                  Gambar 2.9.6.13 Diagram Sequence proses Informasi

Dalam diagram ini dijelaskan petugas desa yang bertindak sebagai admin melakukan proses input informasi desa yang dimulai dari masuk terlebih dahulu ke menu informasi lalu mengisi data informasi dan akhirnya menyimpan informasi tersebut dan tampil data informasi berhasil ditambahkan.


2.9.6.13.1 Diagram Sequence proses Hapus Informasi

                                      Gambar 2.9.6.13 Diagram Sequence proses hapus Informasi

Dalam diagram ini dijelaskan petugas desa yang bertindak sebagai admin melakukan proses hapusinformasi desa yang dimulai dari masuk terlebih dahulu ke menu informasi lalu memilih data informasi dan akhirnya menghapus informasi tersebut dan tampil data informasi berhasil dihapus.

2.9.6.14 Diagram Sequence Kepala Desa


                                       Gambar 2.9.6.14 Diagram Sequence Kepala Desa

Dalam proses dijelaskan bagaimana alur tugas kepala desa yang masuk ke sistem hanya bertugas sebagai pengecekan laporan.


2.9.6.15 Diagram Statechart proses login



                                      Gambar 2.9.6.15 Diagram Statechart proses login



  Dalam proses  ini menjelaskan bagaimana petugas desa melakukan proses login, dalam data user dijelaskan validasi user jika salah maka akan memberikan pesan kesalahan dan jika berhasil akan masuk ke form menu utama dan akan tampil pilihan form registrasi, form penginputan dan pengolahan data, dan form evaluasi, lalu setelah memilih diantara ketiga proses tersebut proses penyimpanan di database dan selesai..

2.9.6.15 Diagram Statechart proses Registrasi


                        Gambar 2.9.6.15 Diagram Statechart proses registrasi

 Dalam proses  ini menjelaskan bagaimana petugas desa melakukan proses login, dalam data user dijelaskan validasi user jika salah maka akan memberikan pesan kesalahan dan jika berhasil akan masuk ke form registrasi, tampil dua pilihan yang pertama form penduduk dan kedua petugas, menghasilkan data registrasi dan selesai

2.9.6.15.1 Diagram Statechart proses registrasi Data Penduduk



                             Gambar 2.9.6.15.1 Diagram Statechart proses registrasi

Dalam proses  ini menjelaskan bagaimana petugas desa melakukan proses login, dalam data user dijelaskan validasi user jika salah maka akan memberikan pesan kesalahan dan jika berhasil akan masuk ke form registrasi, data registrasi, dan masuk ke form input penduduk dimana pada form tersebut ada proses tambah data penduduk, hapus data penduduk dan melihat data penduduk.

2.9.6.15.2 Diagram Statechart proses registrasi Data Petugas

                               Gambar 2.9.6.15.2 Diagram Statechart proses registrasi

 Dalam proses  ini menjelaskan bagaimana petugas desa melakukan proses login, dalam data user dijelaskan validasi user jika salah maka akan memberikan pesan kesalahan dan jika berhasil akan masuk ke form registrasi, data registrasi, dan masuk ke form input petugas dimana pada form tersebut ada proses tambah data petugas, hapus data petugas dan melihat data petugas.

2.9.6.16 Diagram Statechart proses penginputan dan pengolahan data

    Gambar 2.9.6.16 Diagram Statechart proses penginputan dan pengolahan data



Dalam proses  ini menjelaskan bagaimana petugas desa melakukan proses login, dalam data user dijelaskan validasi user jika salah maka akan memberikan pesan kesalahan dan jika berhasil akan masuk ke form penginputan dan pengolahan data dan akan masuk ke data registrasi, lalu petugas bisa memilih jika akan membuat untuk kk berarti memilih input kk, dan menghasilkan surat pengantar begitupun form input yang lainnya.

2.9.6.17 Diagram Statechart proses Evaluasi

                            Gambar 2.9.6.16 Diagram Statechart proses evaluasi

Dalam proses  ini menjelaskan bagaimana petugas desa melakukan proses login, dalam data user dijelaskan validasi user jika salah maka akan memberikan pesan kesalahan dan jika berhasil akan masuk ke form evaluasi data dan akan masuk ke surat pengantar, lalu petugas bisa memilih jika akan membuat untuk lap_kk berarti memilih  lap_kk, dan menghasilkan surat pengantar begitupun form input yang lainnya.

2.9.6.17 Diagram Statechart proses Informasi

                            Gambar 2.9.6.17 Diagram Statechart proses Informasi

Dalam proses  ini menjelaskan bagaimana petugas desa melakukan proses login, dalam data user dijelaskan validasi user jika salah maka akan memberikan pesan kesalahan dan jika berhasil akan masuk ke form petugas desa data dan akan masuk ke form informasi, lalu petugas bisa memilih jika akan membuat informasi bisa menambah informasi, menghapus informasi, dan melihat informasi.

2.9.6.17 Diagram Statechart proses cek laporan kepala desa

                                  Gambar 2.9.6.17 Diagram Sequence Kepala Desa

Dalam proses dijelaskan bagaimana alur tugas kepala desa yang masuk ke sistem hanya bertugas sebagai pengecekan laporan.





0 Komentar untuk "APLIKASI KEPENDUDUKAN DESA PESANGGRAHAN BARU"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info