SISTEM INFORMASI KINERJA PT.AGRABUDI KOMUNIKA

SISTEM INFORMASI KINERJA PT.AGRABUDI KOMUNIKA

Analisis perancangan Sistem Informasi PT. Agrabudi Komunika merupakan system yang berfungsi untuk  pengelolaan data dalam merekap data penjualan kartu perdana dan M.kios di PT.Agrabudi Komunika.
Para pegawai (admin) mengelola data penjualan dari sales berupa kartu perdana dan M.kios yang telah dibeli oleh para konsumen, setelah sales memberikan laporannya kepada admin maka admin langsung merekap data penjualan kartu perdana dan M.kios yang terus di pantau oleh GM ABK setelah semua selesai maka rekapan data penjualan kartu perdana dan M.kios akan segera dilihat oleh GM ABK sebagai laporan keseluruhan
Untuk lebih jelasnya actor-actor di atas dapat di lihat dari berbagai diagram sebagai berikut :

1.      Usecase Diagram
·         Admin
Admin diberi hak akses penuh dalam sistem informasi menerima dan membuat data penjualan kartu perdana dan M.kios. pendataan stock kartu perdana, Mkios dan melihat seluruh laporan-laporan.
·         Sales
Sales adalah pegawai yang mempunyai hak untuk menjual kartu perdana, Mkios kepada custumor dan melaporkan penjualannya kepada admin untuk di rekap sehingga menjadi data penjualan.
·         Konsumen
Konsumen  hanya berperan sebagai pembeli kartu perdana atau Mkios yang dipasarkan sales, setelah itu Konsumen memiliki hak untuk meminta Tanda Bukti Pembelian kepada sales.
·         GM ABK
Hanya bertugas untuk melihat data keseluruhan yang diberikan Admin.

2.      Class Diagram





Dalam class diagram di atas terdapat beberapa class seperti menu login, ada Admin, Sales, GM, Konsumen dan laporan.di menu login terdapat beberapa menu seperti memasukan userName dan password.  Misalnya  jika ingin masuk ke Menu utama tersebut harus login dulu seperti memasukan userName dan password menu ini hanya bisa diakses oleh admin, sales, GM setelah itu baru membuat laporan data penjualan, disini GM hanya menerima isi laporan akhir saja dan konsumen hanya berhak menerima tanda bukti pembelian









3.      Sequence Diagram


Dalam diagram ini admin jika ingin masuk harus melakukan login terlebih dahulu harus mengisi username password lalu masukan username dan password setelah masuk terjadi lagi kesalahan di data usernya admin harus melakukan login lagi. Setelah berhasil masuk admin akan menampilkan menu utama, setelah itu baru membuat laporan penjualan.



Dalam diagram ini sama halnya dengan diagram di atas dalam diagram ini apabila sales masuk harus melakukan login terlebih dahulu harus mengisi username password lalu masukan username dan password setelah masuk terjadi lagi kesalahan di data usernya maka sales harus melakukan login lagi. Setelah berhasil masuk sales akan masuk ke menu utama, setelah itu baru mengisi laporan penjualan.




Didalam diagram inipun sama seperti diagram sebelumnya apabila ingin masuk ke menu utama harus melakukan login seperti biasanya dan apabila salah maka harus mengulang login kembali dan apabila berhasil maka GM langsung mengecek data yang telah diisi oleh sales dan direkap oleh admin


Dalam diagram ini mungkin sedikit berbeda dari sebelumnya disini konsumen hanya login apabila akan membeli produk dari telkomsel saja, setelah membeli maka konsumen berhak menerima tanda bukti pembelian








4.      Activity Diagram


Jika admin ingin masuk maka admin harus login terlebih dahulu admin harus memasukan username dan password setelah itu masuk ke system selanjutnya request, didalam database langsung di eksekusi apabila telah masuk maka muncul sebuah formdata penjualan, admin berhak mengisi data penjualan tersebut,  setelah laporan selesai laporan bisa direkap langsung, apabila tidak maka akan kembali lagi membuat laporan baru.




Jika sales ingin masuk maka sales harus login terlebih dahulu sales harus memasukan username dan password apabila salah maka sales harus login ulang lagi dan apabila username atau password benar maka  masuk ke system selanjutnya request, didalam system selanjutnya maka akan masuk ke menu utama setelah masuk sales langsung membuat atau mengisi laporan dari hasil kerja yang dilakukan apabila selesai laporan bisa dieksekusi atau selesai dan apabila tidak jadi maka akan kembali ke menu utama


Jika GM ingin masuk maka GM harus login terlebih dahulu GM harus memasukan username dan password apabila salah maka GM harus login ulang lagi dan apabila username atau password benar maka  masuk ke system selanjutnya request, didalam system selanjutnya maka akan masuk ke menu utama GM hanya melihat laporan keseluruhan saja






Seorang konsumen disini hanya memilih produk yang di jual oleh sales, apa itu Mkios ataupun kartu perdana jika seorang konsumen telah memilih maka akan masuk kedalam system request, apabila terjadi proses pembelian maka konsumen akan diberikan tanda bukti dan apabila tidak jadi maka akan kembali pada system sebelumnya.


5.      Statechart Diagram



Sama seperti diagram lainnya, admin, sales dan GM juga kalau ingin masuk harus melakukan login terlebih dahulu, kemudian memasukan username dan password, kalau terjadi kesalahan dalam melakukan login maka harus melakukan login ulang. Setelah benar lalu akan tampil menu utama lalu ke form penjualan, selanjutnya apabila ingin mengisi data penjualan maka bisa di tambah dan apabila dihapus juga bisa dan apabila semua selesai maka data penjualan bisa dilihat.

Nama   : Egi Gianti
Kls       : TI VID

NIM    : A2. 1100207
0 Komentar untuk "SISTEM INFORMASI KINERJA PT.AGRABUDI KOMUNIKA"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info