SISFO E-PARKING PASAR SUMEDANG

Nama         : Irfan Permana
Kelas         : TI-VI-E
Nim            : A2.1100039

SISFO E-PARKING PASAR SUMEDANG
Informasi merupakan faktor penting yang di butuhkan bagi semua orang, khusus nya di tempat parkir yang dapat membuat kenyamanan bagi para pengendara, pengelola gedung, dan petugas pengatur parkir. Namun kebanyakan lahan parkir yang ada sekarang baik di perkantoran, gedung-gedung bertingkat, dan tempat-tempat perbelanjaan tidak di lengkapi dengan sistem informasi jumlah lahan parkir yang tersedia, sehinga pemilik kendaraan merasa nyaman menitipkan kendaraan nya di areal parkir tersebut. Maka dari itu di sini saya bermaksud membuat sistem informasi parkir secara elektronik.
Dengan adanya sistem perpakiran secara elektronik di harapkan akan memberi kemudahan kepada kita dalam memilih tempat parkir yang aman dan memberikan rasa kepercayaan bahwa kendaraan di sini akan terasa aman, dan di bandingkan dengan proses manual, system aplikasi ini jauh lebih baik, baik dari segi ke amanan, kecepatan, serta ketertiban. Analisis kebutuhan sistem ini di gunakan untuk mengetahui teknologi apa yang di butuhkan oleh sistem dan siapa-siapa saja yang akan berhubungan dengan sistem tersebut yaitu antara lain sebagai berikut :
·         Operator merupakan actor yang yang terlibat secara langsung dan betugas sebagat mencatat data kendaraan, data pembayaran dan membuat laporan.
·         Pengelola merupakan actor yang terlibat secara langsung dalam proses tersebut yang tugasnya hanya melihat hasol laporan.
·         Pengemudi merupakan actor luar yang tidak memiliki keterlibatan langsung dalam sproses tersebut.

Untuk lebih jelasnya actor-actor di atas dapat di lihat dari berbagai diagram sebagai berikut :

1. Use Case Diagram




 Workflow : di dalam use case diagram tersebut ada beberapa komponen ada yang terlibat secara langsung dalam system tersebut ada juga dari luar system, yang terlibat sacra langsuang dalam proses tersebut misalnya operator yang bertugas mencatat semua data yang memasuki area parker dan membuat laporan, sedangkan pimpinan tidak terlibat secara lagsung dalam proses tersebut tetapi pimpinan hanya menerima hasil laporan. Dan yang terakhir pengendara, disi pengendara sebagai pengunjung ke tempat parkir hanya memarkir kendaraanya tidak lebih dan melakukan pembayaran jika parkirnya sudah selesai atau mau keluar lagi.


2.  Class Diagram :


Workflow : Dalam class diagram di atas terdapat beberapa class seperti menu login, ada operator, pimpinan dan laporan.di menu login terdapat beberapa menu sperti memasukan nama dan password.  Misalnya oprator jika ingin masuk ke proses tersebut harus login dulu seperti memasukan nama dan password setelah itu baru mengisi identitasnya, lalu operator seperti biasa menjalankan tugasnya sebagai mencatat data kendaraan, data pembayaran dan membuat laporan. Pimpinan juga sama seperti operator jika ingin masuk harus memasukan nama dan passwordnya terlebih dahulu setelah itu mengisi identitasnya,dandisini  pimpinan hanya menerima isi laporanya saja.

3.  Activity Diagram 
  •  Operator 


Workflow : pertama-tama operator jika ingin masuk memasukan dulu username setelah itu masuk ke system selanjutnya request, tetapi database menerima username dan passwrord operatornya salah. Dan operator pun harus masuk lagi memasukan username dan juga passwrord karena login yang tadi ada kesalahan. Setelah melakukan login lagi kali ini operator masuk system data pribadinya diterima. Setelah masuk ke system operator selanjutnya ingin keluar dari system tersebut dan harus melakukan log out trlebih dahulu setelah berhasil melakukan log out baru kembali lagi ke menu utama.


  •  Laporan



Workflow : Disini operator akan membuat laporan yang nantinya akan di serahkan kepada pimpinan, pertama-tama operator memilih form laporan lalu melakukan request ke system kemudian database menampilkan tampilan data laporan selanjutnya oprator cari data laporan setelah data laporanya ketemu lalu akan muncul tampilan data laporan dan selesai.

·         Pimpinan


Workflow : sama seperti operator pimpinan jika ingin masuk harus login terlebih dahulu dengan memasukan username dan password lalu system akan meruquestnya tetapi terjadi kesalahan dalam melakukan login nya, otomatis pimpinan harus melakukan login ulang supaya bisa masuk, setelah masuk ke system pimpinan selanjutnya akan keluar lagi danharus melakukan log out terlebih dahulu setelah berhasil log out lalu kembali ke menu utama.

1
   4.  Sequence Diagram :
  •      Operator 





Workflow : dalam diagram ini sama seperti diagram lainya operator jika ingin masuk harus melakukan login terlebih dahulu harus mengisi username pasrsword lalu masukan username dan password setelah masuk terjadi lagi kesalahan di data usernya operator pun juga harus melakukan login lagi. Setelah berhasil masuk operator akan menampilkan menu utama.

  •   Sequence Data Kendaraan



Workflow : Disini operator bertugas mencatat data kendaraan, data pembayaran dan membuat laporan. Pertama-tama operator mencatat kendaraan lalu memcatat data pembayaran dan yang terakhir membuat laporan yang nantinya akan di serahkan ke pada pimpinan.

  •       Sequence Laporan



Workflow : di sini operator akan membuat seluruh laporan, langkah pertamana operator memasuki form laporan, kemudian harus mengisi isi laporan, setelah mengisi isi laporan lalu operator masuk ke control laporan dan disini operator selanjutnya membuat laporanya, setelah berhasil membuat laporan operator masuk ke data laporan di isi operator akan meneyeleksi data laporan, setelah data terseleksi lalu tampil lah menu laporan.

  •       Sequence Pimpinan




Workflow : di sini jika pemimpin ingin masuk harus ke menu login dulu kemudian pimpinan memasukan username passwordnya, selanjutnya data user akan mengkonfirmasi username password tersebut ternyata terjadi kesalahan di loginya lalu pimpinan harus melakukan login kembali untuk bisa masuk. Setelah masuk nanti akan muncul tampil menu utama dan menampilkan menu utama.

1 5.    Statechart Diagram
  •       Operator 

Workflow : Dalam diagram ini sama seperti diagram yang lainya jika operator akan masuk langkah pertama harus login dahulu kemudian tahap selanjutnya masukan username password, jika terjadi kesalahan dalam melakukan login operator harus mengulanginya kembali setelah benar lalu tahap selanjutnya akan tampil menu utama, cek semua data, lihat data dan selesai.

 ·         Statechart Diagram Laporan


Workflow : di diagram ini operator akan membuat laporan, seperti biasa langkah pertama operator harus melakukan login terlebih dahulu, kalau terjadi lagi kesalahan operator harus melakukan login kembali. Setelah login nya benar lalu operator akan masuk, disini nanti akan muncuk menu utama, kemudian opearator membuat sebuah laporan yang terdiri dari laporan pembayaran dan laporan ke uangan kemudian laporanya terbuat dan selesai yang nantinya akan di serahkan kepada pemimpin.

  •      Statechart Diagram Pimpinan



Workflow : Sama seperti operator, pimpinan juga kalau ingin masuk harus melakukan login terlebih dahulu, kemudian memasukan username dan password, kalau terjadi kesalahan dalam melakukan login pimpinan harus melakukan login ulang. Setelah benar lalu akan tampil menu lihat laporan, selanjutnya pimpinan akan menenrima laporan dari keuangan dan laporan pembayaran setelah semua laporan diterima oleh pimpinan akan kembali lagi ke menu utama dan selesai.





0 Komentar untuk "SISFO E-PARKING PASAR SUMEDANG"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info