Aplikasi Transaksi Penjualan Pada Akim Optikal Berbasis Dekstop

*********************************
Indri Fantria Utami Nurulhuda
A2.1100084
**********************************
Aplikasi transaksi penjualan pada akim optikal berbasis dekstop merupakan aplikasi yang dibangun khusus untuk melakukan transaksi penjualan kacamata pada sebuah optikal. Sistem ini memiliki beberapa aktor yaitu :
  1. Pelanggan merupakan entitas yang sangat penting terhadap sistem ini karena transaksi atau perusahaan ini berjalan jika ada pelanggan yang memeriksakan matanya atau membeli kacamata/lensa kontak.
  2. Petugas yang mengoperasikan sistemnya, diantaranya menginputkan data dari hasil pemeriksaan, mencetak tanda bukti, dan mengoperasikan sistem secara keseluruhan. Petugas disini dapat dikatakan sebagai admin sistem.
  3. Pemilik Akim Optikal hanya berwenang mengawasi dan mengkoordinir jalannya aktifitas yang ada di Akim Optikal. Apabila ada kekeliruan atau permasalahan baru pemilik yang berperan. 
Prosedur Sistem
 
Prosedur Pemeriksaan Mata dan Transaksi Penjualan Kacamata/Lensa Kontak
  1. Pasien menerima nomor antrian untuk selanjutnya diperiksa oleh ahli mata.
  2. Setelah tiba gilirannya, pasien diperiksa kondisi matanya dan dicatat hasilnya oleh petugas.
  3. Pasien memilih frame/lensa kontak yang sesuai dengan keinginan.
  4. Aplikasi diaktifkan dan petugas memasukan data dari pasien berupa nama lengkap, alamat, nomor telepon, jenis kelamin, dan jenis pembayaran ingin menggunakan askes/asuransi/umum.
  5. Petugas memasukan data kembali seperti resep dokter, jenis frame/lensa kontak, harga frame/lensa kontak, merk frame/lensa kontak, dan total jumlah.
  6. Pasien membayar total jumlah tersebut, jika pasien hanya membayar uang mukanya saja maka, secara otomatis akan keluar sisa pembayaran dan tanggal maksimal pembayaran.
  7. Tanda bukti pembayaran dicetak dan dibubuhi cap perusahaan.
  8. Secara berkala petugas mencatat laporan data jual dan laporan data pelanggan yang belum lunas pembayaran


Prosedur Pencarian Data Bagi Pelanggan Yang Pembayarannya Belum Lunas
  1. Petugas mencari data pelanggan yang tersimpan dalam laporan data pelanggan berdasarkan nama lengkap dan tanggal pembelian frame/lensa kontak
  2. Keluar hasil pencarian dengan data pasien yang lengkap, dan terlihat informasi biaya tunggakan/sisa pembayaran yang harus dilunasi.


Entitas
a.    Entitas Dalam
1.    Pasien
Pasien merupakan entitas yang sangat penting terhadap sistem ini karena transaksi atau perusahaan ini berjalan jika ada pasien yang memeriksakan matanya atau membeli kacamata/lensa kontak.
2.    Ahli mata/dokter
Ahli mata/dokter yang memberikan data/hasil dari pemeriksaan mata yang telah dilakukan, nantinya hasil tersebut diinputkan oleh petugas ke sistem sesuai dengan nama pasiennya.
3.    Petugas
Petugas yang mengoperasikan sistemnya, diantaranya menginputkan data dari hasil pemeriksaan, mencetak tanda bukti, dan mengoperasikan sistem secara keseluruhan.
b.    Entitas Luar
1.    Pemilik Akim Optikal
Pemilik Akim Optikal hanya berwenang mengawasi dan mengkoordinir jalannya aktifitas yang ada di Akim Optikal. Apabila ada kekeliruan atau permasalahan baru pemilik yang berperan.
 
Tabel Input Proses Output
Diagram Konteks


 
DFD Level 1

DFD Level 2

Struktur Menu
Perancangan Layar
Login

Pada form ini pengguna diharuskan mengisi nama user dan kata kunci yang sudah dibuat agar dapat menggunakan aplikasi ini.  
Menu Utama

Form ini merupakan bagian yang paling penting, dimana pada form ini semua form dapat digunakan. Pada form ini terdapat menu input dengan submenu data pelanggan, menu transaksi (form transaksi), menu laporan dengan submenu laporan data jual dan laporan data pelanggan, dan logout untuk menutup / mengakhiri aplikasi ini.
Input Data Pelanggan

User pada form ini dapat memasukan data pelanggan yang ingin diperiksa matanya. Disana terdapat tombol menu untuk kembali ke menu utama, data grid untuk memunculkan data yang sudah dimasukkan dan tombol aksi, yaitu
Simpan    : untuk menyimpan data yang sudah dimasukkan, yang nantinya akan tersimpan pada database.  
Hapus      : untuk menghapus record yang sudah terdapat pada tabel. 
Ubah    : untuk memilih data yang akan diubah, apabila terjadi kesalahan pada saat memasukkan data. 
Update     : untuk memberikan aksi ‘ubah’ terdapat data yang sudah diubah. 
Cetak No Antrian : untuk mencetak no antrian setelah semua data pelanggan dimasukkan. 

          
Input Transaksi

Transaksi dilakukan pada form ini. Disana terdapat beberapa tombol, yaitu :
Simpan    : untuk menyimpan data yang sudah dimasukkan, yang nantinya akan tersimpan pada database.
Hapus      : untuk menghapus data yang terdapat pada form. 
Ubah     : untuk memilih data yang akan diubah, apabila terjadi kesalahan  pada saat memasukkan data.
Update     : untuk memberikan aksi ‘ubah’ terdapat data yang sudah diubah. 
Cetak        : mencetak data yang telah dimasukkan 
Menu        : kembali ke menu utama.
Laporan Data Pelanggan
 
Form ini merupakan laporan dari hasil proses memasukkan data pada form data pelanggan sebelumnya. Disini terdapat tombol lihat untuk melihat laporan dalam bentuk pdf yang nantinya dapat dicetak untuk kebutuhan perusahaan dan tombol menu untuk kembali ke menu utama.
Laporan Data Jual

Pada form ini merupakan laporan dari hasil proses memasukan data pada form transaksi. Disini terdapat tombol lihat untuk melihat laporan yang nantinya akan dicetak dan tombol menu untuk kembali ke menu utama.
Logout

 


Pada form ini ketika tombol keluar dipilih maka keluar peringatan apakah akan keluar aplikasi / tidak. Jika akan keluar maka pilih OK jika tidak pilih tombol x pada kanan atas.  

Untuk menggambarkan prosedur yang berjalan sesuai dengan perancangan aplikasi diatas makan dapat dibuatkan diagram UML pada sebuah tool STARUML, berikut ini : 
1. Usecase Diagram
Pada Usecase diagram aktor yang terlibat yaitu petugas (admin), pemilik dan pelanggan.
Usecase Diagram

 2. Class Diagram
Class diagram merupakan diagram untuk membentu objek dalam sistem yang dimasukkan dalam suatu kelas yang dilengkapi dengan atribut dan operasi dimana objek tersebut dapat saling keterkaitan dengan sistem. Berikut diagramnya :

Class Diagram

3. Activity Diagram


Activity diagram menjelaskan bagaimana sistem tersebut berjalan sesuai prosedural dan operasional. Diagram ini menjelaskna bagaimana aktifitas dari para aktor yang terlibat dalam sistem tersebut. Berikut diagramnya :
Login
 
Tambah Data Pelanggan
Tambah Data Transaksi
Hapus Data Pelanggan
Hapus Data Trasaksi
Transaksi


Ubah Transaksi
Lihat Laporan


Isi Data Pelanggan


4.Statechart Diagram

Pada diagram ini menggambarkan kegiatan class berdasarkan objek dinamis yang menyebabkan kejadian tambahan atau kegiatan tambahan dari objek tersebut. Diagramnya sebagai berikut :

Area Admin
 
Area Pemilik Toko
Data Pelanggan
Transaksi

5. Sequence Diagram

Sequence diagram adalah diagram yang membentuk kegiatan-kegiatan aktor yang sesuai dengan waktu akses dengan interaksi antar objek dalam sistem maupun luar sistem. Diagram ini dibentu dapat berupa vertikal / horizontal. Berikut diagramnya :

Login Admin
Tambah Data Pelanggan
Tambah Data Transaksi
Hapus Data Transaksi
Hapus Data Pelanggan
Ubah Transaksi
Lihat Laporan

Demikian diagram untuk Aplikasi Transaksi Penjualan Pada Akim Optikal Berbasis Dekstop. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Aplikasi Transaksi Penjualan Pada Akim Optikal Berbasis Dekstop"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info