Perancangan Aplikasi Database Pelayanana Kesehatan Puskesmas Wado

 oleh : Endang Sunandar -  TI-VIA  - STMIK Sumedang


 Penjelasan System 
Sistem database layanan kesehatan  ini dirancang untuk memberikan penjelasan secara detail mengenai sistem  database layanan kesehatan puskesmas wado.


  Objek- objek system 
  •  petugas pendaftaran 
  •  Dokter 
  • Petugas Farmasi 
Jenis system
System ini termasuk kedalam jenis special, karena salam system ini hanya memiliki fungsi untuk pengolahandatabase layanan kesehatan di puskesmas.

Perancangan
 Use Case Diagram
Actor yang berkaitan dengan sistem yaitu :

  • Petugas pendaftaran
Petugas pendaftaran menjadi aktor untuk mengentri data pasien yang daftar di puskesmas wado.
  • Dokter
Dokter menjadi aktor yang memeriksa pasien dan mengimput data rekapmedis dan resep.


  • Petugas farmasi. 
Petugas farmasi menjadi aktor yang mengentri resep dan memberikan obat. 
Prosedur dalam aplikasi pelayanan kesehatan  antara lain sebagai berikut :

  • Setiap aktor harus login untuk mengunakan sistem tersebut.
  •  Di dalam sistem ada area yag berbeda antar setiap aktor.
  • Untuk input pendaftaran, data pendaftaran tersebut bisa digunakan lagi beberapa field datanya untuk input rekam medis dan input resep.
Berikut merupakan gambaran dari use case diagram aplikasi pelayanan kesehatan puskesmas.
  •   

    Class Diagram 
    Class Diagram kelas  pada sistem Database Puskesmas Wado di dalam diagram class terdapat beberapa bagian aktor/entitas yang berperan dan berinteraksi dengan sistem dan didalamnya terdapat struktur data dan aksi yang dilakukan dan ada penghubung antra entitas yaitu pasien dan obat yang menjadi penghungnya. Berikut gambar class diagramnya:

    Sequence Diagram 
    Sequence Diagram membahas tahapan yang dilakukan oleh actor yang berhubungan langsung dengan sistem. 
      

    • Sequnce diagram pendaftaran 

    Di sini membahas tentang input data pendaftaran yang di lakukan petugas pendaftaran dan berikut gambarnya:
    Petugas pendaftaran dapat mengakses form login dahulu  dengan memasukkan username dan password, kemudian akan divalidasi jika username dan password tersebut salah maka akan kembali lagi ke form login tapi jika benar maka akan diverifikasi dan masuk ke menu utama. Setelah dimenu utama kita memilih menu login untuk penginputan data, setelah selesai penginputan data tersebut maka akan disimpan ke database. Sesudah menyimpan akan kembali lagi ke menu utama.


    • Sequence diagram resep

    Dokter juga selain meninput rekap medis juga menginput resep dan dokter dapat mengakses form login dahulu  dengan memasukkan username dan password, kemudian akan divalidasi jika username dan password tersebut salah maka akan kembali lagi ke form login tapi jika benar maka akan diverifikasi dan masuk ke menu utama. Setelah dimenu utama kita memilih menu login untuk penginputan resep, setelah selesai penginputan data resep tersebut maka akan disimpan ke database. Sesudah menyimpan akan kembali lagi ke menu utama.




    • Squence diagram rekap medis 

    Dokter dapat mengakses form login dahulu  dengan memasukkan username dan password, kemudian akan divalidasi jika username dan password tersebut salah maka akan kembali lagi ke form login tapi jika benar maka akan diverifikasi dan masuk ke menu utama. Setelah dimenu utama kita memilih menu login untuk penginputan rekapmedis, setelah selesai penginputan data tersebut maka akan disimpan ke database. Sesudah menyimpan akan kembali lagi ke menu utama. 

     
    • Squence diagram obat 

    Petugas farmasi dapat mengakses form login dahulu  dengan memasukkan username dan password, kemudian akan divalidasi jika username dan password tersebut salah maka akan kembali lagi ke form login tapi jika benar maka akan diverifikasi dan masuk ke menu utama. Setelah dimenu utama kita memilih menu login untuk penginputan rekapmedis, setelah selesai penginputan data obat tersebut maka akan disimpan ke database. Sesudah menyimpan akan kembali lagi ke menu utama.
  •  Sequence diagram login
    Petugas pendaftaran, dokter dan petugas farmasi melakukan input data dengan memasukkan username dan password untuk cek validasi ke dalam database, apabila username dan password yang dimasukkan benar maka akses akan dilanjutkan ke menu utama jika username dan password salah akan kembali lagi ke form login. 




    • Sequence diagram logout 
    Petugas pendaftaran, dokter dan petugas farmasi malakukan akses ke menu utama untuk melakukan penginputan data-data ke dalam sistem, setelah selesai melakukan proses inputan tersebut maka kembali ke menu utama dan keluar dari sistem tersebu.




Activity Diagram

Activity diagram merupakan alur kerja dari sebuah proses bisnis dan urutan aktifits dalam suatu proses. Berikut activity diagram pada sistem :

  • Activity diagram pendaftaran
    Petugas pendaftatan melakukan login terlebih dahulu untuk masuk ke sistem dan setelah berhasil login masuk ke menu utama.


 Activity diagram daftar
Petugas pendaftatan melakukan login terlebih dahulu untuk masuk ke sistem dan setelah berhasil login masuk ke menu utama untuk melakukan input data, dan proses data Jika semua proses telah selesai, petugas melakukan logout dari sistem.

  

Aktivity diagram dokter

Dokter melakukan login terlebih dahulu untuk masuk ke sistem dan setelah berhasil login masuk ke menu utama untuk melakukan input data rekap medis dan resep Jika semua proses telah selesai, petugas melakukan logout dari sistem. 
Aktivity diagram petugas Farmasi
Petugas farmasi  melakukan login terlebih dahulu untuk masuk ke sistem dan setelah berhasil login masuk ke menu utama untuk melakukan input data resep dan memberikan obat sebagai output Jika semua proses telah selesai, petugas melakukan logout dari sistem.  



statechart diagram

statechart diagram Pendaftaran


statechart diagram dokter
statechart diagram petugas farmasi



0 Komentar untuk "Perancangan Aplikasi Database Pelayanana Kesehatan Puskesmas Wado"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info