Perancangan Aplikasi Delivery Order Cafe DEO berbasis Website



Oleh : Fitri Awalia Mansur – STMIK Sumedang

Aplikasi Delivery Order Cafe DEO berbasis Website merupakan aplikasi yang bertujuan untuk  memudahkan para konsumen delivery order dalam melakukan pemesanan,Aplikasi website yang interaktif dan web server yang mempunyai notifikasi pemesanan yang realtime,pemesanan menu makanan dan minuman dimana saja dan halaman pemesanan akan lebih interaktif dibandingkan hanya menggunakan teknologi telepon.
Dalam aplikasi ini ada 3 aktor yang terlibat di dalamnya yaitu:
1.       Konsumen,dengan deskripsi kerja pemesanan,registrasi dan bayar.
2.       Cashier,dengan deskripsi kerja rekap pesanan,data order dan arsip penjualan (laporan penjualan)
3.       Owner,disini  owner hanya menerima laporan penjualan  dan bertindak sebagai aktor diluar sistem atau aktor yang tidak terlibat secara langsung.

Untuk lebih jelas keterlibatan aktor-aktor terhadap sistem dapat digambarkan pada Diagram Use Case dibawah ini:




Dari Use Case diatas dapat dilihat perbedaan antara aktor yang terlibat langsung  dengan system dan aktor yang diluar system ditandai dengan Boundary System.

Selanjutnya untuk melihat kelas-kelas yang terdapat dalam system dan hubungan antara kelas yang satu dengan yang lainnya serta struktur data dan aksi dari kelas-kelas tersebut dapat dilihat pada Diagram Class berikut ini:

Dari diagram class diatas dapat dilihat hubungan dari masing-masing kelas dan kelas baru yang terbentuk didalamnya.

Setelah itu untuk menggambarkan interaksi antar objek di dalam system dapat digambarkan dalam Diagram Sequence sebagai berikut :







Selanjutnya kita juga dapat menggambarkan proses bisnis dan alur kerja operasional secara langkah demi langkah dari komponen sistem aplikasi Delivery Order Cafe DEO berbasis Website ini dalam diagram aktivitas ( Activity Diagram ). Dimana diagram ini mengandung  aktivitas, pilihan tindakan,perulangan, dan hasil dari aktivitas yang dilakukan. Adapun diagram aktivitasnya dari system ini yaitu sebagai berikut :









Setelah menggambarkan alur kerja operasional dengan diagram activity, pada tahap ini akan digambarkan model perilaku yang dinamis dari class secara individual maupun beberapa bentuk dari obyek dengan Statechart Diagram. Dimana statechart ini menunjukkan deretan dari state yang dilakukan  obyek melalui event yang menyebabkan sebuah transisi dari satu aktivitas ke aktifitas yang lain, dan beberapa aksi yang berubah. Adapun Statechart Diagram  untuk Aplikasi Delivery Order Cafe DEO berbasis Website sebagai berikut :







CREATED BY : FITRI AWALIA M  TI-VI-A

0 Komentar untuk "Perancangan Aplikasi Delivery Order Cafe DEO berbasis Website"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info