google.com, pub-9922355301914235, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Sistem Informasi Pengolahan Data Penjualan dan Pengolahan Data Karyawan CV SM BILQIS - Tutorial Kampus
Banner IDwebhost

Sistem Informasi Pengolahan Data Penjualan dan Pengolahan Data Karyawan CV SM BILQIS

Oleh : Nury Nurrohmah TI VI A


CV SM BILQIS adalah sebuah perusahaan yang bergerak di penambangan pasir namun pembukuannya belum sepenuhnya menggunakan komputer melainkan manual. Hanya dibagian administrasi saja yang menggunakan komputer itu juga menggunakan microsoft excel dan word.Sehingga menyebabkan beberapa kendala diantaranya yaitu pengarsipan data yang kurang teratur yang mengakibatkan pencarian data sulit dilakukan.
Sistem informasi ini di bangun menggunakan metode penelitian pada perusahaan.Data yang di olah dalam sisitem ini diantaranya adalah data absensi,data penjualandan data karyawan,laporan absensi,laporan gaji, dan laporan  penjualan.

1. UseCase Diagram
Aktor
Penjelasan
Admin
Admin adalah orang yang mengolah data karyawan,mengolah data absensi,mengolah data penjualan dan membuat laporan untuk pimpinan
Karyawan
Karyawan adalah orang yang bekerja di cv sm bilqis dan menginput data diri dan absen setiap hari nya.
kasir
Kasir adalah  orang yang melayani penjualan ke konsumen dan menginput data penjualan
Pimpinan
Pimpinan adalah atasan cv smbilqis yang akan melihat informasi atau laporan di perusahaan nya.

UseCase
Penjelasan
Login
Login adalah proses dimana actor untuk memulai suatu tindakan didalam sistem
Keluar
Keluar adalah tombol untuk mengakhiri system yang sedang dugunakan
Registrasi
Registrasi adalah dimana karyawan melakukan penginputan data diri untuk dijadikan laporan oleh admin
Absen
Absen adalah cara karyawan untuk bias membedakan mana yang hadir atau tidak
Input Data Transaksi
Input data transaksi adalah penginputan data transaksi kedalam system oleh kasir
Input laporan kasir
Input laporan kasir adalah pengolahan data transaksi penjualan dari kasir maka oleh admin dibuat laporannya
Data karyawan
Data karyawan adalah data dimana dari karyawan yang telah registrasi maka data akan sendirinya masuk keadmin dan oleh admin dijadikan laporan untuk pimpinan
Melihat Laporan
Melihat laporan  adalah tugas pimpinan untuk mengecek jumlah karyawan,pengeluaran gaji,dan laporan penjualan

2. Class Diagram
Penjelasan

Pada kelas ini terdapat bebrapa actor yang menghasilkan bebeberapa class pertama admin melakukan login dan didalam login admin terdapat username dan password untuk memasuki system kemudian ada class penjualan yang dihasilkan dari tindakan system kasir kemudain clas registrasi dan kelas absen hasil dari tindakan system karyawan kemudain bersatu di class admin dan di buat laporan untuk pimpinan.
3.Sequence Diagram
      a. Admin
Penjelasan 
Pertamanya admin melakukan  login di form login lalu memasukan password dan username kemudian apabila data ada berarti admin berhasil masuk namun jika data kurang falid maka aka nada validasi dan keterangan username atau password salah.
  

Pertama admin berada di menu utama lalu memilih form penjualan dan kemudian membuat laporan untuk pimpinan dan disimpan di databse.

Admin memasuki menu utama kemudian memilih data absen kemudian apabila ada yang perlu di edit maka di edit kemudian di simpan ke data base da nada tampilan data berhasil di edit,kemudian apabila ada yang perlu di hapus maka di hapus kemudian di simpan ke data base da nada tampilan data berhasil di hapus

Pertamanya admin melakukan login di form login lalu memasukan password dan username kemudian apabila data ada berarti karyawan berhasil masuk namun jika data kurang falid maka aka nada validasi dan keterangan username atau password salah.
  
Setelah karyawan berhasil untuk login maka akan muncul menu utama dan kemudian muncul menu registrasi lalu karyawan menginputkan data diri nya dan disimpan didatabase. 



Setelah kasir berhasil masuk kesistem lalu masuk ke menu utama lalu  menginput data penjualan dan di simpan didatabase
Pimpinan melakukan login lalu memilih laporan yang akan dilihat maka akan muncul laporannya.
C. Activity Diagram

Pertama setelah melakukan login kemudain system memunculkan form pengolahan data karyawan kemudian admin memilih masterdata lalu muncul di system yaitu form karyawan kemudian admin memilih tindakan mau di edit,disimpan atau di hapus maka data tersebut di simpan kembali di data base.
Admin memiliha data pengolahan penjualan kemudain data tersebut ada di data base jadi admin hanya meliah data nya saja dan nantinya akan dibuat laporan.
 
 
 
 



 

 
0 Komentar untuk "Sistem Informasi Pengolahan Data Penjualan dan Pengolahan Data Karyawan CV SM BILQIS"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info