PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ERLOJI DI SUMEDANG



Post by  mohamad echa putra 
nim : A2.1100133
kelas : TI-VIC 
Stmik sumedang

awalnya pada matakuliah apsi judul yang saya ambil yaitu tentang SISTEM INFORMASI PENJUALAN ERLOJI BERBASIS WEB PADA CV.SINAR TERANG SEMARANG  karya N.CANDRA APRIYANTO tetapi objek lokasi di matakuliah analisis dan perancangan SBO menjad PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ERLOJI DI SUMEDANG, ini adalah hasil ANALISIS DAN PERANCANGAN APSI

Deskripsi
CV.Sinar Terang merupakan sebuah toko yang melayani penjualan arloji. Dalam melakukan kegiatannya, CV.Sinar Terang masih menggunakan media penyampaian informasi yang sederhana sehingga untuk pemasaran produk dan layanannya masih belum maksimal. Dengan masalah yang dihadapi oleh CV.Sinar Terang, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi berbasis web, hal ini sangatlah penting karena dengan adanya sebuah sistem ini akan dapat membantu kendala yang ada. Pelanggan akan dapat mengakses informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja. Dengan demikian CV.Sinar Terang dapat memperluas jangkauan pemasaran tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya.

Entitas yang terlibat
Administrator ( admin)
Orang yang mengelola system yang artinya orang tersebut yang bertugas dalam pengolahan berbagai data di antaranya yaitu data anggota,data produk, data pemesanan, data konfirmasi pemesanan dan data kontak pesan.

User
Orang yang melakukan pendaftaran dan melakukan transaksi. dalam melakukan transaksi user harus mempunyai akun anggota supaya dapat masuk sebagai anggota (member) yang dapat melakukan transaksi. dan user harus melakukan pembayaran melalui  bank mandiri,bca, master dan visa setelah melakukan transaksi dan barang yang di pesan akan dikirim oleh JNE.

Prosedure transaksi oleh user
  1.  User harus mendaftarkan diri menjadi anggota di website penjualan erloji
  2.  User  dapat melakukan transaksi  dimulai dengan melihat produk, memesan dan melakukan konfirmasi pesanan
  3. User dapat mengirimkan kontak pesan kepada admin

Prosedur pengolahan data oleh admin
  1.   Admin dapat mengolah data anggota dimana data admin dan data user akan di simapan di dalam database dengan nama tabel data_anggota
  2.  Admin dapat mengolah data produk dimana hasil olah tersebut akan di tampilkan di halaman user
  3.  Admin mengolah data pesanan dari user
  4.  Admin mengolah data konfirmasi pesanan dari user dan admin memasukan data pembayaran setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak bank bahwa orang yang memesan tersebut telah memesan
  5.  Admin mengolah data kontak pesan dimana admin bisa saling balas membalas pesan antara user dengan admin

TABEL IPO


DIAGRAM KONTEKS
Entitas admin akan memasukan data anggota , data produk, data konfirmasi pesanan, data kontak pesan dan meneriman atau output yang di hasilkan oleh system kepada admin di antaranya adalah informasi kontak pesan, informasi konfirmasi pesanan, informasi pesanan, informasi produk, infrmasi anggota. Sedangkan untuk entitas user untuk memasukan datanya  di antaranya yaitu data kontak pesan, data konfirmasi pesanan, data pesanan, dan data anggota. Output yang di hasilkan oleh system kepada entitas user yaitu informasi produk, informasi pesanan, informasi kontak pesan, informasi anggota.

DFD LEVEL 1

User melakukan pendaftaran dengan memasukan data anggota dan data anggota tersebut masuk ke dalam data store. Data store akan memberikan data anggota ke proses pendaftaran yang akhirnya user menerima informasi anggota. Admin melakukan olah data produk dengan memasukan data produk  dandata produk tersebut di simpan kedalam data store dan dari data store di kirimkan kedalam proses transaksi, dan user dapat melihat informasi produk tersebut. User memasukan data pesanan melalui proses transaksi dan di simpan ke dalam data store data transaksi dan dari data store transaksi tersebut di kirimkan kembali ke proses transaksi dan user dapat melihat informasi pesanan dan selanjutnya user melakukan konfirmasi pesanan dan konfimasi pesanan tersebut di simpan ke dalam data store konfirmasi pesanan. Kemudian data store pesanan akan memberikan data informasi ke dalam proses olah data pesanan dan menjadikan informasi kepada admin, begitu juga untuk konfirmasi pesanan akan mengirimkan data konfirmasi pesanan melalui proses olah data konfirmasi pesanan kepada admin. Admin dan user pun dapat melakukan kirim kontak pesan melalui data kontak pesan. Dan admin juga dapat mengolah data anggota dimana nantinya admin dapat menambah , mengubah, menghapus data anggota baik itu anggotanya dalam status admin ataupun member.

STRUKTUR MENU




Pada struktur menu di sini dimana di menu awal terdapat home login dan daftar di sana adalah di tempatkan di halaman utama dimana user dan admin masuk terlebih dahulu kesana tetapi bedanya admin tidak perlu daftar terlebih dahulu melalui daftar di sana sedangkan user harus daftar terlebih dahulu. Selanjutnya login dimana nantinya untuk admin akan masukn ke halaman khusus untuk admin yang menu-menunya antara lain home, olah data produk, olah data anggota, olah data pesanan, olah data konfirmasi pesanan, olah data kontak pesan, logout. Sedangkan untuk user terdapat transaksi,logout dan kontak pesan. Dan tampilan untuk user tidak berubah tetap seperti itu hanya bagian menu nya ada yang hilang ada yang di tambahkan.


PERANCANGAN LAYAR 

PERANCANGAN LAYAR UNTUK USER

Halaman ini untuk user yang ingin menjadi anggota di cv.sinar terang, anggota tersebut bukan sebagai admin tetapi sebagai member dimana nantinya user dapat melakukan transaksi.
 





 Kontak pesan di sini adalah dimana nantinya user dapat memberikan pesan kepada pihak admin dan pesan lama di sana adalah pesan-pesan terdahulu yang telah di kirim oleh admin dan user.







      Pada perancangan layar transaksi ini user dapat melihat produk-produk yang di olah oleh admin, dan user dapat melakukan pemesanan .







Di perancangan ini user dapat menambah pemesanan atau menghapus pesanan dan user dapat melihat total harga yang akan di bayarkan oleh user.



UNTUK OLAH DATA OLEH ADMIN


perancangan layar ini adalah halaman utama untuk admin setelah melakukan login di halaman sebelumnya.



 


admin dapa menambah, menghapus, mengubah data anggota , baik itu sebagai admin maupun member.



di sini admin hanya dapat menghapus data pesanan.




admin dapat memasukan data pembayaran yang telah di bayarkan oleh user dan admin juga dapat merubah dan menghapusnya.
 



perancangan laporannya





Laporan anggota ini untuk menjadi tolak ukur, berapa banyak orang yang bergabung di website ini.
 








Laporan pesanan ini adalah untuk menjadi tolak ukur, berapa banyak orang yang bergabung dan memesan produk kepada cv sinar terang ini, produk apa saja yang banyak diburu oleh anggota.
 



untuk gambar di samping adalah laporan konfirmasi pesanan dimana laporan ini akan di berikan kepada jasa pengiriman barang ( JNE ) kepada nama dan alamat yang sudah tercantum di dalamnya, sekaligus barang yang di pesannya.



analisis dan perancangan SBO 
di dalam sbo ini mungkin amat berbeda dengan sistem yang terstruktur karena selain menambahkan 2 aktor yang ada di dalam sistem  yaitu keuangan dan gudang.
Sistem informasi penjualan erloji adalah sistem untuk melakukan transaksi penjualan antara pihak pembeli dengan perusahaan erloji. di dalam sistem ini terdapat 4 aktor yang terlibat dalam sistem ( lingkungan dalam )yaitu :
  1. visitor atau user , aktor ini  berhubungan dengan sistem dengan membaca petunjuk untuk memahami sistem ini, cari produk, memilih produk,keranjang belanja, bayar, daftar dan login
  2. admin bertugas untuk mengolah data di antaranya olah data user, pegawai (persediaan barang,admin dan bagian keuangan), dan membuat laporan
  3. bagian keuangan bertugas untuk mengolah data transaksi dan data pembayaran
  4. bagian persediaan barang bertugas untuk mengolah data barang
untuk lebih jelas hubungan antara aktor dengan sistem bisa di lihat dengan diagram uses case di bawah ini:


ada satu aktor yang tidak terlibat dengan sistem yaitu pimpinan, pimpinan ini hanya menerima laporan saja di pembuat laporan yaitu admin.



DIAGRAM CLASS

selanjutnya untuk diagram kelasnya seperti gambar dibawah ini
pada diagram class di atas ada sedikit perbaikan , untuk lebih jelas mungkin ini gambarnya
pada diagram class di atas aktor user/visitor mendaftar ke sistem untuk menjadi member,terus login ke sistem penjualan erloji, mencari barang, melakukan pemesanan/transaksi, membayar  dan mengirimkan pesan jika ada keluhan atau ada masalah. untuk aktor admin,keuangan dan kelola barang/gudang, dia di daftarkan oleh admin di bagian anggota admin juga dapat menghapus dan mengubah data pegawai apabila dari keuangan atau kelola barang ada data yang salah atau ada angota yang keluar atu berhenti dari bagian keuangan atau gudang.  admin juga bagian menceetak laporan mulai dari laporan member,pembayaran,transaksi,pembayaran dan produk. admin pun membalas pesan kepada member yang mengirimkan pesan. bagian keuangan hanya mengelola transaksi dan pembayaran, dimana bagian transaksi hanya menghapus saja, menghapus disini jika ada orang yang iseng-iseng melakukan transaksi dan setelah transaksi itu tidak melakukan pembayaran maka bagian keuangan akan menghapus transaksi tersebut, keuangan juga melakukan ubah dan hapus, keuangan mengubah data keuangan jika user telah membayar hasil transaksinya melalui bank maka bagian keuangan melakukan perubahan data dengan memasukan cek bayar, di cek tersebut bahwa member tersebut telah melakukan pembayaran, kalau untuk hapus, jika user tidak membayar ke bank maka transaksi dan bayar tersebut akan dihapus.



SEQUENCE  DIAGRAM

selanjutnya adalah diagram squence interaksi antar objek yang di lihat dari operation di dalam class diagram, seperti pada gambar di bawah ini:
login admin 

admin mengisi email dan password melalui kontrol login email dan password itu di cek dari kontrol ke database akan mengirimkan data pegawai, di data tersebut apakah email dan password sudah terdaftar jika belum maka akan muncul pesan bahwa email atau password salah dan jika benar maka akan muncul halaman utama.


login persediaan barang
 
untuk login kelola barang sama dengan login admin karena data tersebut diambil dari data pegawai, dan dari antar muka pun sama.

login bagian keuangan
 
keuangan juga sama dengan admin dan bagian gudang/kelola produk.

login user/visitor

login user atau visitor  melakukan login dengan memasukan email dan password di halaman utamanya di dalam kotrol login mengirimkan data user/data member untuk mengecek apakah user ini sudah terdaftar jika belum makan user akan mendapatkan pesan email atau password salah jika benar maka user akan menampilkan ke halaman utama.

di bawah ini adalah diagram squence yang di lakukan oleh admin 
admin mengisi data pegawai supaya bagian keuangan dan gudang/kelola barang dapat melakukan login dan bisa melakukan tugasnya, admin masuk ke halaman olah data pegawai, mengisi data selanjutnya simpan dan data pegawai .

edit data pegawai

ini adalah sequnce untuk mengedit data pegawai, jadi jika data tersebut ada yang salah maka dengan akan melakukan perubahan

hapus data pegawai
di sini admin dapat menghapus data pegawai jika pegawai di berbagai bagian sudah keluar dari pekerjaannya.dengan mesuk ke halaman olah data pegawai hapus data pegawai data di hapus lalu setelah menghapus maka akan tampil pesan data pegawai telah dihapus.


kirim pesan melalui kontak pesan

 
di kontak pesan ini user/member dan admin bisa saling kirim pesan, di sini admin membuka di halaman kontak pesan admin untuk berinteraksi antara sistem, dan user sebagai pengirim.

disini adalah untuk mencetak data mulai dari data user/member, transaksi,bayar,produk  dengan memilih data yang akan di cetak misalkan data member /data user, lalu akan menampilkan data yang akan di pilih , sama dengan data yang lain juga seperti itu





bagian gudang
mengisi data produk

isi data produk di lakukan oleh kelola data baran/bagian gudang, disana mengisi barang apa saja yang akan dimasukan, yaitu seperti cara di dalam diagram diatas , gudang atau kelola data produk memasukan data produk dihalaman kelola data produk dan di kelola data produk di bagian kontrol disana akan mengirimkan data yang akan ditambah dan di data produk data tersebut di simpan selanjutnya setelah berhasil disimpan tampil pesan data berhasil disimpan.


disini gudang mengubah data bila data tersebut habis atau ada pengiriman barang yang baru maka gudang harus memasukan data tersebut dengan membuka halaman olah data produk lalu ubah data produk yang ingin di ubah lalu ubah dan tampil pesan bahwa data produk berhasil di ubah.
hapus data produk
 


hapus pun sama pilih halaman kelola data produk lalu hapus data yang ingin dihapus lalu data produk memberikan pesan bahwa data produk berhasil dihapus.
dibagian admin ada satu yang dihapus yaitu edit data member atau user, disini karena di dalam diagram class dihapus karena ada perubahan maka data tersebut dihapus di sequencial diagram.


 bagian keuangan
 
untuk menghapus data transaksi, bagian keuangan masuk ke olah data transaksi pilih hapus data transaksi, dan muncul pesan hapus data berhasil 
hapus data pembayaran
alam menghapus data pembayaran bagian keuangan masuk ke olah data pembayaran lalu hapus data pembayaran, dan setelah dihapus maka akan muncul pesan hapus data berhasil.

ubah data pembayaran

ubah data pun sama dengan menghapus tetapi ini mah merubah diagram sebelumnya mah menghapus , dalam mengubha data pembayaran bagian keuangan masuk ke olah data pembayaran lalu ubah data pembayaran , data tersebut di ubah dan setelah diubah akan muncul pesan ubah data berhasil.


untuk selanjutnya adalah aktor user.

 user/visitor
cari produk

di dalam pencarian produk, dihalaman utama user memasukan data produk yang akan dicari, data tersebut di cari, jika ditemukan makan akan menampilkan data produk di halaman utama jika tidak yang data di halaman utamnya kosong tidak ada produk yang dicari.

pilih produk ( isi data transaksi)
setelah produk tersebut dicari user melakukan pemilihan produk/pemesan jika user tersebut berminat untuk membeli prodak tersebut. data tersebut dipilih dan masuk ke keranjang belanja dari keranjang belanja data tersebut disimpan di data transaksi, dan data di tampilkan di keranjang belanja setelah dproduk tersebut dipilih .

isi data pembayaran

setelah melakukan transaksi user melakukan pembayaran dengan mengisi data pembayaran, apa saja yang diisi, kalian bisa dilihat di diagram kelas bagian pembayaran, tetapi untuk cek pembayaran itu bukan bagian user/member yang memasukan melainkan bagian keuangan.

isi data user ( pendaftaran)
dibagian pendaftaran ini visitor mendaftarkan diri untuk menjadi member supaya dapat melakukan login dan melakukan transaksi pemesanan kepada penjualan erloji online ini.dengan cara memasukan data dirinya di pendaftaran dan setelah data tersebut di simpan maka akan muncul data pendaftaran berhasil disimpan.

kirim pesan 
 kontak pesan sama saja dengan admin melainkan kalau admin di tampilan khusus untuk pengolahan data sedangkan untuk user di tampilan khusus untuk user




ACTIVITY DIAGRAM
di dalam aktivity diagram ini adalah suatu diagram untuk aktivitas antara pengguna denga sisttem itu sendiri, seperti halnya admin melakukan login yang ada di bawah ini admin melakukan login dengan memasukan email dan password, bagian sistem merequest ke data base sedangkan database mengeksekusi data yang di masukan tersebut apakah email dan password tersebut sudah terdaftar, jika sudah  masuk ke halaman utama jika tidak maka akan tampil ke bagian form untuk memasukan login. hal ini sama saja dengan bagian keuangan dan bagian kelola barang jadi ga di jelaskan secara detail karena sudah sama.

login admin


tambah,hapus edit data pegawai
di bagian tambah , hapus dan edit, semuanya masuk di halaman yang sama yaitu di halaman olah data pegawai, jadi di jelaskan dalam satu saja, untuk tambah pegawai, admin memasukan data pegawai lalu tambah data pegawai data tersebut di simpan lalu ditampilkan kehalaman sistem nya setelah data tersebut di simpan, sama halnya dengan update dan hapus data tersebut dihapus atau di update, setelah di edit atau dihapus data tersebut ditampilkan ke halaman sistemnya.

edit data pegawai

hapus data pegawai


ubah data pegawai



cetak laporan 
disini cetak laporannya yaitu cetak laporan transaksi,user/member, produk,pembayaran. aktivitas untuk pencetakan laporan tersebut sama saja seperti contoh cetak laporan pembayaran admin memilih laporan yang akan dicetak misalkan memilih data pembayaran lalu lalu cetak data pembayaran

cetak laporan pembayaran

cetak laporan produk

cetak laporan transaksi


cetak laporan data user



kontak pesan 
di dalam kontak pesan ini admin pilih menu kontak pesan lalu sistem merequest data dan eksekusi kedatabase, data di isi dan di kirim data yang dikirim masuk ke database dan disimpan dan data tersebut di tampilkan di kontak pesan admin.





gudang atau pengelola data produk


login
untuk login sama saja dengan login adin, yang membedakan hanya aktornya saja,

hapus ,simpan ,edit data produk
dalam menghapus , simpan dan edit data produk, bagian gudang harus memilih olah data produk, lalu bagian gudang tinggal milih apakah mau hapus, edit ataukah simpan .
hapus data produk



simpan data produk


edit data produk




 bagian keuangan
login keuangan 
login untuk keuangan sama saja dengan login admin dan bagian kelola produk/gudang, yang membedakan hanyalah akor bagiannya saja.
ubah data pembayaran dan hapus data pembayaran
untuk mengubah dan menghapus data pembayaran, bagian keuangan memilih olah data pembayaran, disana bagian keuangan dapat memiih apakah data tersebut akan diubah atau di hapus.


ubah data pembayaran

hapus data pembayaran




hapus transaksi
bagian keuangan juga terdapat olah data transaksi, disini bagian keuangan hanya ada satu kontrol yaitu hapus, dimana jika user tidak melakukan pembayaran selama 7 hari maka data tersebut akan dihupus, untuk menghapusnya, bagian keuangan memilih olah data transaksi lalu pilih hapus data, setelah dihapus data akan di tampilkan.


user/visitor/member

daftar user
user mendaftarkan diri untuk menjadi member dengan pilih daftar tampil halaman pendaftaran, lalu isi pendaftaran dan simpan data user /member tersebut lalu data tersebut disimpan.
 

login user
user mengisi email dan password , di sistem akan merequest dan di database akan mengeksekusi email dan password tersebut jika email dan password tersebut tidak ada maka gagal dan kembali ke pengisian email dan password, dan jika berhasil makan akan tampil ke halaman utama denga status member/sudah terdaftar.
 
cari produk
user memasukan nama produk yang akan dicari lalu pilih cari bagian sistem merequest data yang akan dicari dan database mengeksekusi data tersebut dan jika di temukan akan di tampilkan data produk jika tidak tetap akan ditampilkan tetapi data tersebut kosong.
 

transaksi user
dalam melakukan transaksi user memilih produk yang akan di pesan, sistem penjualan merequest database eksekusi lalu ditampilkan di keranjang belanja data tersebut disimpan  menyimpan data dan data transaksi disimpan dan tampilkan data transaksi di keranjang belanja.



data bayar
setelah melakukan transaksi lalu user membayar dengan memasukan data pembayaran lalu simpan data pembayaran tersebut.


kirim pesan
untuk kontak pesan sama saja denga yang lainnya.



Statechart Diagram
admin 
disini adalah tampilan halaman utama admin dimana ada user/member,pegawai,produk,transaksi,pembayaran dan kontak pesan. maksudnya user adalah halaman untuk olah data user, pegawai,produk,transaksi,pembayaran, halaman utama
                                                        


olah data pegawai 
disini adalah untuk mengolah data pegawai, dimana ada 3 aksi yaitu input,update dan hapus, dan tambahan lagi yaitu melihat data.
  


kontak pesan
kirim pesan sama ada 1 kontrol yaitu kirim pesan.
cetak laporan user/member,pembayaran,transaksi,produk
di state chart ini admin mencetak laporan mulai dari laporan user/member, pembayaran,transaksi,dan produk.

halaman olah data produk




halaman olah data bayar


halaman olah data user/member

halaman olah data transaksi


                    











             
bagian keuangan  
di bagian keuangan  hanya ada transaksi dan pembayaran saja.
 olah data transaksihanya terdapat 1 kontrol yaitu hapus saja.



 bayar mempunyai 2 kontrol yaitu hapus dan edit saja






gudang/persediaan barang
bagian persediaan barang/gudang hanya menampilkan olah data produknya saja, untuk melakukan suatu pekerjaannya.
sedangkan di dalam olah data produk terdapat 3 aksi yaitu simpan, hapus, ubah,
olah data produk






 user/visitor

 mencari produk oleh user

user dapat masuk ke keranjang belanja dengan mengklik memilih produk yang telah di pilih user.


user dapat melakukan pendaftaran dengan secara langsung di halaman utama memilih halaman utama.

login ini tidak jauh beda dengan login aktor yang lain.

disini user dapat masuk ke pembayaran lewat keranjang belanja, tetapi sebelum masuk ke pembayaran user harus melakukan login terlebih dahulu.



disini user dapat kirim pesan dan melihat pesan







 mungkin sampai di sini diagramnya, mhon maaf bila ada kekurangan dlam diagram ini, dan bagi pembaca mohon memberikan komentanya, terimakasih..










by.mohamad echa putra


0 Komentar untuk "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ERLOJI DI SUMEDANG"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info