SITEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

"SISTEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN"
Pada sistem aplikasi kependudukan ini prosedur yang berjalannya yaitu, Pertama pegawai desa yang bertugas sebagai admin melakukan login agar dapat masuk ke sistem. Setelah admin masuk kesistem maka admin akan memasukan data kependudukan sesuai dengan KK, KTP, Surat kena lahir, surat keterangn meninggal, dan surat keterangn pindah. Data KK dan KTP yang di input akan diolah menjadi informasi berupa data kependudukan secara keseluruhan berdasarkan NIK, Nama, Golongan darah, pekerjaan, tahun kelahiran, dan Jenis kelamin. Untuk mengetahui pendudk masuk, keluar, lahir dan meninggal maka diperlukan input data tambahan seperti surat kena lahir, surat keterangan meninggal, dan tanda pindah sebagai data pendukung. Semua data yang telah di input dan diolah akan disimpan di data base, jika data suatu saaat dibutuhkan untuk pembuatan laporan maka data dapat dicari berdasarkan NIK, Nama, Jenis kelamin, Golongan darah, pekerjaan maupun tahun lahir sebagai kata kunci pencarian. Hasil olah data penduduk akan menjadi informasi bagi kepala desa berupa laporan, laporan kependudukan dapat disajikan per periode.
Aktor yang terlibat dalam Sistem ini antara adalah:
- Admin(pegawai desa) : Sebagai pihak yang terlibat langsung dengan sistem yang bertugas login ke sistem dan mengInput data Penduduk.
- Penduduk: Sebagai pihak yang mempengaruhi sistem, dimana apabila ada kelahiran, kematian, pendatang maupun pindah.
- Kepla desa, sebagai penerima laporan.
A. TERSTRUKTUR (APSI)
1) Tabel IPO (Input, Proses dan Output)
Keterangan:
1) KTP, KK, Surat Kena lahir, Keterangan Pindah, Alasan Pindah, Surat keterangan meniggal semua merupakan Data Penduduk
2) Semua Laporan di jadikan Laporan Kependudukan
2) Context Diagram (DFD level 0)

Penjelasan: Context diagram atau DFD level 0 merupakan gambaran awal sistem secara keseluruhan, menggambarkan entintas yang telibat dalam sistem yaitu Admin sebagai pegawai desa yang bertugas untuk login langsung ke sistem dan menginput data kependudukan, Penduduk desa memberikan data penduduk tanpa untuk diinputkan datanya oleh pegawai desa, dan kepala desa menerima laporan dari hasil pengolhan data tersebut.
3) DFD Level 1

Penjelasan: Penduduk yang bersangkutan menyerahkan Data penduduk yang akan diolah Pegawai desa yang bertugas sebagai admin dan berhubungan langsung dengan sistem, sebelum menginput data penduduk, Admin melakukan Login tellebih dahulu ke sistem dengan memasukan user id dan password, sistem akan mengecek proses login tersebut ke data stor apakah user id dan password dimasukan itu benar atau tidak, jika benar maka akna muncul pesan validasi dan admin dapat masuk ke sistem untuk menginput data atau melakukan pencarian. Admin melakukan input data sesuai dengan proses yang dilakukan. Hasil akhir dari pengolahan data akan berupa laporan kepada Kepala desa

4) Struktur Menu

B. SISTEM BERORIENTASI OBJEK(SBO)
Brikut adalah penjelas dari sistem yang digambarkan dalam beberapa diagram. Pada penjelasan diagram ini, merupakan penjelasan beberapa proses secara intinya.
1) Use Case
Gambar : Use Case Diagram
Nama Use Case     : Sistem Administrasi Kependudukan
Aktor                     : Admin (pegawai desa), Penduduk, Kepala Desa
Penjelasan         : Pada Use case diatas digambarkan bahwa aktor yang berhubungan secara langsung dengan sistem adalah Pegawai desa sebagai Admin. Admin untuk memulai pekerjaan nya akan melakuakn login terlebih dahulu ke sistem, setelah login maka akan masuk kesistem dan memilih berbagi proses yang diperlukan sesusi dengan yang diajikan oleh penduduk, seperti pendatatn penduduk, pendaftaran penduduk untuk penduduk desa luar yang akan pindah sebagi pedatang, Pengurangan penduduk untuk penduduk yang pindah keluar desa, Penambahan penduduk untuk mencatat data kelahiran dan Pendataan penduduk meninggal untuk mencatatn data penduduk yang sudah meninggal
2) Class Diagram
Diagram kelas mendeskripsikan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas – kelas yang akan dibuat untuk membangun sistem. Berikut adalah diagram kelas dari sistem administrasi kependudukan.
Gambar : Class Diagram

3) Activiti Diagram
Gambar : Activity Diagram Login
Penjelasan : Admin(pegawai desa) login ke sistem dengan memasukan user ID dan password, sisitem akan mengecek user ID dan password yang dimasukan benar atau tidak, jika benar maka akan menampilkan pesan validasi dan menuju ke menu utama, jika salah maka akan kembali ke form login untuk mengisi user id dan password.
Gambar : Activity Diagram Penduduk

Penjelasan : Diagram diatas menjelaskan penduduk yang datang ke desa bertujuna untuk melakukan administrasi kependudukan dengan mengajukan permohonan kependudukan dengan memabawa persyaratan sesuai kebutuhan dari jenis pendataan kependudukan, persyaratan akan diberikan ke pegawai desa(admin) untuk diperiksa kelengkapannya, jika lengkap maka proses pendataan dapat dilakukaan admin dengan memilih menu kependudukan sesuai yang diajukan oleh penduduk, namun jika persyaratan tidak lengkap maka penduduk tidak dapat melakukan pendataan kependudukan. Jenis pendataan yang dapat dilakukan adapah seperti diagram activity di bawah.

Gambar : Activity Diagram Pendaftaran penduduk

Gambar : Diagram Activiti Pengurangan penduduk

Gambar : Activiti Diagram Penambahan penduduk

Gambar : Activity Diagram Pendataan penduduk meninggal

4) Statecharet Diagram
Statechart diagram menggambarkan setiap keadaan yang dilalui dalam sistem utuk setiap proses, dibawah adalah satechart diagram untuk proses pendaftaran penduduk, penambahan penduduk, pengurangan penduduk dan pendataan penduduk meninggal sebagai berikut.

Gambar : Satatechart Diagram Pendaftaran penduduk

Gambar : Statechart Diagram Pengurangan penduduk

Gambar : Statechart Penambahan Penduduk

Gambar : Statechart Diagram Pendataan penduduk meninggal

5) Sequence Diagram
Gambar untuk Sequence Diagram dari sistem Administrasi Kependudukan adalah sebagai berikut

Gambar : Sequence Diagram Login

Gambar : Sequence Diagram Pendaftaran penduduk

Gambar : Sequence Diagram Pengurangan Penduduk

 Gambar : Sequence Diagram Penambahan Penduduk

Gambar : Sequence Diagram Pendataan Penduduk Meninggal


Siti Mariam
STMIK Sumedang
0 Komentar untuk "SITEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info