PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG ELECTRONIC


Oleh: Dina Melairiani
TI-VI A (A2.1100047)
STMIK - SUMEDANG

Penjualan barang electronic dalam meningkatkan pelayanan kepada konsumen suatu bidang usaha penjualan harus inovatif dan selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen. Inovatif dalam arti harus menjual produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen disamping itu barang-barang yang ditawarkan mengikuti perkembangan, kemudian selalu memberikan yang terbaik berarti memberikan banyak alternative barang. Suatu bidang usaha harus dapat mengenalkan diri dan produk-produk yang mereka jual sehingga konsumen yang belum tahu akan mengenalnya, yang sudah mengetahui akan semakin percaya. Sehingga akan mudah mendapat perhatian masyarakat. Begitu juga yang terjadi pada lingkungan sehari-hari seperti misalnya pada toko electronic. Toko ini bergerak dibidang penjualan barang-barang electronic  misalnya televisi, radio, sound system dan lain sebagainya.  Barang electronic masih sangat penting bagi masyarakat dari jaman ke jaman barang electronic pun berubah, misalnya televisi yang bentuknya berbeda dengan televisi  jaman dahulu. Produk electronic berkembang dan selalu bisa menjaring lebih banyak pelanggan baru.

Prosedure Sistem
Costumer akan membeli barang kepada pelayan. Setelah membeli  costumer melakukan pembayaran terlebih dahulu dengan mencantumkan data costumer yang membeli dan daftar pesanan  barang yang akan dibeli. Setelah bukti pembayaran diterima lalu dibuatkan dua nota pembelian yang nantinya akan diberikan kepada costumer dan yang satunya disimpan oleh pelayan untuk diolah dan dijadikan laporan.
Proses akhir yaitu melaporkan kegiatan penjualan setiap bulannya kepada pemilik  toko dengan mengolah data yang  data-datanya diambil berdasarkan laporan penjualan, laporan keuangan dan laporan barang.
 
Dalam Aplikasi ini terdapat 2 Entitas Dalam dan 1 Entitas Luar yaitu :
a      1. Costumer 
          Merupakan orang yang membeli dan menerima barang.
        2. Pelayan
   Merupakan orang yang bertugas sebagai orang yang melayani awal pemesanan barang.
c      3. Supervisor
    Merupakan orang yang bertugas menerima laporan transaksi barang.


Perancangan Sistem
1         Use Case Diagram
           Di dalam sistem ini yang terlibat adalah Pelayan dan Supervisor sedangkan Costumer    berada di luar sistem tetapi masih terlibat didalam sistem.


 

Class Diagram
      Class diagram adalah inti dari proses pemodelan objek, yang menghasilkan suatu rancangan sistem atau program yang mendekati kenyataaan, mengartikan kelas sebagai satu set objek yang memiliki atribut dan perilaku yang sama dan memuat informasi – informasi yang menggambarkan fitur suatu entitas beserta cara penggunaannya.
 
 

Activity Diagram
      Menggambarkan rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga dapat juga digunakan untuk aktifitas lainnya seperti use caseatau interaksi.
 
 
Activity Diagram Costumer

Activity Diagram Pelayan

 
Activity Diagram Supervisor 
 

Sequence Diagram
      Sequence Diagram digunakan untuk menggambarkan perilaku pada sebuah scenario. Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antaraobject, sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.  


 
 Sequence Diagram Data Costumer

 
 Sequence Diagram Data Pelayan

 
 Sequence Diagram Data Costumer

 
 Sequence Diagram Hapus Data Costumer

 
 Sequence Diagram Daftar Pesanan

 
 Sequence Diagram Hapus Daftar Pesanan

 
Sequence Diagram Laporan 
 

Statechart
      Statechart diagram menunjukkan siklus hidup dari obyek tunggal, dari saat dibuat sampai obyek tersebut dihapus. Diagram ini adalah cara tepat untuk memodelkan perilaku dinamis sebuah kelas. Statechart diagram tidak dibuat untuk setiap kelas, bahkan kadang-kadang untuk suatu proyek system informasi tidak menggunakan sama sekali.
Untuk menentukan apakah sebuah kelas mempunyai perilaku dinamis yang signifikan, dilakukan dengan memperhatikan dua hal, yaitu :
1.    Attribut
2.    Relasi
 



 
 Statechart Diagram Area Pelayan

 
 Statechart Diagram Area Supervisor

 
 Statechart Diagram Area Daftar Costumer

 
Statechart Diagram Area Daftar Pesanan
 
0 Komentar untuk "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG ELECTRONIC"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info