Aplikasi Pengolahan Data Penduduk


Nama    : Heni Maesyaroh
NIM       : A2.1100016
Kelas     : TI.VI-A
STMIK Sumedang


Dalam Sistem Pengolahan data penduduk ini terdapat beberapa aktor yaitu Penduduk, Pegawai, kepala desa,dan pihak kecamatan. Tetapi yang berhubungan langsung dengan sistem yaitu pegawai, kepala desa dan pihak kecamatan, berikut penjelasan tugas dari setiap aktor.
a.    Penduduk    : Berperan untuk menyerahkan data penduduk.
b.    Pegawai    : yang berhubungan langsung dengan sistem dimana tugas dari seorang pegawai ini yaitu mengolah data penduduk dan membuat laporan untuk nantinya diperlihatkan kepada kepala desa dan pihak kecamatan.
c.    Kepala Desa    : Kepala Desa ini juga berperan langsung dalam sistem dimana untuk melihat laporan dia harus login terlebih dahulu kemudian melihat laporan baik pertanggal ataupun perperiode.
d.    Pihak Kecamatan: tugas pihak kecamatan juga sama dengan kepala desa dimana dia harus masuk kedalam sistem untuk melihat laporan data penduduk baik itu pertanggal ataupun perperiode.
Berikut  Use Case Diagramnya :
1.    UseCase Diagram




       Deskripsi dari usecase diatas yaitu dimana penduduk terlebih dahulu menyerahkan data mereka ke pegawai yang bertugas di desa, kemudian setelah pegawai desa menerima data penduduk tersebut lalu dia melakukan login dahulu untuk menjalankan sistem, setelah melakukan login kemudian pegawai mengolah data penduduk tersebut di dalam sistem seperti menambahkan data, menghapus, atau mengedit data penduduk kemudian langsung menyimpannya, setelah data tersebut disimpan kemudian pegawai mengolah data tersebut untuk dibuatkan sebuah laporan yang nantinya akan dilihat oleh kepala desa dan pihak kecamatan, kemudian Kepala desa dan pihak kecamatan melihat laporan yang sudah dibuatkan oleh pegawai.
       Setelah usecase diagram dibuat selanjutnya yaitu dibuatkan class diagram dimana class diagram ini merupakan diagram uml yang menggambarkan kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain, serta dimasukan pula atribut dan operasi.
       Pada sistem pengolahan data penduduk, di dalam diagram class terdapat beberapa bagian aktor atau entitas yang berperan dan berinteraksi dengan sistem yang di dalamnya terdapat struktur data dan aksi yang dilakukan, berikut diagram class dari pengolahan data penduduk :
2.    Class Diagram



      Seperti yang sudah dijelaskan pada usecase diagram sebelum masuk ke dalam sistem/ aplikasi maka terlebih dahulu aktor yang berperan langsung dengan sistem terlebih dahulu harus login, pada diagram class terdapat atribut masing-masing aktor dan operasi yang dilakukannya.
      Setelah diagram class diagram selanjutnya yaitu activity diagram  merupakan representasi grafis dari seluruh tahapan alur kerja. Diagram ini mengandung aktivitas, pilihan tindakan, perulangan dan hasil dari aktivitas tersebut. Pada pemodelan UML, diagram ini dapat digunakan untuk menjelaskan proses bisnis dan alur kerja operasional secara langkah demi langkah dari komponen suatu sistem. Berikut diagram activity dari pengoalahan data penduduk.




3. Activity Diagram


Gambar : Activity login pegawai

         Deskripsi dari diagram activity login pegawai dimana pertama pegawai memasukan username dan passwordnya ke dalam sistem yang kemudian sistem mengirimnya ke dlam database kemudian dari database username dan pasword yaang tadi dimasukan di validasi apakah benar atau salah jiga username dan password yang dimasukan benar maka login valid kemudian langsung kepada menu utama, namun jika salah maka akan kembali ke halaman untuk mengisi username dan password.

Berikut Diagram Activity Untuk Input Data Penduduk,
Gambar : Activity Input Data Penduduk


 Selanjutnya Diagram Activity Untuk Input Laporan, 

Gambar : Activity Input Laporan


Berikut Diagram Activity Untuk melihat laporan,

Gambar : Activity Lihat Laporan


4.    Diagram Sequence
Diagram selanjutnya yaitu diagram sequence yang merupakan diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri antar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).
Berikut ini akan digambarkan mengenai sequence diagram pada sistem Pengolahan data penduduk berkaitan dengan proses login aktor dalam hal ini yang menjadi aktor adalah Pegawai :

Gambar : Sequence Login Pegawai


Selanjutnya yaitu diagram sequence pegawai untuk input data penduduk berikut ini , 


Gambar : Sequence pegawai input data penduduk


Kemudian selanjutnya yaitu sequence membuat laporan

Gambar : Sequence kepala desa melihat laporan


Setelah itu membuat sequence untuk Pihak kekcamatan melihat laporan,

Gambar : Sequence pihak kecamatan melihat laporan


5.    Diagram Statechart
statechart diagram merupakan model perilaku yang dinamis dari class secara individual maupun beberapa bentuk dari obyek. Semua itu menunjukkan deretan dari state yang dilakukan obyek melalui event yang menyebabkan sebuah transisi dari satu ke aktifitas yang lain, dan beberapa aksi yang menghasilkan dari satu state atau aktifitas yang berubah.
Berikut ini digambarkan statechart Diagram Input Data Penduduk

Gambar : Statechart input data penduduk


Berikut ini digambarkan statechart Diagram Laporan,



Gambar : Statechart laporan



0 Komentar untuk "Aplikasi Pengolahan Data Penduduk"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info