SISTEM INFORMASI STUDENTS SMARTCARD

Created by : Indri Permata Sari
                    TI VI-A
                    STMIK SUMEDANG


“ SISTEM INFORMASI STUDENTS SMARTCARD “

Students Smartcard merupakan sebuah kartu pintar siswa dimana kartu pintar tersebut digunakan para siswa untuk mengakses beberapa fasilitas yang ada di sekolah, diantaranya untuk kehadiran, pembayaran, transaksi dan peminjaman buku di perpustakaan sekolah. Setiap siswa berkah mempunyai kartu tersebut selama siswa yang bersangkutan menjadi siswa di sekolah itu.
Adapun Aktor yang terlibat di dalam sistem ini yaitu :

  1. Siswa, dimana siswa tersebut adalah orang yang sangat berperan di dalam sistem ini karena kebanyakan akses dilakukan oleh siswa.
  2. Guru, dimana guru hanya mengeluarkan keterangan absensi saja, dan semua yang berhubungan dengan absensi saja.
  3. Operator, dimana operator ini adalah orang dibelakang layar dalam sistem ini untuk proses berjalannya sebuah siswa, dan mengeluarkan segala jenis bukti-bukti yang dibutuhkan siswa maupun guru.
Sistem informasi ini dibuat dengan berdasarkan Sistem Berorientasi Objek yang diantaranya dengan dirancang beberapa diagram, diantaranya yaitu :

  • Use Case Diagram
          Usecase diagram merupakan penjelasan sederhana tentang fungsi sistem yang dipandang dari sudut pandang seorang user, didalam usecase yang telah saya buat yaitu ada siswa sebagai aktor pertama dimana siswa tersebut melakukan login, mengisi kehadiran, melakukan transaksi/pembayaran, dan memasukan data peminjaman pada saat melakukan peminjaman buku di perspustakaan, ada pula aktor kedua yaitu guru dimana guru berperan penting dalam proses absensi yang terjadi dan aktor terakhir yaitu operator yang mengeluarkan laporan peminjaman, laporan pembayaran/transaksi dan struk pembayaran untuk para siswa, dimana proses diatas dapat digambarkan pada usecase dibawah ini :


                                                          Usecase Diagram

  • Class Diagram

               Class diagram dalam UML digunakan untu menampilkan kelas-kelas dan paket-paket di dalam sistem, class diagram mampu memberikan gambaran sistem secara statis dan relasi antar 1 dengan yang lainnya. Class diagram pun dapat dikatakan sebagai sebuah alat perancangan terbaik untuk pengembangan agar mendapat struktur sistem sebelum kode ditulis dan untuk memastikan bahwa sistem adalah desain yang benar-benar sempurna.
      Adapun class diagram yang dibuat untuk sisfo student smartcard seperti pada gambar dibawah ini :

Class Diagram 

  •        Activity Diagram
Activity Diagram menggambarkan berbagai alir aktiitas dalam sebuah sistem yang sedang dirancang, activity diagram pun dapat meggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi, actiity diagram merupakan state diagram khusus dimana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi oleh selesainya state sebelumnya.
Adapun activity diagram untuk sisfo student smartcard yang saya rancang yaitu pada gambar dibawah ini , yang terdiri dari activity login siswa, activity kehadira siswa, activity pembayaran/transaksi, dan activity data peminjaman buku, seperti berikut :




Activity Kehadiran Siswa

 


Activity Pembayaran/Transaksi


Activity Data Peminjaman Buku



  •        Statechart Diagram
Statechart Diagram merupakan diagram yang menggambarkan transisi  dan perubahan keadaan dari satu state ke state lainnya, dimana dalam sisfo student smartcard yang dibuat ada bebarapa statechart nya yatu statechart untuk kehadiran siswa, statechart untuk transaksi/pembayaran, statechart, statechart peminjaman buku, dan statechart laporan, seperti digambar dibawah ini :

  



Statechart Transaksi




Statechart Peminjaman Buku



Statechart Laporan
  


  •       Sequence Diagram
Sequence diagram adalah suatu diagram yang meggambarkan interaksi antar objek dan mengidikasikan komunikasi diantara objek-objek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang ditukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu aksi tertentu. Dapat digambarkan seperti dibawah ini :


Sequence Login Siswa



Sequence Kehadiran
 
  

Sequence Transaksi



Sequence Peminjaman Buku



 Sequence Cetak Laporan









 




 






























































0 Komentar untuk "SISTEM INFORMASI STUDENTS SMARTCARD"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info