PERANCANGAN SISTEM KOPERASI PINJAMAN

Nama : Lilis Megawati
NIM : A2.1100201
Kelas : TI-VIE

PERANCANGAN SISTEM KOPERASI PINJAMAN
Sistem ini dibangun untuk mempermudah jalannya kegiatan yang ada pada koperasi Mitra Abadi. Koperasi Mitra Abadi adalah suatu koperasi yang mempunyai kegiatan usaha pinjaman. Kegiatan pinjaman pada Koperasi Mitra Abadi masih terdapat beberapa masalah diantaranya sulitnya pencarian data yang masih dalam bentuk arsip, perhitungan pinjaman yang dihitung secara manual menyebabkan lambatnya pelayanan pinjaman, serta terlambatnya dalam pembuatan laporan. Sehingga diperlukan sebuah sistem informasi yang baik untuk mencegah kesalahan-kesalahan dan kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.
Terdapat beberapa actor yang terlibat aktif pada sistem  :
1.      Calon anggota : orang yang akan mendaftarkan diri menjadi anggota baru.
2.      Anggota
3.      Petugas koperasi : orang yang menerima dan laporan.
4.      Ketua
Sistem ini digambarkan pada use case diagram, class diagram, activity diagram, sequence diagram, statechart diagram.
USE CASE DIAGRAM
Use case diatas menggambarkan bahwa :
1.       Calon anggota melakukan pendaftaran.
2.       Anggota dapat melakukan pendaftaran, perjanjian pinjaman  dan peminjaman.
3.      Petugas koperasi dapat melakukan pembuatan buku anggota, perjanjian pinjaman , pembuatan laporan pinjaman dan pembuatan laporan angsuran.

CLASS DIAGRAM 
DIAGRAM ACTIVITY

Pada proses login, pertama-tama petugas akan masuk ke halaman login kemudian form login diisi dan setelah berhasil masuk maka system akan otomatis menampilkan halaman utama.


ACTIVITY DIAGRAM PENDAFTARAN
Activity tersebut menggambarkan bahwa calon anggota mengisi form pendaftaran kemudian diinputkan oleh petugas koperasi, kemudian petugas koperasi melakukan pengecekkan persyaratan. Apabila telah lengkap maka dibuatkan buku anggota.
ACTIVITY DIAGRAM PEMINJAMAN
Activity tersebut menggambarkan bahwa anggota melakukan pengajuan pinjaman kemudian diinputkan oleh petugas koperasi, kemudian petugas koperasi melakukan pengecekkan persyaratan. Apabila telah lengkap maka ketua akan menyetujui pengajuan pinjaman tersebut  dan kemudian diserahkan kembali kepada petugas koperasi untuk dibuatkan perjanjian pinjamanan, kemudian petugas koperasi mencatata data pinjaman, membuat laporan pinjaman dan kemudian menyerahkan laporan peminjaman kepada ketua.

 

Activity tersebut menggambarkan bahwa anggota harus membayar angsuran kemudian petugas koperasi menerima angsuran dan melakukan pengecekkan denda kemudian dibuatkan laporan dan yang seterusnya laporan tersebut diserahkan kepada ketua.
 
SEQUEN DIAGRAM

STATECHART DIAGRAM


Berikut system sederhana yang saya buat adapun kesalahan dan kekurangan mohon dimaklumi karena saya sendiri masih belajar. Terimakasih sebelumnya kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang sudah bersedia membantu saya dalam menyusun tugas ini.




0 Komentar untuk "PERANCANGAN SISTEM KOPERASI PINJAMAN"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info