PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN BERBASIS WEB PT.RESTU MAHKOTA KARYA

RAHMAT HIDAYAT
TI-VIC

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI


               1. DESKRIPSI
Objek peneletian disini adalah PT. Restu Mahkota Karya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan pembiayaan kredit kendaraan bermotor yaitu motor. Perusahaan berkantor pusat di Jalan Panjang No. 12 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dengan no.telp (021) 5492727 dan no.fax (021) 5493031.
Sebagaimana layaknya suatu perusahaan, PT.Restu Mahkota Karya membuka cabang di daerah Garut, Jawa barat. Hal ini tentu tujuannya mengembangkan modal yang telah ditanam atau dengan kata lain untuk memperoleh keuntungan demi kelanjutan perusahaan. Namun disamping tujuan yang memberikan keuntungan kepada perusahaan, perusahaan juga mempunyai tujuan yang sifatnya tertuju keluar yaitu kepada masyarakat luas seperti membuka lapangan kerja baru.

Penulis memilih PT. Restu Mahkota Karya karena akan mengembangkan model yang berfokus pada pemasaran dan penjualan yang masih di lakukan secara konvensional. Oleh karena itu dirancang suatu sistem penjualan secara online dengan menggunakan media web atau internet dengan tujuan untuk meminimalkan waktu proses penjualan dengan tujuan dapat meningkatkan volume penjualan sehingga pendapatan perusahaan dapat meningkat. 

2. PROSEDURE

·         Sebelum customer melakukan pemesanan, customer registrasi terlebih dahulu pada halaman web. Registrasi tersebut dengan cara mengisi biodata. Registrasi ini dilakukan untuk customer mempunyai member.
·         Setelah melakukan registrasi dan mendapat member, customer login. Login ini adalah masuk k dalam tampilan berupa data kendaraan,jenis,dan harga.
·    Customer melihat kategori-kategori produk yang terdapat pada web, dengan detail yang lengkap.
·    Jika konsumen telah mempunyai kecocokan terhadap suatu produknya, produk dipilih dandimasukan ke dalam tampilan pemesanan. Untuk membantu konsumen melihat jumlah barang yang telah di pilih dan di pesan.
·     Setelah produk masuk dalam keranjang pemesanan, kemudian konsumen melakukan checkout atau pengecekan barang, jika sudah fix dengan produk tersebut maka konsumen melakukan order pesanan dengan mengisi form yang telah disediakan. Pesanan di lakukan dengan cara memasukan biodata pemesan & juga alamat pengiriman.
·         Account Officer (AO)
    adalah staf office dimana AO memiliki tugas untuk melakukan hak akses dalam mengelola WEB, memasukan data kendaraan, harga, dan melakukan pengecekan berkala pada pemesanan kendaraan pada Customer.
·     Setelah Customer memesan kendaraan yang diinginkan, AO akan menerima pemesanan, setelah itu AO akan memberikan data pemesanan customer kepada Analisis Kredit.
·         Analisis KrediT
    Analilis kredit adalah orng yang menyetujui Customer dalam pemesanan kendaraan, setelah disetujui oleh Analisis Kredit, maka Analisis kredit memberikan data berupa Perjanjian Kredit kepada Customer.

·  Setelah customer menerima perjanjian kredit, dan customer menyetujui perjanjian tersebut,customer membayar barang yang dipesan melaui bank. Pembayaran tersebut adalah berupa pembayaran uang muka,asuransi,dan angsuran(jika membeli kredit).
·         Administrasi Keuangan
    Administrasi Keuangan adalah orang yang melakukan pengecekan pada masalah keuangan. Setelah customer membayar, maka Administrasi keuangan memberikan bukti pembayaran ( struk pembayaran ) kepada AO.
·      Setelah AO menerima bukti pembayaran dari Administrasi keuangan, maka AO mengirim kendaraan kepada customer berikut dengan bukti pembayarannya.
·      AO membuat laporan tentang pemesanan kendaraan, Administrasi Keuangan memberikan laporan tentang pembayaran, dan Analisis Kredit membuat laporan tentang Perjanjian kredit. Semua laporan tersebut diserahkan kepada pimpinan atau Direktur.

3 ENTITAS

   1.(Entitas Luar) 
       Manager 
     Orang yang memimpin, mengkoordinasi dan mengawasi seluruh kegiatan bagian   perusahaan. Bank di sini hanya sebagai media pembayaran saja yang dimana konsumen              melakukan pembayaran via bank kemudian admin tinggal melakukan pengecekan apakah telah di lakukan transfer atau belum.
2.Analis Kredit 
  Menganalisa kredit aplikasi yang diajukan AO serta mengecek kebenaran data customer, kemudian memberikan rekomendasi atas aplikasi kredit tersebut diterima atau ditolak.
3.AO (Account Officer) 
  Memproses dan menganalisa permohonan kredit calon customer, memverifikasi data, memastikan kelengkapan data calon customer kemudian merekomendasikan aplikasi kredit kepada analis kredit.
4.Customer 
   Orang yang melakukan pemesanan barang dan membeli secara kredit.
5.Adminstrasi Keuangan
           Melakukan pengawasan terhadap laporan keuangan dan membuat kebijakan yang berhubungan dengan masalah keuangan.


     4 TABEL IFO
 
   5 DIAGRAM KONTEKS

PENJELASAN SINGKAT:
1.      Customer melakukan pendaftaran untuk menjadi member
2.      Customer melakukan login
3.      Account Officer ( AO ) mengolah data kendaraan
4.      Customer melihat data kendaraan
5.      Customer memesan kendaraan kredit kepada AO
6.      AO memberikan data pemesanan kredit (usulan kredit) kepada Analisis Kredit (AK)
7.      AK memberikan PERJANJIAN KREDIT kepada customer setelah AK menyetujui pemesanan kendaraan kredit
8.      Customer memberikan persetujan kredit
9.      Customer melakukan pembayaran yang terdiri dari:Uang muka,Asuransi,Angsuran (kredit)
10.  Administrasi keuangan memberikan bukti pembayaran kepada customer bahwa uang muka telah dibayar.



        6 DFD LEVEL 1
 
Penjelasan dari gambar di atas adalah :
1.    Customer melakukan pendaftaran terlebih dahulu, dengan mengisi biodata.Lalu customer akan mendapatkan id / member. Kemudian sistem akan secara otomatis menyimpan data customer ke dalam database.
2.   Customer melakukan login setelah mendapat member / id, pada saat login sistem akan secara otomatis mengirim informasi kepada Account officer berupa informasi data customer.
3.  Account officer menginput data kendaraan, dimana data tersebut di proses mengelola data kendaraan. Data kendaraan tersebut akan secara otomatis menyimpan ke dalam database kendaraan. Data kendaraan tersebut akan secara otomatis mengirim informasi kepada customer yang sudah masuk ke dalam web.
4.   Setelah customer melihat data kendaraan, melihat katagori katagori jenis kendaraan, dan customer akan memesan kendaraan tersebut, lalu customer memesan dengan mengisi form  data pemesanan kredit yang telah disediakan, data tersebut akan masuk k Acount officer berupa informasi  pemesanan kredit..
5.    Setelah Account officer menerima informasi pemesanan kendaraan kredit,maka Account officer akan mengirim data tersebut kepada Analisis kredit berupa Data usulan kredit.
6.  Analisis kredit adalah orang yang menyetujui kebenaran data customer, dan menyetujui dan tidaknya pemesanan kendaraan dari customer.
Apabila Analisis kredit menyetujui pemesanan dari customer, maka Analisis kredit akan membuat perjanjian kredit. Data Perjanjian kredit tersebut akn diterima oleh customer berupa informasi perjanjian kredit.
7.      Apabila customer menyetujui perjanjian kredit, maka customer mengirim data persetujuan kredit. Sistem akan mengirim informasi persetujuan kredit kepada analisis kredit.
8.   Customer melakukan pembayaran melalui bank.pihak bank akan mengirim data pembayaran customer ke dalam database pembayaran yang dikelola oleh administrasi keuangan, maka data base tersebut secara otomatis mengirim informasi pembayaran customer kepada administrasi keuangan. Dimana pembayaran tersebut berupa:uang muka, asuransi, dan angsuran kredit.
9.    Setelah administrasi keuangan menerima informasi pembayaran daroi customer, maka administrasi keuangan akan mengirim bukti pembayaran kepada customer. Bukti pembayaran tersebut akan d kirim langsung beserta kendaraan yang dipesan oleh customer.

 


SBO

            Dalam SBO berbeda dengan sistem yang terstruktur karena selain menambahkan 1 aktor yang adadidalam sistem  yaitu manager. Manger disini bertindak selaku pimpinan yang mengelola Cabang perusahaan, meskipun manager disini bisa diluar system dan di dalam system seperti halnya analisis kredit. Perbedaan disini akan terlihat jelas dalam analisis dan perancangan SBO ini.   
            Untuk lebih jelas hubungan antara aktor dengan sistem bisa di lihat dengan diagram uses case di bawah ini: 
KET:
·         Setelah customer mengisi form perjanjian kredit di dalam system, maka Analisis kredit mengirim data perjanjian kredit kepada customer langsung(survey) untuk memastikan pemesanan kendaraan.
            Catatan: analisis kredit berfungsi untuk customer yang melakukan pemesanan kredit.
·         Manager mengecek setiap laporan yang dibuat oleh tiap-tiap bagian di dalam system, akan tetapi manager juga mendatangani setiap laporan (hard copy).


CLASS DIAGRAM 
     Class Diagram adalah diagram UML yang menggambarkan kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain, serta dimasukkan pula atribut dan operasi.
     Di dalam diagram class terdapat beberapa bagian aktor/entitas yang berperan dan berinteraksi dengan sistem dan didalamnya terdapat struktur data dan aksi yang dilakukan.

Penjelasan:
1.       Customer
Customer melakukan registrasi terlebih dahulu, registrasi tersebut akan secara otomatis menyimpan ke database,setelah itu system akan secara otomatis memberikan id_member.
Setelah itu customer melakukan login untuk masuk ke web,cari kendaraan,pemesanan,persetujuan kredit,pembayaran.
2.       Account officer
Adalah bagian dimana pengolahan system tersebut seperti HAK AKSES,LOGIN ,dan pengelola data KENDARAAN.
3.       Analisi Kredit
Adalah bagian dimana mengecek kebenaran data customer.apabila data customer lengkap, maka analisis kredit membuat perjanjian kredit di dalam system maupun di luar system.
4.       Administrasi keuangan
Adalah bagian dimana mengisi atau membuat setiap TRANSAKSI dalam pemesanan.
5.       Manager
Pimpinan yang melihat setiap laporan dari masing-masing bagian.

Ket:setiap bagian membuat laporan,dimana setiap laporan tersebut tersimpan di dalam database  dan  bisa di akses setiap bagian.
Contoh: apabila customer melakukan pemesanan barang, maka bagian AO akan membuat laporan kepada Analis kredit untuk ditindak lanjut.

SEQUENCE  DIAGRAM

      Diagram squence interaksi antar objek yang di lihat dari operation di dalam class diagram, seperti pada gambar di bawah ini:
  
Account Officer ( AO )

           AO  mengisi email dan password melalui kontrol login.Email dan password di cek dari kontrol ke database akan mengirimkan data pegawai, di data tersebut apakah username password sudah terdaftar jika belum maka akan muncul pesan bahwa username password salah dan jika benar maka akan muncul halaman utama (AO).


Form pengolahan data kendaraan eksekusi simpan
 

            AO mengisi form kendaraan dan menyimpan data kendaraan seperti type kendaraan,jenis,jumlah dan lain-lain ke dalam database.
           Database tersebut akan menampilkan data kendaraan, yang dimana data kendaraan tersebut bisa diakses oleh setiap bagian dan customer yang mencari kendaraan.

Form data kendaraan eksekusi edit
 

          AO mengubah data kendaraan, jumlah dan harga. Serta meng_update setiap informasi.