Perancangan Website Media Informasi LPK Karya Bakti


Nama  : Imas Setiasih Supriadi
Nim    : A2.1100166
Kelas  : TI – VI C
STMIK SUMEDANG


   A. Analisis Perancangan Terstruktur

  Pengembangan Perancangan Website Media Informasi 
Pada LPK Karya Bakti
          Deskripsi
                    Perancangan website media informasi ini berawal dari tidak banyak orang yang tahu dengan adanya LPK Karya Bakti, di karenakan cara promosi dengan brosus kurang maksimal dan tidak menjangkau semua kalangan dan peserta kursus masih kesulitan untuk mencari materi-materi pelajaran kursus. Selain itu perancangan website media informasi ini bertujuan untuk membangun website media informasi yang mampu memberikan informasi kursus kepada masyarakat, membangun website media informasi yang mampu memberikan pelayanan kepada siswa peserta kursus dan website yang memiliki fasilitas interaksi dengan pengguna sehingga administrator dapat mengetahui kebutuhan masyarakat. 
                   Prosedur
1.                  Prosedur Administator
-     Dapat menginput materi kuliah yang diberikan oleh dosen.
-     Dapat mengubah atau menambahkan informasi yang telah diberikan oleh lembaga.
2.                  Prosedur Siswa LPK
-     Siswa dapat memperoleh informasi dengan cara membuka website terlebih dahulu.
                        -     Siswa dapat mendownloada file mata kuliah di area website halaman download. 
         Entitas
Entitas dari perancangan website media informasi pada LPK Karya Bakti adalah :

Administator merupakan seseorang yang mengatur cara kerja system tersbut  seperti merubah data ataupun informasi yang terdapat di dalam website tersebut.
Dosen yakni membeikan file matakuliah kepada administrator untuk di upload ke website.
Siswa LPK adalah seeorang yang dapat mengakses informasi yang  terdapat di dalam website tersbut, misalnya  mahasiswa dapat mendownload materi  perkuliahan.
Pengujung adalah seseorng yang bias melihat informai ataupun profil LPK Karya Bakti.


           Input, Proses dan Output  

          Diagram Konteks
Gambar Diagram Konteks


Website LPK menerima sembilan masukan dari administrator berupa password, user name, hak akses admin, data buku tamu, data mahasiswa, data Link client, data jurusan dan data iklan. Adapun output sistem yang diberikan pada administrator terdiri dari dua item, yaitu hak akses admin dan informasi LPK Karyabakti. Output untuk dosen area download. Output untuk pengunjung adalah informasi pengujung website, sedangkan untuk siswa adalah materi perkuliahan. 

DFD Level 1
Data flow diagram website yang diusulkan untuk pengembangan sistem yang akan dirancang dengan mengacu kepada diagram konteks atau merupakan pengembangan dari diagram konteks atau bisa juga disebut sebagai turunan dari diagram konteks.
 
 Gambar Data flow diagram level 1
DFD level 1 menerangkan bahwa administrator yang memegang kendali semuanya, karena admin bisa merubah atau menghapus data yang berkaitan dengan website LPK, Sedangkan peserta kursus dan pengunjung biasa hanya bisa menggunakan web sesuai dengan yang telah disediakan administrator. Dan pada proses Lihat_Data hanya sebagai penghubung antara data store untuk menghasilkan output ke entitas.

Struktur Menu
      Struktur menu website dibuat sederhana agar setiap pemakai dapat menggunakannya tanpa kesulitan. Struktur menu ini menggunakan struktur pohon (Tree Structure), yaitu struktur menu yang mengharuskan pemakai website memulai aktifitasnya dari halaman utama. Untuk lebih jelasnya tentang bentuk rancangan menu dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
 
Perancangan Layar Login Admin
Halaman login adalah awal dari administrator untuk menelola data LPK Karya Bakti selain itu setelah admin memasukan username dan password maka admin memiliki hak untuk meng input data, lihat data, edit data, hapus data dan jiga sudah selesai bias langsung logout  :
Perancangan Layar Menu Utama
Dalam perancangan halaman utama atau halaman home ini menampilkan beberapa halaman yang bisa di lihat oleh dosen, pengunjung maupun siswa LPK Karya Bakti :
Perancangan Layar Profil
Halaman profil LPK, akan menampilkan informasi yang berkaitan dengan LPK Karya Bakti.
Perancangan Layar Data Download 
Halaman data download, adalah halaman yang tersedia untuk dosen memberikan materi perkuliah bagi siswa LPK Karya Bakti :
Perancangan Layar Mendownload
Halaman mendownload, adalah halaman yang tersedia untuk siswa LPK untuk dapat mendownload materi perkuliah :
Perancangan Layar Data Pengunjung 
Halaman buku tamu, adalah halaman yang tersedia untuk pengunjung mengirimkan pesan terhadapa LPK Karya Bakti :
Perancangan Layar Bantuan
Halaman bantuan, adalah halaman yang tersedia untuk pengunjung LPK Karya Bakti jika mengalami kesulitan dalam mengunjungi website :
 
          
                   Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan perancangan Website media informasi pada LPK Karya Bakti, maka dapat diambil kesimpulan bahwa media informasi berbentuk website dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengetahui informasi tentang LPK Karya Bakti secara online dan aplikasi yang dibuat adalaha program berbasis web yang disajikan dengan penampilan yang dinamis dan interaktif dalam menampilkan informasi LPK Karya Bakti.
                  
                   Saran
Dalam rancangan website penulis berharap agar website yang telah dirancang dapat bermanfaat dengan baik, bagi kemajuan dan perkembangan LPK Karya Bakti. Website bukan merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan kualitas pengajaran dan pelayanan terhadap siswa maupun masyarakat. Karena itu penulis mengusulkan beberapa saran yaitu informasi dan artikel di dalam website harus selalu di update, sehingga website selalu menarik untuk dikunjungi, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, selain website juga harus didukung oleh staf administrasi dan customer service yang baik pula dan untuk meningkatkan kualitas lulusan, staf pengajar harus orang yang benar-benar kompetin di bidang keilmuan yang akan di ajarkan.


DAFTAR PUSTAKA
Nugraha Unggul, Satria. 2012. “Perancangan Website Media Informasi Pada LPK Karyabakti”. Program Sarjana. Sekolah Tinggi Manajemen Informasi & Komputer. Sumedang.




B. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek

Perancangan Website Media Informasi LPK Karya Bakti
  1.      Use Case Diagram
Pada Proses ini Administator terlebih dahulu melakukan login terlebih dahulu karen Administator dapat mengupdate  info LPK, setelah itu Administator melakukan rekap data pengunjung. Pengunjung disini hanya dapat melihat informasi dan membeikan komentar. Lalu pengajar terlebih dahulu masuk melakukan login untuk pengajar seteal berhasil lakukan upload materi. Dan siswa ia bias mendowload materi.





2.      Class Diagram
Pada diagram class melakukan pengajar melakukan pendaftarn yang nantinya akan di olah oleh user atau server dan setelah pengajar melakukan pendaftarn pengajar akan diberi hak akses seperti mengis, mengubah , menglihat dan mengirim. Siswa tidak usah melakukan pendaftaran ke user karena siswa hanya dapat melihat dan mendowload materi. Administrator melakun terlebih dahulu pendafttarn ke user setelah itu maka akan diberi hak akses untuk menambah, melihat, mencetak, mengubah, dan menghapus.  Sedangkan pengunjung hanya dapat melihat info dan memberi komentar.



3.      Sequence Diagram
Sequence diagram pengajar melakukan pendaftarn pengajar akan diberi hak akses seperti mengis, mengubah , menglihat dan mengirim.













Sequence diagram siswa hanya dapat melihat dan mendowload materi.





Sequence diagram  Administrator melakun terlebih dahulu pendafttarn ke user setelah itu maka akan diberi hak akses untuk menambah, melihat, mencetak, mengubah, dan menghapus.


















4.      Statechart Diagram
Statechart diagram menunjukkan siklus hidup dari obyek tunggal, dari saat dibuat sampai obyek tersebut dihapus. Diagram ini adalah cara tepat untuk memodelkan perilaku dinamis sebuah kelas. Statechart diagram tidak dibuat untuk setiap kelas, bahkan kadang-kadang untuk suatu proyek system informasi tidak menggunakan sama sekali. Untuk menentukan apakah sebuah kelas mempunyai perilaku dinamis yang signifikan, dilakukan dengan memperhatikan dua hal, yaitu attribute dan relasi.






 



5.      Activity Diagram
Penggambaran  rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga dapat juga digunakan untuk aktifitas lainnya . seperti  di dalam aktivity diagram ini adalah suatu diagram untuk aktivitas antara pengguna denga sisttem itu sendiri, seperti halnya admin melakukan login yang ada di bawah ini admin melakukan login dengan memasukan username dan password, bagian sistem merequest ke data base sedangkan database mengeksekusi data yang di masukan tersebut apakah username  dan password tersebut sudah terdaftar, jika sudah  masuk ke halaman utama jika tidak maka akan tampil ke bagian form untuk memasukan login. Maka jika proses itu sudah dijalan kan maka hal apa-apa saja ingin dilakukan akan berjalan seperti mestinya seperti  pengajar melakukan pendaftarn pengajar akan diberi hak akses seperti mengis, mengubah , menglihat dan mengirim. Siswa tidak usah melakukan pendaftaran ke user karena siswa hanya dapat melihat dan mendowload materi. Administrator melakun terlebih dahulu pendafttarn ke user setelah itu maka akan diberi hak akses untuk menambah, melihat, mencetak, mengubah, dan menghapus.  Sedangkan pengunjung hanya dapat melihat info dan memberi komentar.











0 Komentar untuk "Perancangan Website Media Informasi LPK Karya Bakti"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info