SISTEM INFORMASI RENTAL DVD “ULTRA DISC”


By : Muhamad Nurdin - STMIK Sumedang

ULTRA DISC merupakan salah satu tempat penyewaan DVD, tujuan dari Ultra Disc sendiri yaitu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan

Aktor yang terlibat dalam sistem ini adalah :
  1. Anggota, yaitu orang yang akan menyewa DVD.
  2. Admin, yaitu orang yang bertugas mengelola portal dan melayani anggota.
  3. Pemilik, orang yang menerima laporan.
Sistem Informasi ini dibuatkan beberapa diagram, diantaranya :


  • Use Case Diagram
Use-case diagram merupakan model diagram UML yang digunakan untuk menggambarkan requirement fungsional yang diharapkan dari sebuah sistem. Use-case diagram menekankan pada “siapa” melakukan “apa” dalam lingkungan sistem perangkat lunak akan dibangun. Use-case diagram sebenarnya terdiri dari dua bagian besar; yang pertama adalah use case diagram (termasuk gambar use case.


Use Case Diagram

  • Class Diagram
Class diagram adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan struktur dari sebuah sistem, sistem tersebut akan menampilkan system class, atribut dan hubungan antara kelas ketika suatu sistem telah selesai membuat diagram.

 Class Diagram


  • Activity Diagram
Activity diagram merupakan diagram yang menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir.

 Activity Diagram Peminjaman


 
Activity Diagram Pengembalian


  • Sequence Diagram
Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu. Obyek-obyek tersebut kemudian diurutkan dari kiri ke kanan, aktor yang menginisiasi interaksi biasanya ditaruh di paling kiri dari diagram.

Sequence Diagram Login Anggota


Sequence Diagram Login Admin


 Sequence Diagram Pencarian


 Sequence Diagram Peminjaman


 Sequence Diagram Laporan


  • State Chart Diagram
State Chart Diagram merupakan diagram yang Menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu obyek pada sistem sebagai akibat dari stimulans yang diterima, state chart diagram digunakan untuk memodelkan behavior/methode (lifecycle) sebuah kelas atau object, Memperlihatkan urutan kejadian sesaat (state) yang dilalui sebuah object, transisi dari sebuah state ke state lainnya. 

 state chart diagram pencarian



state chart diagram pencarian

0 Komentar untuk "SISTEM INFORMASI RENTAL DVD “ULTRA DISC”"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info