Aplikasi Pembayaran KOPI SHOP



By : Reni Fatimah 
Kelas : TI-VI.A
STMIK Sumedang

Didalam Sistem Pembayaran kopi shop ini terdapat beberapa aktor yang terdiri dari : Konsumen, Kasir, dan Manager. Tetapi yang berhubungan langsung dengan sistem yaitu Kasir, dan manager, berikut adalah penjelasan tugas dari setiap aktor.

  •  Kasir adalah untuk mempermudah para konsumen dalam proses pembayaran.
  • Manager adalah sebagai penerima laporan pembelian yang diolah oleh pelayan.
  • Manager adalah sebagai penerima laporan pembelian yang diolah oleh pelayan.

Berikut  Use Case Diagramnya :
  •  UseCase Diagram


Gambar Use case diagram pembayaran kopi shop


Penjelasan dari usecase diatas yaitu dimana konsumen datang ke kasir untuk memesan menu yang diinginkan, lalu setelah pesanan diterima oleh kasir, selanjutnya kasir melakukan login terlebih dahulu untuk menjalankan sistem,setelah melakukan login kemudian kasir mengolah pesanan tersebut dan lalu tersimpan untuk dijadikan laporan/pembuktian (penbelian dan keuangan), dan hasil keluarannya yaitu struk yang akan diserahkan kepada konsumen.
Setelah usecase diagram selesai dibuat selanjutnya yaitu pembuatan class diagram dimana class diagram ini merupakan diagram UML yang menggambarkan kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain, serta dimasukan pula atribut dan operasi.
Didalam diagram class terdapat beberapa bagian aktor atau entitas yang berperan dan berinteraksi dengan sistem yang di dalamnya terdapat struktur data dan aksi yang dilakukan, berikut diagram class dari pembayaran kopi shop :

  • Class Diagram 
Gambar Class Diagram

Class diagram memberikan gambaran system secara statis dan relasi antar mereka. Biasanya, dibua beberapa class diagram untuk system tunggal. Beberapa diagram akan menampilkan subset dari kelas-kelas dan relasinya. Dapat dibuat beberapa diagram sesuai dengan yang diinginkan untuk mendapatkan gambaran lengkap terhadap system yang dibangun.

  • Activity Diagram



Gambar Activity Login Kasir

Penjelasan dari dambar diatas yaitu pertama kali kasir memasukan username dan password ke dalam sistem yang kemudian sisitem tersebut mengirimnya ke dalam database lalu dari database username dan password yang dimasukan tadi divalidasi apakah data tersebut benar atau salah, jika username dan password yang dimasukan benar maka login valid dan kemudian akan langsung kepada tampilan menu utama, tetapi kalau username dan passwornya salah akan kembali ke halaman pertama untuk mengisi username dan password lagi.
Gambar Activity Data Pesanan

Deskripsi dari gambar diatas adalah menjelaskan tentang seorang kasir yang adan menyajikan pesanan konsumen, lalu menyimpan data tersebut di database untuk dijadikan acuan laporan pembelian dan keuangan

Gambar Activity Laporan (pembelian dan keuangan)


     Definisi dari gambar di atas adalah seorang kasir yang akan membuat laporan pesanan yang didalamnya terdapat data-data jumlah semua pesanan/pembelian beserta keuangannya yang di simpan dalam sistem tersebut, untuk diserahkan kepada manager.
Gambar Activity Lihat Laporan
 
  • Diagram Sequence


Sequence diagram yaitu menggambarkan suatu interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri antar dimensi vertikal atau waktu dan dimensi horizontal.
Berikut ini akan digambarkan mengenai sequence diagram pada sistem berkaitan dengan proses login aktor dalam hal ini yang menjadi aktor adalah kasir,berikut adalah gambarnya :
Gambar Sequence Login Kasir

Gambar Sequence kasir input data pesanan
Gambar Sequence Membuat Laporan

Gambar Sequence Lihat Laporan
 


  • Diagram Statechart


State chart diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan daur hidup (behavior pattern) dari sebuah objek, dari awal objek tsb diinisialisasi sampai di-destroy. Menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu obyek pada sistem sebagai akibat dari stimulans yang diterima.

Berikut adalah gambar Statechard Diagram olah data pesanan:
Gambar Statechart Olah Data Pemesanan


Gambar Statechhart Laporan
 


0 Komentar untuk "Aplikasi Pembayaran KOPI SHOP"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info