Aplikasi Pengolah sistem penjualan smartphone Sinar Asih Gadget Centre

1.1  Latar Belakang

Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat sekali terutama teknlogi di bidang informasi komunikasi .baik dari sisi kecepatan maupun kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan juga semakin berkembang. teknologi informasi dan teknologi ini sangat penting sekali bagi suatu negara apalagi bagi negara yang berkembang. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat juga tidak kalah pesatnya di banding dengan Negara Negara lain.
Di dunia Mobile sekarang Handphone sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia Sebagai alat komunikasi, Dulu handphone hanya dimiliki oleh orang kaya dan orang tertentu saja. tapi sekarang handphone telah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi komunikasi masyarakat. Perkembangan teknologinya pun semakin cepat. Handphone sebagai sebuah media komunikasi masa kini .Sekarang Fungsi Handphone selain berfungsi untuk alat komunikasi juga bisa untuk Internet, multimedia dan entertainment sekaligus. Hal ini tentunya memberikan kemudahan sekaligus nilai tambah bagi masyarakat pemakainya.
Objek yang kami teliti mengenai sistem penjualan smartphone di Sinar Asih Gadget Centre.
Pada toko Sinar Asih gadget centre terdapat beberapa masalah diantaranya : sistem penjualan belum terkomputerisasi sehingga memerlukan karyawan yang cukup banyak untuk melayani pelanggan. Dan pada pencatatan transaksi masih dilakukan secara manual yang terkadang menimbulkan kesalahan data penjualan. Sehingga kami mencoba memberikan solusi dengan membuat sebuah aplikasi penjualan smartphone di toko Sinar Asih Gadget Centre.
Oleh karena itu kami mencoba membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan Microsoft Access dan Bahasa Pemrograman Delphi. Supaya lebih  mempermudah dokumentasi dan pelayanan kepada para calon pembeli.
Kami berharap dengan pembuatan aplikasi tersebut dapat mempermudah transaksi penjualan maupun penyedian informasi barang yang ada pada toko Sinar Asih Gadget Centre.

1.2 Identifikasi Masalah
Dari hasil diskusi dengan pemilik toko terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam sistem penjualannya , yaitu :
1.      Sistem penjualan belum terkoputerisasi
2.      Membutuhkan banyak karyawan
3.      Dokumentasi penjualan masih secara manual
4.      Pembeli sulit mendapatkan informasi tentang barang

1.3 Batasan Masalah
      Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka permasalahan dibatasi pada hal-hal berikut :
1.      Hanya meliputi tentang informasi data barang, penjualan barang dan laporan transaksi penjualan.

1.4 Tujuan Dan Manfaat
1.4.1 Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui sistem penjualan yang berjalan di toko Sinar Asih Gadget Centre

1.4.2 Manfaat Penelitian
Seperti penelitian-penelitian lain pada umumnya, dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1.      Bagi Karyawan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh karyawan guna mempermudah dan mempercepat untuk menyediakan informasi barang yang ada di toko Sinar Asih Gadget Centre
2.      Bagi Pembeli
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memudahkan para pembeli mendapatkan informasi secara mudah dan lengkap. Dan proses pembelian yang lebih mudah.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1  Pengertian Aplikasi
·         Menurut Jogiyanto
“Aplikasi adalah penggunaan dalam suatu computer, intruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang di susun sedemikian rupa sehingga computer memproses input menjadi output”.
·         Menurut Kamus Besar Indonesia
“Aplikasi adalah penerapan dari rancangan sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau ketentuntuan bahasa pemrograman tertentu”. 
Jadi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang mempunyai bahsa pemrograman sendiri dan berguna untuk mengolah data dengan memanfaatkan kemampuan komputer.


2.2  Pengertian Smartphone

Jadi Smartphone merupakan Sebuah telepon genggam yang memiliki fitur dan kecanggihan untuk mempermudah serta membantu aktifitas layaknya sebuah komputer.







           





BAB III
DOKUMENTASI SISTEM

3.1 Diagram Class






3.2 Diagram Use Case


3.3 Activity Diagram

 Login user


Activity Diagram Karyawan Input Data barang

Activity Diagram Karyawan Cek Informasi data barang


Activity Diagram Karyawan Update Informasi data barang


Activity Diagram Laporan


Activity Diagram Daftar Pelanggan



Activity Diagram Pelanggan Cek Informasi barang


Activity Diagram Pelanggan membeli barang
3.4 Sequence Diagram

Form Login Karyawan


Form Input data barang

Form cek data barang


Form update informasi barang


Form cek laporan transaksi


Form Daftar Pelanggan


Form Login Pelanggan


Form cek informasi barang



Form Pilih Barang


3.5 State chart Diagram



Input data barang

Cek barang

Update Informasi barang



Cek Laporan



Pilih Barang

Transaksi


4.6 Screen Shoot Testing Aplikasi
    











 BAB IV
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
            Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa setelah pemakaian aplikasi penjualan smartphone memberikan kemudahan kepada para calon pembeli dalam mencari informasi yang lebih lengkap dan jelas. Selain itu dalam pemakaian tenaga kerja atau pegawai lebih sedikit.

4.2  Saran
Di era globalisasi sekarang ini semua teknologi semakin berkembang pesat. Dengan seiring perkembangan teknologi itu pasti akan berpengaruh terhadap kehidupan di muka bumi. Pengaruh tersebut sangat berdampak terhadap kebutuhan sehari-hari. Sehingga dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut. Maka perlu penambahan kualitas dan kuantitas untuk lebih memaksimalkan dari aplikasi yang telah dibuat.



0 Komentar untuk "Aplikasi Pengolah sistem penjualan smartphone Sinar Asih Gadget Centre"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info