APLIKASI PENJUALAN TIKET BUS MEDAL SEKARWANGI

1.1  Latar Belakang Masalah
      Pada saat ini perkembangan dan kemajuan dunia sangat pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring dengan kemajuan itu perkembangan komputer telah menjadi perhatian dunia, alasan ini disampaikan karena fungsi komputer yang sangat besar bagi kepentingan manusia, dengan adanya teknologi yang ada sekarang ini, tentunya akan memperoleh beberapa kemudahan, misalnya kecepatan akses data untuk melakukan transaksi, efisien dalam penggunaan waktu, pengurangan kesalahan yang relatif kecil dan masih banyak lagi keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan komputer.

      Mobil bus umum adalah salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Di negara manapun keberadaan mobil bus sangat diperlukan. Untuk menempuh perjalanan jauh, mobil bus dapat menjadipilihan alternatif dari alat transportasi yang lain.
      Di Indonesia mobil bus banyak di gunakan sebagai sarana bepergian antar kota. Pada high season calon penumpang mobil bus sangat banyak, sehingga untuk mendapatkan satu tiket saja harus berdesak-desakan dengan calon penumpang yang lain. Hal ini satu kendala yang dihadapi oleh PO.Bus dalam meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang. Apabila hal ini tidak ditemukan solusinya maka lambat laun sarana transportasi ini tidak mendapat tempat di hati masyarakat karena hanya mendapatkan tiket saja harus antri panjang di terminal. 


1.1  Identifikasi Masalah

          1. pengolahan data masih belum terkomputerisai
    2. Pelayanan masih lambat
    3. Data belum terintegrasi
    4. Sulit mengelola laporan

1.1  Pembatasan Masalah   
      pada penlitian ini kami membahas tentang pengolahan data penjualan tiket bus.  

1.4 Tujuan Manfaat  

•    Tujuan
Tujuan memberikan kemudahan bagi calon penumpang dalam melakukan pemesanan tiket mobil bus pada terminal Ciakar Sumedang

•    Manfaat
Perusahaan dapat terbantu dengan adanya aplikasi khusus untuk penyimpanan data  dan penjualan tiket, sehingga semua aktipitas yang di lakukan di perusahaan tersebut menjadi relatif lebih mudah.




       BAB II
 Kajian pustaka


         Pada penelitian kali ini, kami mengambil objek “penjualan tiket bus”. Agar lebih dimengerti kami akan membahas tentang beberapa pengertian yaitu :

2.1    Pengertian aplikasi 
         Menurut jugyanto hartono (2004: 8), “aplikasi marupakan system yang dirancang dan disusun sedemikian rupa untuk menghasilkan informasi yang terpadu dengan menggunakan sarana komputer sebagai sarana penunjang”.
         Menurut jack febrian (2005: 35), “aplikasi merupakan program siap pakai yang digunakan manusia dalam melakukan pekerjaan mengunakan komputer”  

2.2    Pengertian penjualan
         Pengertian penjualan menurut Henry Simamora dalam buku “Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis” menyatakan bahwa: “Penjualan adalah pendapatan lazim dalam perusahaan dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan jasa”.(2000;24)

         Pengertian penjualan menurut Chairul Marom dalam buku “Sistem Akuntansi Perusahaan Dagang” menyatakan bahwa :“Penjualan artinya penjualan barang dagangan sebagai usaha pokok perusahaan yang biasanya dilakukan secara teratur”.
2.3    Pengertian tiket
        Tiket adalah suatu dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh suatuperusahaan yang berisi rute, tanggal, harga, data penumpang yang digunakanuntuk melakukan suatu perjalanan.
        Menurut Rahmat Darsono, tiket adalah salah satu dokumen perjalananyang dikeluarkan oleh maskapai penerangan dan merupakan kontrak tertulissatu pihak yang berisikan ketentuan yang harus dipenuhi oleh penumpang selama memakai jasa penerbangan, dan data penerbangan penumpang yang mempunyai masa periode waktu tertentu (Darsono, 2004 :15)




      BAB IIIDOKUMENTASI SISTEM

3.1 Class Diagram
      Class diagram atau diagram kelas adalah diagram UML yang menggambarkan kelas-kelas dalamsebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain serta masukkan pula atribut dan operasi. Berikut adalah gambar class diagram untuk aplikasi penjualan tiket bus. 


3.2    Use-case diagram
      merupakan model diagram UML yang digunakan untuk menggambarkan requirementfungsional yang diharapkan dari sebuah sistem. Use-case diagram menekankan pada “siapa” melakukan “apa” dalam lingkungan sistem perangkat lunak akan dibangun. Pada use case diagran aplikasi penjlualan tiketbus ini terdapat 2 aktor yang terlibat yaitu :

      1.    Pemilik
       Dalam sistem ini pemilik sebagai pengecek laporan


2.    Admin
       Dalam sistem ini admin sebagai pengelola database, pengelola keamanan, mengupdate            informasi, melayani dan mencetak laporan.
3.3    Sequence diagram        suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu.

Admin login

Admin kelola database

Admin update unformasi


Admin melayani



Admin cetak laporan


Pemilik login


Pemilik cek laporan



3.4    Statechar diagram
         Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke stare yang lain ) suatu objek pada system sebagai akibat dari stimuli yang diterima. Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (suatu class dapat  memiliki lebih dari satu statechart diagram). Transisi antar state umumnya memiliki kondisi guard yang merupakan syaratterjadinya transisi yang bersangkutan.


  • pemilik
 
  • Admin
 
3.2   Activity diagram
Activity diagram memiliki pengertian yaitu lebih fokus kepada menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses. Dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktifitas proses bisnis. Memiliki struktur diagram yang mirip flowchart atau data flow diagram pada perancangan terstruktur. Memiliki pula manfaat yaitu apabila kita membuat diagram ini terlebih dahulu dalam memodelkan sebuah proses untuk membantu memahami proses secara keseluruhan. Dan activity dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram.
·
         Pemilik


·        \









·  





Admin

































3.6 Screenshoot Aplikasi

   Tampilan utama aplikasi untuk sign in

   Untuk menjalankan aplikasi ini terlebih dahulu harus mempunyai username dan password agar masuk ke menu utama Rental Mobil Mandiri
Isikan username, password, dan mode, kemudian klik Save, contoh : Jika Login berhasil form utama akan tampil seperti pada gambar berikut ini.

        Jika addmin telah menampilkan menu utama klik button yang akan diisi dan lakukan pengisian yang sesuai dan simpan ke database. Form pertama yang dipilih yaitu button pengisian data penumpang. Setelah selesai pengisian di Form kendaraan klik button save
kemudian klik button save


Kemudian lakukan untuk pengisian data tiket,setelah melkukan pengisian data penumpenumpang sbagai beikut :


Lalu form pemesanan tiket telah selesai,kemudian penumpang tersebut melakukan pengisian data tiket yang akan di beli sesuai tujuan penumpang tersebut.

Setelah itu muncul form identitas mobil yang akan di naiki oleh calon penumpang tersebut.

Klik Report dan pilih  satu per satu report tersebut atau dapat menggunakan, Yang pertama report Kendaraan seperti gambar berikut

report data penumpang sebagai berikut

Report data Pemesanan







     BAB IV
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
Berdasarkan hasil yang telah dicapai dalam pembuatan program aplikasi target awal perancangan program dapat ditarik beberapa kesimpulan, antara lain Dengan mengaplikasikan sistem pelayanan tiket bus, Penjualan tiket dapat di lakukan secara mudah pengenalan pelayanan yang ada secara efisien dan efektif kepada para customer, pelanggan, calon penumpang.

 Kemudahan bagi customer/pelanggan untuk dapat memperoleh informasi secara jelas mengenai pelayanan-pelayanan yang ada di PO tersebut.

4.2 Saran
Saran atau masukan yang dapat kami berikan untuk menunjang atau pengembangan sistem selanjutnya adalah sebagai berikut :
Melakukan pengembangan dan penyempurnaan sistem, seperti : peningkatan keamanan dalam bertransaksi, fasilitas transaksi pembayaran, dan keuntungan dalm bertransaksi sebagai upaya untuk melengkapi fasilitas yang telah ada.

Perlunya upaya publikasi atau mempromosikan kepada pelanggan dan dukungan atau pengembangan yang perlu ditingkatkan dan staff IT untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dan menguntungkan semua pihak.

DAFTAR PUSTAKA

http://webmuhammadiyah.blogspot.com/2014/08/pengertian-penjualan-jenis-penjualan.html
http://www.lepank.com/2012/08/pengertian-aplikasi-menurut-beberapa.html
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2008100172KABAB2/page50.html
0 Komentar untuk "APLIKASI PENJUALAN TIKET BUS MEDAL SEKARWANGI"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info