Aplikasi Pengolah Data Daftar Nilai SMPN


1.1    LatarBelakang

       Pada zaman sekarang ini perkembangan teknologi berjalan sangat pesat.  Dengan berkembangnya teknologi tersebut pasti sangat berpengaruh besar dalam kehidupan masyarakat. Bahkn pengaruh tersebut bisa dirasakan langsung oleh kita dalam kebutuhan sehari-hari. Perubahan sekarang sangat jelas dirasakan oleh kita berbeda dengan perkembangan pada zaman dahulu. Sekarang komputer bukan benda yang asing lagi kita dengar bahkan sering kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari sebagai penunjang dalam pekerjaan maupun yang lainnya. Karena komputer bisa membantu tugas seseorang penggunanya. Bahkan sekarang ini masyarakat pasti membutuhkan sebuah aplikasi untuk menunjang pekerjaannya dan sedikitnya bisa membantunya dalam bekerja.

              Untuk itu dengan melihat perkembangan yang ada di sekitar saya Mengambil sebuah objek yaitu “Daftar Nilai SMP 3 Rancakalong” yang berlokasikan di Rancakalong. Dalam aplikasi daftar nilai ini menyediakan data guru, data siswa, dan data penilaian siwa semester 1 dan 2.

            Seiring dengan berkembangnya teknologi pasti tiap sekolah akan membutuhkan aplikasi daftar nilai untuk membantu guru-guru memasukan nilainya.
1.2    Identifikasi Masalah
         Permasalahan yang terjadi pada “daftar nilai”
         1.    Guru-guru memasukan nilai dengan manual
         2.    Kesulitan mengontrol/menghitung nilai
         3.    Kesulitan mengelola laporan

1.3   Batasan Masalah
                 Penelitian yang kami bahas hanya dalam pembuatan penempatan untuk nilai-nilai yang dibuat oleh guru.

1.3    Tujuan dan Manfaat
         1.   Tujuan
               Tujuan penelitian yang kami buat yaitu untuk membantu Guru di SMP 3 Rancakalong untuk penyimpanan hasil penilaian agar guru tersebut tidak menggunakan aplikasi daftar nilai manual.
         2.   Manfaat
          Para guru bisa terbantu dengan dibuatnya aplikasi daftar nilai sehingga semua aktifitas penilaian guru bisa tersimpan langsung dalam sebuah aplikasi tersebut tanpa harus takut kehilangan data ataupun data hilang. Jadi guru bisa membuka aplikasi dengan mudah untuk memasukan dan melihat data hasil penilaian di dalamnya tanpa takut pirus dll.



BAB II
KAJIAN PUSTAKA


                Dalam penelitian ini kami mengambil objek penelitian yaitu “Daftar Nilai”.karena untuk memudahkan kami dalam pembuatannya. Berikut beberapa pengertian objek yang kami ambil :

2.1 Pengertian Aplikasi

 Menurut Whitten Perancangan Sistem adalah “Proses dimana keperluanpengguna dirubah ke dalam bentuk paket perangkat lunak dan atau kedalamspesifikasi pada komputer yang berdasarkan pada sistem informasi.”( Kristanto, 1994, hal 60 ).

    Menurut Jogiyanto aplikasi adalah “penggunaan dalam suatu komputer, intruksi(intruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input serta output”.

    Jadi dapat disimpulkan aplikasi adalah suatu proses kebutuhan, yang berbentuk perangkat lunak ataupun spesifikasi yang dapat digunakan dalam komputer seingga bisa memproses input dan output.
2.2 Pengertian Daftar Nilai

               Daftar Nilai merupakan susunan angka pd rapor (ijazah dsb) siswa sbg hasil ulangan (ujian) yg diperolehnya sesuai dng kecakapan atau prestasinya (berkisar antara 1 dan 10 atau 10 dan 100). 

           "Menurut Asmawi Zainul dan Noehi Nasution mengartikan penilaian adalah suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui  pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes".

      "Menurut Djemari Mardapi (1999: 8) penilaian adalah kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran". 

            "Menurut Cangelosi (1995: 21) penilaian adalah keputusan tentang nilai Menurut Akhmat Sudrajat penilaian (assessment) adalah penerapan berbagai cara dan  penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil  belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang  peserta didik.
Fungsi dari Penilaian :
a.    Menilai kebutuhan individual. 
b.    Menentukan kebutuhan pembelajaran.
c.    Membantu dan mendorong siswa.
d.    Menentukan strategi pembelajaran.
e.    Meningkatkan kualitas pendidikan.
f.    Mengetahui kemajuan dan kesulitan beajar siswa.



BAB III
DOKUMENTASI SISTEM


3.1 Class Diagram
             Class diagram atau diagram kelas adalah diagram UML yang menggambarkan kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain serta masukkan pula atribut dan operasi. Berikut adalah gambar class diagram untuk aplikasiDaftarNilaiSmp N 3 Rancakalong.

 3.2 Use Case Diagram
                 Use case diagram ialah model fungsional sebuah system yang menggunakan actor dan use case. Use case juga adalah layanan (services) atau fungsi-fungsi yang disediakan oleh system untuk penggunanya (Henderi et al, 2008). Use Case adalah suatu pola atau gambaran yang menunjukan prilaku atau kebiasaan system.

3.3 Activity Diagram
         Diagram aktivitas atau dalam bahasa inggris activity diagram adalah representasi grafis dari seluruh tahapan alur kerja. Diagram ini mengandung aktivitas, pilihan tindakan, perulangan dan hasil dari aktivitas tersebut. Pada pemodelan UML, diagram ini dapat digunakan untuk menjelaskan proses bisnis dan alur kerja operasional secara langkah demi langkah dari komponen suatu sistem.
=> ADMIN
Activity Diagram Admin melakukan simpan pasword.

Activity Diagram Admin Kelola database ditambah.

 Activity Diagram Admin kode keamanan.


Activity Diagram Admin informasi di update.

=>GURU
 Activity Diagram Guru Simpan Pasword.

Activity Diagram Guru Tambah Data Guru.

Activity Diagram Guru Tambah Data Penilaian.

=> SISWA
 Activity Diagram Siswa Simpan Pasword.

Activity Diagram Siswa Tambah Data Siswa.

 Activity Diagram Siswa Tambah Hasil Penilaian.

=> KEPALA SEKOLAH
Activity Diagram Kepala Sekolah Simpan Pasword.

Activity Diagram Kepala Sekolah Laporan di Cek.

3.4 Squence Diagram
         Diagram sequence merupakan salah satu yang menjelaskan bagaimana suatu operasi itu dilakukan; message (pesan) apa yang dikirim dan kapan pelaksanaannya. Diagram ini diatur berdasarkan waktu. Obyek-obyek yang berkaitan dengan proses berjalannya operasi diurutkan dari kiri ke kanan berdasarkan waktu terjadinya dalam pesan yang terurut. 
=> ADMIN
Squence Diagram Admin melakukan login.

Squence Diagram Admin kelola portal.


Squence Diagram Admin Database di tambah.

 Squence Diagram Admin kode keamanan.

Squence Diagram Admin update imformasi.

=> GURU
Squence Diagram Guru Username Pasword.
 Squence Diagram Guru data guru berhasil di tambah.
Squence Diagram Guru  data penilaian berhasil di tambah.
 => SISWA
Squence Diagram Siswa menampilkan password username.


Squence Diagram Siswa mengontrol data siswa.

 Squence Diagram Siswa data penilaian siswa berhasil di tambah.

=> KEPALA SEKOLAH

Squence Diagram Kepala Sekolah use username password.

 Squence Diagram Kepala Sekolah laporan selesai di cek.

3.5  Statecart Diagram
             State chart diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan daur hidup (behavior pattern) dari sebuah objek, dari awal objek tsb diinisialisasi sampai di-destroy. Menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu obyek pada sistem sebagai akibat dari stimulans yang diterima.

Statechart Diagram Admin Input, update, hapus, cari data Siswa.

 Statechart Diagram Admin Input, update, hapus, cari data Admin.


  Statechart Diagram Admin Input, update, hapus, cari data Guru
.
 Statechart Diagram Admin Input, update, hapus, cari data kepala sekolah.

 Statechart Diagram Ketua cari data laporan.

Statechart Diagram Ketua cari data Admin.

Statechart Diagram Ketua cari data Guru.

Statechart Diagram Ketua cari data kepala sekolah.

Statechart Diagram cek laporan data siswa, Admin, guru,Kepala Sekolah.

Statechart Diagram semua form melakukan isi data.




SCRENSHOT APLIKASI

1. Form Login

2. Form Menu Utama

3. Form Data Guru

4. Form Data Siswa

5. Form Nilai

6. Form Nilai Semester 1

7. Form Nilai Semester 2

8. Form Report Laporan Data Guru

9. Form Report Laporan Data Siswa

10. Form Report Laporan Nilai Semester 1

11. Form Report Laporan Data Nilai Semester 2




BAB IV
PENUTUP


4.1 Kesimpulan

                 Sistem aplikasi daftar nilai yang berada saat ini pada SMP 3Rancakalong yang bertempat di Rancakalong yaitu dengan menggunakan aplikasi manual dengan menulis ndaftar hasil penilaiaannya dalam sebuah buku khusus daftar nilai. Sehingga cara kinerja yang dilakukan oleh guru SMP 1 Rancakalong tersebut kurang maksimal dalam pembuatan daftar nilai dan untuk mengelola laporan daftar penilaian. Maka dari itu dibuatlah aplikasi Daftar nilah sehingga bisa membantu Guru SMP 3 Ranckalong untuk menyimpan nilai dan memudahkan untuk pembuatan laporan hasil penilaian yang telah dibuat.

4.2 Saran

                Di masa sekarang ini teknologi semakin canggih dan smakin banyak teknologi-teknologi yang dibuat selain teknologi manusia-manusia jaman sekarang pun semakin bersaing untuk itu kita tidak boleh ketinggalan era informasi ini dan dituntut untuk mengikuti teknologi yang sudah berkembang di masyarakat. Karena sekarang ini semua kebutuhan selalu dibarengi dengan teknologi. Untuk itu kita sebagai seorang mahasiswa teknologi dituntut untuk membuat aplikasi dengan maksimal.





   





0 Komentar untuk "Aplikasi Pengolah Data Daftar Nilai SMPN"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info