google.com, pub-9922355301914235, DIRECT, f08c47fec0942fa0 APLIKASI PENJUALAN DISTRO ATLANTIS STORE - Tutorial Kampus
Banner IDwebhost

APLIKASI PENJUALAN DISTRO ATLANTIS STORE

1.1.   Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama dibidang software sudah semakin pesat dan menjadi kebutuhan dari sebagian orang di dunia. Softwareyang dibuat oleh para programmer dirancang untuk mempermudah pekerjaan manusia. Seiring perkembangan teknologi tersebut, kini telah diimplementasikan dalam kegiatan bisnis di berbagai bidang untuk mengoptimalkan proses bisnis dan pelayanan yang berkualitas.
Pada bidang perdagangan, pelayanan merupakan hal yang paling penting. Pelayanan didefinisikan sebagai bentuk jasa pelayanan baik dalam bentuk barang maupun jasa public yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dalam bidang perdagangan, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat.
Distro merupakan toko yang difungsikan sebagai jalur distribusi  dari produk-produk clothing company dari suatu komunitas, salah satunya adalah Distro Atlantis Store. Distro ini mempunyai bermacam-macam produk untuk dipasarkan, proses transaksi penjualan produk sebagian besar menggunakan proses manual, proses ini tidak akan menjadi masalah apabila transaksi penjualan produk berskala kecil. Dari proses tersebut ditemukan beberapa masalah diantaranya pengelolaan data barang yang tidak tersusun, proses transaksi masih dilakukan secara manual dan pembuatan laporan yang tidak sesuai dengan transaksi yang telah dilakukan.
Dari permasalahan tersebut pengelolaan penjualan secara manual sudah tidak optimal. Oleh karena itu distro Atlantis Store perlu diterapkan suatu aplikasi yang dapat membantu proses penjualan agar pelayanan menjadi optimal.
Berdasarkan uraian diatas bertujuan sebagai salah satu alat bantu yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan dalam proses penjualan.


1.2.   Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, terdapat masalah yaitu :
a.       Belum adanya aplikasi untuk mengelola proses penjualan yang ada di Atlantis Store
b.      Pengelolaan data barang yang terdata tidak tersusun dengan rapih
c.       Proses transaksi masih dilakukan secara manual
d.      Belum maksimalnya dalam pembuatan laporan transaksi
1.3.   Batasan Masalah
Batasan masalah aplikasi yang dibatasi oleh hal-hal berikut :
a.       Aplikasi yang dibuat merupakan aplikasi distro berbasis desktop
b.      Perancangan pembutan di dasarkan pada system yang sedang berjalan di Distro Atlantis Store
c.       Karyawan memiliki hak akses untuk melakukan proses transaksi dan pembuatan laporan
d.      Pemilik memiliki hak akses untuk mengelola barang, proses transaksi, pembuatan laporan dan pengecekan laporan
e.       Pengolahan data barang tidak meliputi data suplayer
f.       System ini tidak meliputi pengelolaan data karyawan.
1.4.   Tujuan dan Manfaat
a.       Menyediakan aplikasi yang berfungsi untuk mengelola proses penjualan di Distro Atlantis Store
b.       Pengelolaan data barang yang terdata dapat dilihat secara tersusun
c.       Tersedianya system transaksi
d.      Meningkatkan kualitas pembuatan laporan transaksi sehingga lebih akurat.




BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 PENGERTIAN APLIKASI
Ada banyak pengertian mengenai aplikasi oleh para ahli dalam situs
http://www.ilmukomputer.com/yaitu:
a.       Aplikasi adalah satu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas (Buyens, 2001).
b.      Aplikasi adalah sistem lengkap yang mengerjakan tugas spesifik (Post,1999).
c.       Menurut Dhanta (2009:32), aplikasi (application ) adalah software Yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan Tugas-tugas tertentu, misalnya Microsoft  Word, microsoft Excel.

Sedangkan menurut Anisyah (2000:30), aplikasi adalah penerapan,
penggunaan atau penambahan Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi merupakan software yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk pekerjaan atau tugas-tugas tertentu Seperti penerapan, penggunaan dan penambahan data.

2.1 PENGERTIAN PENJUALAN

IAI dalam SAK No 23 paragraf 2 (2009) menyatakan, “Penjualan barang meliputi barang yang diproduksi perusahaan untuk dijual dan barang yang dibeli untuk dijual kembali seperti barang dagang yang dibeli pengecer atau lainnya.”


Definisi penjualan menurut Mulyadi (2008:202), “Penjualan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh penjual dalam menjual barang atau jasa dengan harapan akan memperoleh laba dari adanya transaksi-transaksi tersebut dan penjualan dapat diartikan sebagai pengalihan atau pemindahan hak kepemilikan atas barang atau jasa dari pihak penjual ke pembeli.”


2.3 PENGERTIAN DISTRO
Menurut wikipedia bahasa Indonesia, distro adalah singkatan dari distribution store atau distribution outlet.  Distro adalah salah satu jenis toko yang berada di Indonesia yang menjual aksesoris serta pakaian titipan dari para pembuat akseseoris atau pakaian tersebut, atau bisa juga diartikan toko yang menjual pakaian atau aksesoris yang diproduksi sendiri. Istilah ini bisa jadi merupakan adopsi dari istilah yang sama dalam bahasa Inggris namun pengertiannya lebih luas untuk segala jenis barang, tidak terbatas hanya untuk jenis pakaian atau aksesoris saja
       
BAB III
DOKUMENTASI SISTEM

3.1  Use Case Diagram


Definisi Aktor
No
Aktor
Deskripsi
1.
Pemilik
Pengguna system yang melakukan proses kelola barang, transaksi, membuat laporan transaksi dan mengecek laporan transaksi.
2.
Karyawan
Pengguna system yang mengelola transaksi penjualan dan membuat laporan transaksi.



Definisi Use Case
No
Use Case
Keterangan
1.
Login
Menggambarkan proses autentifikasi kepada user dalam menjalankan system.
2.
Kelola Barang
Menggambarkan proses mengolah data barang .
3.
Transaksi
Menggambarkan proses transaksi penjualan .
4.
Membuat laporan transaksi
Menggambarkan proses pembuatan laporan transaksi dari penjualan barang berdasarkan jangka waktu.
5.
Cek laporan transaksi
Menggambarkan proses pengecekan laporan transaksi yang telah dibuat.



3.2 ClassDiagram

 3.3 Sequence Diagram


Sequence Diagram adalah diagram untuk menampilkan interaksi antara user dan program dalam urutan waktu yang terintegrasi dengan Use Case Diagram.
 
A. Sequence Diagram Login

Keterangan

a.       Pemilik mengakses menu login

b.      Pemilik memasukan username dan password

c.       System akan memvalidasi login

d.      System akan membuka koneksi by database

e.       Proses login akan menampilkan benar atau tidaknya validasi login dari username dan password yang dimasukkan

f.       Jika validasi benar makan pemilik dapat mengakses menu.


B. Sequence Diagram Kelola Barang



Keterangan :
Pemilik yang telah melakukan login akan mengakses menu kemudian memilih kemudian memilih form barang untuk melakukan kelola barang. Pemilik melakukan penambahan barang. Hasil penambahan tersebut kemudian akan dikoneksikan kedalam database dan ditambahkan ke dalam tabel barang. Kemudian, akan menampilkan status penyimpanan data tersebut pada showmessage bahwa data telah disimpan.


C. Sequence Diagram Transaksi

Keterangan
Pemilik dan karyawan yang telah melakukan login akan mengakses menu kemudian memilih form transaksi untuk melakukan transaksi penjualan. Pemilik dan karyawan melakukan penambahan data pada form transaksi penjualan, system akan melakukan perhitungan jumlah transaksi. Hasil penambahan tersebut akan dikoneksikan ke dalam database dan ditambahkan ke dalam tabel detail_trx. Kemudian, akan menampilkan status penyimpanan data tersebut pada showmessage bahwa data telah disimpan.


D. Sequence Diagram Membuat Laporan

Keterangan

Pemilik dan Karyawan mengakses menu laporan setelah melakukan login. Karyawan memilih tanggal untuk melihat laporan transaksi pada tanggal yang telah dipilih. Hasil pencarian tersebut akan dikoneksikan kedalanm database dan mengambil data dari tabel detail_trx .



E. Sequence Diagram Mengecek Laporan


Keterangan
Pemilik mengakses menu laporan setelah melakukan login. Pemilik mengecek laporan transaksi di menu laporan, dengan memilih tanggal transaksi dari tabel detail_trx. Kemudian akan dikoneksikan kedalam database. Setelah itu data akan terlihat oleh pemilik.


3.4 Screenshoot Aplikasi
A. Login

 
B. Menu karyawan

 C. Menu Pemilik
 D. Kelola Barang

 E. Form Transaksi
F. Form Report
G. Tampilan Report

BAB IV
PENUTUP
4.1  KESIMPULAN
Dari hasil evaluasi pembuatan aplikasi penjualan Distro di Atlantis Store, dapat diambil beberapa kesimpulan berikut :
a.       Aplikasi ini berfungsi untuk mengelola proses penjualan di Distro Atlantis Store
b.      Aplikasi ini berfungsi untuk mengelolaan data barang secara tersusun
c.       Aplikasi ini menyediakan proses transaksi secara komputerisasi
d.      Aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas pembuatan laporan transaksi sehingga lebih akurat.
4.2 SARAN
Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil yang telah dicapai maupun untuk pengembangan aplikasi pada masa yang akan datang, antara lain :
1.     Mengembangkan aplikasi ini menjadi Aplikasi Penjualan dan Administrasi Karyawan
2.    Dalam segi tampilan masih sederhana dan harus di design yang lebih baik lagi untuk kedepannya.
3.  Pengembangan selanjutnya diharapkan dapat diimplementasikan pada perangkat lunak, selain Delphi 7 seperti PHP atau Mobile  agar dapat diakses oleh konsumen dimanapun mereka berada sebagai Online Shop.


DAFTAR PUSTAKA
  1. Rinni Yuniarty., 2014. TA.RANCANG BANGUN APLIKASI KREDIT DI KPRI KANDAGA GURU SUMEDANG. Bandung :   Politeknik Pos Indonesia.
  2.  http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/577/jbptunikompp-gdl-robbyharis-28847-9-unikom_r-i.pdf
  3. http://esgotado.net/distro-distribution-store-dan-fo-factory-outlet-menurut-kamus
0 Komentar untuk "APLIKASI PENJUALAN DISTRO ATLANTIS STORE"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info