APLIKASI TIKETING WATERBOOM


1.1   Latar Belakang Masalah
Saat ini teknologi informasi semakin berkembang, kebutuhan terhadap teknologi informasi-pun semakin besar, mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa banyak yang menggunakannya, karena  dengan teknologi informasi pekerjaan yang dilakukan akan lebih mudah dan cepat.
Dulu biasanya informasi hanya bisa didapat dari koran dan televisi saja, tetapi sekarang sudah sangat banyak sumber informasi dari berbagai macam teknologi, contohnya internet disana informasi apapun bisa kita dapatkan, bahkan untuk saat ini koran sudah canggih yaitu menjadi koran elektronik yang tampilannya lebih menarik dan dapat diakses lewat handphone.
Teknologi informasi banyak diterapkan di berbagai bidang mulai bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemerintahan dan lain sebagainya. Sebagai contoh dibidang pendidikan dapat mempermudah siswa dalam mencari informasi untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Untuk bidang kesehatan misalnya dapat mengikuti perkembangan  teknologi, maka pelayanan terhadap masyarakat dapat lebih ditingkatkan.
Dari latar belakang diatas maka kami tertarik untuk mengambil Objek penelitian tempat wisata “waterboom kampung toga” yang beralamat di Jalan Makam cut nyak dien desa sukajaya . Kampung toga merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi  oleh masyarakat sumedang maupun sekitarnya. Bahkan anak sekolah lebih banyak yang berkunjung. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga, dengan jarak yang dekat dan pemandangan yang sangat indah.
Permasalahan yang terjadi pada objek ini adalah kesuliatan dalam mendata pengunjung, kesuliatn saat melayani pesanan tiket dan kesulitan membuat laporan data penjualan serta data pengunjung. Dari permasalahan yang ada maka kami membuat  aplikasi yang dapat membantu dalam beberapa hal yaitu menginputkan data pengunjung secara cepat, menghitung penjualan tiket dengan cepat & mudah dan menyimpan data transaksi yang terjadi.
Adapun harapan yang ingin dicapai yaitu dapat mudahkan dalam menginput data pelanggan, memudahkan dalam melayani jumlah pesanan tiket masuk dan memudahkan untuk membuat laporan data pengunjung.

1.2  Identifikasi Masalah
Permasalahan yang terjadi pada objek ini adalah:
1.      Pengolahan datanya masih manual.
2.      Tidak adanya data pengunjung.
3.      Jumlah pengunjung hanya dapat dilihat dari jumlah tiket yang habis.
4.      Penjualan tiket dihitung secara manual.
5.      Pelayanan kurang maximal apalagi ketika yang berkunjung rombongan anak sekolah.
1.3  Batasan Masalah
Setelah melakukan penelitian kelokasi, kampung toga memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi  diantaranya tempat makan, villa, dan lain-lain. Sehingga banyak sekali objek yang dapat dikunjungi. Akan tetapi dari banyaknya objek wisata kami hanya  akan membahas mengenai penjualan tiket masuk waterboomnya saja.

1.4  Tujuan dan Manfaat Penelitian
A.    Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah dapat membuat aplikasi yang dapat menyimpan data pengunjung, transaksi penjualan tiket, dan laporan yang terjadi di waterboom kampung toga.
B.     Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah :
1.      Mempermudah pihak pengelola waterboom dalam menginput data pengunjung.
2.      Meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung.
3.      Dapat mengelola transaksi yang terjadi sehingga dapat diketahui perkembangannya.





BAB II
KAJIAN PUSTAKA

Pada penelitian kali ini kami mengambil judul Aplikasi Tiketing Waterboom Kampung Koga.
2.1  Pengertian Aplikasi
Menurut sebuah kamus komputer eksekutif aplikasi mempunyai arti yaitu pemecahan masalah yang menggunakan salah satu teknik pemrosesan data aplikasi yang biasanya terpaku pada sebuah komputasi yang diinginkan.
Menurut yan tirtobisono (1999:21) Aplikasi adalah istilah yang digunakan untuk pengguna komputer untuk dapat memecahkan suatu masalah.
Maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi merupakan suatu perangkat lunak yang berguna untuk mengolah data dengan memanfaatkan kemampuan komputer.

2.2  Pengertian Tiket
Secara umum tiket adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang berisi data yang dapat digunakan untuk menikmati suatu fasilitas yang sudah dibeli, namun tiket yang dibahas dalam penelitian ini adalah Tiket (tanda masuk) merupakan kartu atau slip kertas yang digunakan agar dapat memasuki suatu lokasi atau event.


2.3  Pengertian Waterboom
Secara umum waterboom meruapakan wisata dilingkungan air dengan menggunakan berbagai wahana seperti sliding pad (bantalan seluncuran) dan lain-lain.

2.4  Pengertian Kampung Toga
Menurut sebuah artikel Kampung Toga adalah kawasan wisata terpadu di Kota Sumedang yang terdiri berbagai macam fasilitas rekreasi dengan suasana pedesaan Jawa Barat yang cocok sebagai tempat keluarga bersantai dan menghabiskan waktu liburan.














BAB III
DOKUMENTASI SISTEM

3.1  Class Diagram
Class diagram atau diagram kelas adalah diagram UML yang menggambarkan kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain serta masukkan pula atribut dan operasi. Berikut adalah gambar class diagram untuk aplikasi tiket waterboom

3.2  Use Case Diagram
Use case diagram ialah model fungsional sebuah system yang menggunakan actor dan use case. Use case adalah layanan (services) atau fungsi-fungsi yang disediakan oleh system untuk penggunanya (Henderi et al, 2008). Use Case adalah suatu pola atau gambaran yang menunjukan prilaku atau kebiasaan system. Pada use case diagran aplikasi rental ini terdapat 3 aktor yang terlibat yaitu :
1.        Manager
Dalam sistem ini manager sebagai pengecek laporan
2.        Admin
Dalam sistem ini admin sebagai pengelola database, melayani pembelian tiket, membuat laporan setiap pembeli tiket dan mencetak laporan.
3.        Pelanggan
Dalam sistem ini pelanggan hanya memilih tiket yang akan dibeli dan melakukan transaksi.



3.3  Sequence Diagram
Sequence Diagram menggambarkan kelakuan/prilaku objek pada proses dengan mendeskripsikann waktu hidup objek dan pesan yang dikirimkan dan diterima antar objek. Oleh karena itu untuk menggambar Sequence Diagram maka harus diketehui objek-objek yang terlibat dalam sebuah proses beserta metode-metode yang dimiliki kelas yang diinstansiasi menjadi objek itu.
1.      Admin Login


2.      Admin Melayani Konsumen

3.      Pembeli Tiket Mendaftar ke admin
4.      Admin Membuat Laporan 

5.      Manager Mengecek Laporan

3.4  Statechart Diagram
State chart diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan daur hidup (behavior pattern) dari sebuah objek, dari awal objek tsb diinisialisasi sampai di-destroy. Menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu obyek pada sistem sebagai akibat dari stimulans yang diterima.

1.      Admin




2.      Melayani pelanggan





3.      Membuat laporan



 

   

4.      Pembeli daftar

5.      Login manager







6.      Cek Laporan



3.5  Activity Diagram
Activity Diagram adalah representasi grafis dari seluruh tahapan kerja yang mengandung aktivitas, pilihan tindakan, perulangan dan hasil dari aktivitas tersebut.
1.      Admin Login

2.      Melayani Pelanggan



3.      Membuat laporan

4.      Pelanggan Daftar



5.      Pilih tiket

6.      Bayar Tiket


7.      Manager login

8.      Manager cek laporan






BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1  KESIMPULAN
Setiap pekerjaan yang dilakukan secara manual akan terasa lama untuk dapat memproses datanya seperti halnya dalam proses pendataan transaksi di wisata waterboom kampung toga. Dilihat dari hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya aplikasi, pekerjaan pendataan-pun dapat berlangsung dengan efektif dan dari penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa seiring perkembangan zaman maka kreatifitas kita-pun harus ikut pula berkembang.  Dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat sebaik mungkin.

4.2  SARAN
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah :
1.      Pelayanan kepada masyarakat khususnya pengunjunng kampung toga, harus lebih ditingkatkan agar pengunjung merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
2.      Dalam mendata data pelanggan, tiket dan transaksi sebaiknya menggunakan aplikasi agar data lebih mudah untuk diolah menjadi laporan yang nantinya digunakan untuk bahan evaluasi.
DAFTAR PUSTAKA
http://snws-Kampung Toga Pilihan Wisata Keluarga Anda.htm [13-Mei-2015]

LAMPIRAN-LAMPIRAN
DOKUMENTASI  APLIKASI

FORM :
1.      Form login






2.      Form Menu Utama

3.      Form Data Tiket



4.      Form Data pengunjung

5.      Form Transaksi


REPORT:
1.      Laporan Tiket

2.      Laporan Data Pengunjung


3.      Laporan Transaksi

0 Komentar untuk "APLIKASI TIKETING WATERBOOM"

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

 
Copyright © 2014 Tutorial Kampus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info